Marketing Supervisor, Mercusuar dalam Marketing

Tugas Marketing Supervisor – Di beberapa artikel yang lalu sudah banyak sekali dibahas petinggi dalam bagian marketing (marketing executive) seperti marketing manager, marketing director dan yang lainnya.

Nah pada artikel ini akan dijelaskan mengenai salah satu peran penting lainnya dalam marketing, yaitu marketing supervisor. Berikut ini pemaparan singkat marketing suervisor agar anda tahu apa itu marketing supervisor dan bagaimana tugasnya. Selamat membaca.

Seorang Marketing Supervisor

Mendengar kata supervisor tentu sangat erat kaitannya dengan visi yang memiliki arti tujuan jangka panjang. Ketika ditambah super, jadilah arti tadi menjadi memastikan agar tetap terarah pada tujuan jangka panjang (dikutip dari : selfexperient ).

Jadi supervisor dapat bermakna orang yang memastikan apapun yang dilakukan sesuai dengan jalurnya yaitu menuju visi. Ibarat mercusuar yang memastikan kapal tetap berada ada jalurnya tidak saling menabrak ataupun menabrak karang.

Dari yang dikutip dalam website wisegeek.com, seorang marketing supervisor bertugas membantu perusahaan mengidentifikasi, mengembangkan, dan menerapkan strategi baru untuk menjual produk atau jasa.

Seorang profesional mengelola tim spesialis ekonomi yang melakukan penelitian pasar hati-hati. Dia menggunakan informasi yang dikumpulkan oleh tim untuk menentukan permintaan untuk produk baru dan pesaing potensial di pasar.

marketing-supervisor

marketing supervisor mendiskusikan bersama dengan tim ekonomi untuk menentukan perencanaan biaya (sumber : back-2-front.co.uk )

Dengan menganalisis banyak faktor, supervisor marketing mampu mencari tentang cara yang paling hemat biaya produksi, iklan, dan akhirnya menjual barang.

Tujuan utama dari pengawasan tersebut adalah untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan sambil memberikan konsumen dengan produk terbaik.

artikel terkait : Marketing Research

Sebuah bisnis sangat bergantung pada profesional marketing untuk mendapatkan informasi yang dapat dipercaya tentang kebutuhan pelanggan potensial.

Supervisor marketing memimpin timnya dalam melakukan survei konsumen dan menganalisis angka penjualan mengenai jenis barang dan jasa tertentu.

Dengan menentukan permintaan pasar untuk suatu produk, pengawas dapat menyarankan eksekutif mengenai jenis dan jumlah barang yang harus diproduksi.

Beberapa pengawas langsung berkomunikasi dengan bagian HRD ( Human Research and Development ) untuk membantu mereka memutuskan cara yang paling efisien dan murah untuk memproduksi produk baru.

Supervisor pemasaran juga membuat keputusan mengenai cara terbaik untuk mengiklankan, mempromosikan, dan menjual produk kepada konsumen akhir atau toko ritel.

Mereka berusaha untuk mengidentifikasi pelanggan di usia dan jenis kelamin serta demografi tertentu yang mungkin akan paling tertarik pada produk, dan memberikan konsultasi kepada tim iklan tentang cara yang terbaik untuk mendapatkan perhatian mereka.

Profesional marketing mempertimbangkan biaya produksi, permintaan untuk barang-barang tertentu, dan keberhasilan bersaing perusahaan untuk menentukan harga.

Supervisor marketing juga melacak keberhasilan kampanye iklan dan penjualan, dan membuat penyesuaian untuk meningkatkan keuntungan.

Mereka biasanya melakukan perubahan setelah meninjau bulanan, triwulanan, dan laporan penjualan tahunan yang diselenggarakan oleh pekerja pemasaran lainnya.

Jika sebuah produk tidak menghasilkan nilai penjualan dengan baik, supervisor mungkin memutuskan untuk mengurangi harga atau menyarankan strategi iklan baru.

Kadang kali diperlukan bagi supervisor marketing untuk menyarankan perusahaan untuk berhenti memproduksi produk yang gagal, dan kembali ke merencanaan untuk mendapatkan ide-ide yang lebih baik.

artikel terkait : marketing plan

Pada kebanyakan perusahaan, supervisor marketing dipromosikan ke posisi tersebut setelah membuktikan atau memiliki kompetensi dan keterampilan dalam pekerjaan entry level.

Beberapa bisnis hanya mempekerjakan profesional yang telah mendapatkan gelar bisnis khusus dari perguruan tinggi terakreditasi dan universitas. Sebuah gelar sarjana atau lebih tinggi dalam administrasi bisnis, keuangan, ekonomi, atau pemasaran sangat penting untuk banyak posisi marketing pengawas.

Selain itu, calon pengawas dapat memilih untuk mendapatkan sertifikasi dari organisasi yang diakui secara nasional untuk meningkatkan kepercayaan dan kesempatan untuk menemukan pekerjaan mereka.

Nah itu tadi sedikit tentang marketing supervisor yang ternyata bertugas sebagai pengawas dalam pelaksanaan marketing. Setiap langkahnya diawasi oleh supervisor dan sangat memerlukan  pengalaman dan kompetensi yang lebih agar dapat mencapai posisi ini. Semoga apa yang ditulis dapat bermanfaat bagi. Sekian dan terima kasih


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: