Tips dan Cara Membuat Paspor Online dengan Mudah dan Praktis

Paspor adalah sebuah dokumen yang wajib kita miliki apabila kita ingin berpergian keluar negeri. Paspor ini adalah pengganti KTP yang ada diluar negeri, maka dari itu kita akan diwajibkan mempunyai paspor terlebih dahulu sebelum kita pergi keluar negeri.

Sekarang ini pihak imigrasi telah memberikan banyak terobosan baru untuk mempermudah dalam pengurusan pembuatan paspor. Sejak pada bulan September 2013 yang lalu, terdapat perbedaan dalam proses pembayarannya. Pembayaran untuk pengajuan paspor secara online dapat kita lakukan melalui BNI. Nah kemudahan yang lain yakni dengan mengurus paspor secara online.

Dengan online ini kita tak perlu antri lagi berjam-jam hanya untuk sekedar mengisi formulir pembuatan pospor. Kita juga dapat menghindari calo yang akan membuat biaya pembuatan paspor ini semakin membengkak. Walaupun kita telah mengisi formulir melalui online, kita tetap harus ke kantor imigrasi untuk porses wawancara, verifikasi data dan foto.

Tapi hal ini akan sangat membantu kita dalam mengurus pembuatan paspor. Oh iya dalam mengurus paspor ini dapat kita lakukan di Kantor Imigrasi mana saja, tak harus sesuai dengan alamat yang ada di KTP.

Nah berikut ini langkah-langkah untuk membuat paspor secara online :

A. Submit Data Via Website Ditjen Imigrasi RI

  1. Langkah pertama yang yang harus kita lakukan adalah menyiapkan segala berkas yang akan kita butuhkan untuk mengurus paspor via online. Berkas yang harus disiapkan diantaranya KTP, KK (Kartu Keluarga) serta salah satu dari Akte Kelahiran/Ijasah/Surat Nikah.Oh iya karena kita akan melakukan pendaftaraan melalui online maka semua berkas tersebut harus kita scan terlebih dahulu menjadi gambar berformat .Jpeg. Dan pastikan bahwa gambar harus hitam putih atau grayscale, karena tidak boleh berwarna.
  2. Selanjutnya kita langsung saja membuka situs Ditjen Imigrasi Indonesia di imigrasi.go.id. Setelah itu, lihat menu pada bagian atas dari situs tersebut, kita langsung arahkan kursor pada Layanan Publik => Layanan Online => Layanan Paspor Online. Maka kita pilih Layanan Paspor Online tersebut, nanti akan ada halaman baru yang terbuka.
  3. Pada halaman baru tersebut kita akan dapat memilih menu sesuai dengan kebutuhan kita. Karena dalam hal ini kita ingin membuat paspor baru, maka kita dapat memilih menu Pra Permohonan Personal. Silahkan klik link Pra Permohonan Personal tersebut, maka selanjutnya akan terbuka halaman baru.
  4. Setelahnya kita akan disuruh mengisi formulir online yang telah disediakan. Untuk kolom “Jenis Permohonan”, kita dapat memilih “Paspor Biasa”, ataupun sesuai dengan kebutuhan kita.Sedangkan pada bagian “Jenis Paspor”, pilih saja 48H perorangan. Karena umumnya paspor 24H perorangan adalah paspor KHUSUS untuk keperluan umrah maupaun untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) serta untuk keperluan tugas tertentu ke lauar negeri dengan masa berlaku 3 tahun.

    Pada kolom “Identitas Diri”, kita menuliskannya sesuai dengan yang ada di KTP kita. Pastikan semua sudah terisi dengan benar, maka salanjutnya kita klik tombol “Lanjut”, selanjutnya akan diarahkan pada halaman yang lainnya.

  5. Pada halaman setelahnya kita akan disuruh untuk meng-upload semua berkas-berkas pendukung, seperti scan KTP, scan KK, serta salah satu dari scan Akte Kelahiran/Ijasah ataupun Surat Nikah. Pastikan dalam men-upload berkas tersebut sesuai dengan urutan, terlebih dahulu KTP, terus KK dan terakhir adalah salah satu dari Akte Kalahiran/ Ijasah ataupun Surat Nikah. Upload lah satu persatu dan setelah semua ter-upload maka klik tombol “Lanjut” yang ada di bagian bawah halaman tersebut.
  6. Nah pada halaman selanjunya kita akan diminta untuk memilih Kantor Imigrasi tempat kita akan mengurus paspor kita serta tak lupa tanggal pengurusannya. Penting yang harus kita perhatikan adalah mengenai tempat serta tanggal pengurusan paspor kita, jangan samapai salah memilih.Pastikan kita memilih Kantor Imigrasi yang terdekat dari tempat kita, dan pilih tanggal yang kita hendaki dan sesuai dengan jadwal kita. Setelahnya klik tombol “Lanjut”.
  7. Untuk langkah selanjutnya adalah proses verifikasi. Di tahap ini kita akan disuruh untuk memasukkan kode gambar yang kita lihat pada halaman tersebut dan menuliskannya di kolom yang telah disediakan. Setelahnya klik “OK”.
  8. Pada tahap selanjunya akan muncul halaman baru, dan yang perlu kita lakukan adalah dengan mengeklik link “Bukti Permohonan”, yang nanti akan muncul halaman “Tanda Terima Pra Permohonan”. Kita wajib mencetak halaman “Tanda Terima Pra Permohonan” ini karena akan kita bawa saat mengurus paspor di Kantor Imigrasi.

B. Proses Verifikasi Data, Foto, Wawancara dan Pembayaran

Seperti yang telah kita sebutkan tadi pada bulan November 2013, dalam proses pembayaran pembuatan paspor online dilakukan melalui Bank BNI. Dan bawalah bukti “Pra Permohonan” ke BNI terdeka, lalu serahkan saja bukti “Pra Permohonan” tersebut ke CS bank, lalu kkta tinggal membayar biaya pembuatan paspor. Jangan buang Bukti Pembayaran, karena Bukti Pembayaran harus kita serahkan ke KANIM untuk proses selanjutnya.

Nah setelah kita melakukan pengisian data di situs Ditjen Imigrasi RI, yang selanjunya kita lakukan adalah datang ke Kantor Imigrasi.

Pastikan kita datang ke Kantor Imigrasi sesuai dengan waktu yang ada di “Tanda Terima Pra Permohonan”, bila kita telat dari waktu yang telah ditentukan maka tanda permohonan tersebut dianggap hangus dan kita harus mengulangi lagi mengisi data di web Dirjen Imigrasi. Pasti kita sedikit bertanya-tanya keuntungan apa yang kita dapat bila submit lewat online dibandingkan dengan manual, padahal sama-sama datang ke Kantor Imigrasi.

Bila kita submit data lewat online akan sangat menguntungkan kita karena kita hanya perlu datang dua kali ke kantor Imigrasi. Pertama untuk proses verifikasi data, pembayaran, foto, dan wawancara. Yang kedua kali untuk pengambilan paspor. Sedangkan yang manual, setidaknya kita perlu datang 3 kali dan ditambah lagi antri.

Ada beberapa tips saat kita datang ke Kantor Imigrasi :

  1. Pada saat kedatangan yang pertama datang, jangan lupa kita membawa berkas-berkas yang “Asli”, seperti KTP, KK, serta salah satu dari Akta Kelahiran/Ijasah ataupun Surat Nikah, Oh iya selain juga membawa yang asli, disarankan juga membawa fotocopy nya juga karena akan dibutuhkan. Bisa saja kita fotocopy disana akan tetapi akan banyak memakan waktu dan juga harus mengantri.
  2. Dan pada saat kedatangan pertama juga kita perlu datang pagi-pagi untuk mendapatkan nomor antrian yang awal. Datang siang akan membuat kita mengantri lebih lama, dan belum lagi kalau quota pengurusan paspor pada hari tersebut telah penuh. Akan tetapi kita tak perlu lagu membeli formulir karena diberikan secara gratis oleh pihak Imigrasi. Setelah kita mendapatkan nomor antrian kita tinggal menunggu giliran untuk dipanggil.
  1. Yang selanjutnya adalah proses pengambilan foto dan proses wawancara yang akan dilakukan pada ruangan lain. Untuk itu pastikan kita mamakai pakaian yang rapi dan juga pantas, akan lebih baik bila kita memakai kemeja.

Setelah proses ini dilakukan, pihak Imigrasi akan menentukan waktu pengambilan paspor kita. Pastikan kita mengambil paspos pada waktu yang telah ditentukan oleh pihak Imigrasi, untuk itu jangan sampai terlalu lama karena bila terlambat lebih dari 30 hari maka paspor kita akan digunting alias akan dimusnahkan.

C. Pengambilan Paspor

Seperti yang telah disebutkan tadi pihak KANIM akan memberitakan tanggal pengambilan paspor. Untuk pengambilan paspor kita bisa lebih santai sedikit tapi jangan kesiangan juga. Yang terpenting jangan lupa membawa tanda bukti kuitansi bukti pembayaran atau tanda terima pengajuan paspor. Sesampainya sudah di Kantor Imigrasi kita tak perlu mengantri lagi, langsung saja serahkan bukti pembayaran pada loket pengambilan paspor. Dan tak lama lagi kita akan dipanggil oleh bagian loket pengambilan paspor.

Demikian tadi penjelasan singkat mengenai tata cara pembuatan paspor secara online. Semoga artikel tadi membanu bagi Anda semua untuk dalam membuat paspor baru, walaupun mungkin masih terdapat kekurangan dalam penjelasan tadi. Terima kasih dan sampai jumpa.

Sumber : maxmanroe

Cari Artikel di Sini


Tips dan Cara Membuat Paspor Online dengan Mudah dan Praktis | Admin | 4.5
%d bloggers like this: