Cara Membuat Kategori dan Tags di WordPress

Salah satu fitur penting yang ada di wordpress adalah kemudahannya dalam memanajemen konten / artikel. Tak heran jika wordpress menyandang gelar sebagai Content Management System terbaik saat ini.

Untuk memanajemen artikel dengan mudah maka diperlukan alat-alat untuk menunjangnya salah satunya adalah fitur kategori dan tag. Apa sih kategori dan tag dalam wordpress itu?

Perbedaan Category dan Tag di WordPress

Kategori dalam wordpress adalah fitur yang memudahkan kita mengelompokkan/mengorganisir artikel berdasarkan topik-topik tertentu secara general. Misalkan, topik bisnis, akuntansi, manajemen, marketing online, dll.

Sedangkan tag dalam wordpress adalah fitur yang memudahkan kita untuk mengelompokkan artikel berdasarkan topik yang lebih spesifik. Contohnya kategori manajemen, kemudian tagnya adalah artikel manajemen pemasaran.

Sudah mengerti kan apa dan perbedaan category dengan tag dalam wordpress? Jadi, kategori dan tag ini sangat penting supaya pembaca dan kita selaku admin mudah untuk mencari artikel sesuai dengan topik bahasan.

Misalkan, saya sebagai pembaca ingin membaca tentang tips SEO gratis, kalau sudah dibuatkan kategori kan enak. Tinggal klik kategori tips SEO gratis maka keluar semua artikel yang membahas tentang itu. Jadi, kita lebih mudah dalam belajarnya.

Bagaimana Membuat Kategori dan Tag di WordPress?

Membuat kategori dan tag di wordpress itu sangat mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Silahkan login dulu di dashboard wordpress Anda. Kemudian di kanan ada menu seperti gambar dibawah ini:

Membuat Kategori dan Tag WordPress

Menu untuk Membuat Kategori dan Tag di WordPress

2. Nah, disitu ada 2 menu yaitu Categories untuk kategori dan Tags untuk membuat tag. Jika Anda memilih categories akan muncul halaman seperti gambar berikut :

Membuat Kategori di WordPress

Membuat Kategori di WordPress

Penjelasan :

  1. Name : nama dari kategori, misalkan Marketing
  2. Slug : url untuk kategori tersebut. Misal, kategori marketing online maka slugnya marketing-online
  3. Parent: dipilh jika kategori berada di sub kategori tertentu. Misalkan, kategori utamanya marketing, sub kategorinya marketing online.
  4. Description: deskripsi kategori.

Saran saya isikan data dengan baik dan maksimal, karena akan sangat mempengaruhi bagi SEO Google. Lihat contoh dibawah ini:

Optimasi SEO Kategori WordPress

Slug dan Deskripsi sangat penting untuk optimasi SEO

3. Untuk membuat tag silahkan pilih menu Tags, maka akan muncul halaman seperti gambar berikut :

Membuat Tag WordPress

Form untuk Membuat Tag di WordPress

Secara umum sama aja dengan category untuk form yang harus diisi. Bedanya kalau tag tidak ada parent seperti kategori.

Sudah paham ya? Semoga artikel singkat tentang tips membuat kategori dan tags di wordpress ini bermanfaat bagi Anda. Jika masih ada yang dibingungkan silahkan bertanya lewat form komentar dibawah. Terimakasih 🙂


Cari Artikel di Sini


2 Comments

  1. Rafaelboxy 24 August 2016

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: