9 Point Penting Marketing Revolution Tung Desem Waringin

Definisi dari Marketing Revolution – Pada awal penciptaan bumi muncul makhluk prasejarah yang kita kenal sebagai dinosaurus. Mereka hidup berjuta – juta tahun yang lalu. Menguasai bumi dengan keganasan nya.

Dimasa sekarang jejak keberadaan mereka yang nyata pun masih ada. Seperti misalnya buaya dan ikan yang di juluki sebagai fosil hidup zaman dinosaurus yang memiliki ciri paling mendekati dengan makhluk pra sejarah ini.

Selama berjuta – juta tahun lamanya dinosaurus pra sejarah yang berbentuk buaya ini berubah secara perlahan sehingga bisa beradaptasi dengan perubahan zaman yang mereka lalui.

Kemampuan inilah yang disebut dengan evolusi. Kemampuan untuk berubah dan beradaptasi dalam masa yang sangat lama agar bisa bertahan hidup. Salah satu teori terkenal tentang evolusi adalah teori Darwin.

Artikel Terkait : 10 Cara Praktis Manajemen Usaha

Selain evolusi ada lagi yang namanya revolusi. Berbeda dengan evolusi, revolusi adalah perubahan dan adaptasi secara cepat. Istilah revolusi pun dapat diterapkan di berbagai tempat.

Banyak sekali hal yang menggunakan revolusi sebagai gandengan kata seperti revolusi perancis, revolusi industri dan revolusi kemerdekaan. Saat ini pun sudah ada yang namanya marketing revolution.

Apa Itu Marketing Revolution?

Marketing yang sudah kita kenal intinya adalah menyampaikan penawaran kepada pelanggan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan terjadi penjualan yang berkesinambungan.

Dari pengertian revolusi tadi kita juga tahu bahwa revolusi adalah perubahan dan adaptasi yang berlangsung secara cepat. Lalu apa hubungan nya dengan marketing? dan siapa tokoh dibalik revolusi ini?

Tokoh tersebut tidak lain adalah Tung Desem Waringin. Seorang pebisnis sekaligus motivator yang sudah memulai karir nya sejak berada di bangku kuliah yang dimulai dari menjual emas.

Titik balik keberhasilan nya dimulai setelah ia mengikuti seminar motivator dunia Anthony Robbin. Mulai saat itulah ia menjadi motivator dan menerapkan ilmu yang dimiliki nya.

Artikel Terkait : 4 Kecerdasan Dalam Marketing

Hasil penerapan ilmu tersebut adalah Marketing Revolution. Menurut pendapat beliau Marketing Revolution ini adalah ilmu untuk menyampaikan penawaran kepada pelanggan sehingga terjadi penjualan yang berkesinambungan secara CEPAT dan BESAR.

Menurut beliau juga penjualan yang berhasil adalah antara penjual dan pembeli sama – sama mendapatkan keuntungan. Jika hanya penjual yang untung maka pembeli akan kapok untuk membeli. Begitu juga sebaliknya.

Lalu apa perbedaan nya dengan marketing klasik?

Dalam marketing klasik terdapat aturan tidak tertulis dalam melakukan penawaran. Seperti Tata Krama dan urutan – urutan tertentu. Aturan ini menjadi patokan bagi marketer kebanyakan.

Sedangkan dalam marketing revolution, tidak ada aturan yang mengikat. Tidak ada tata krama. Semua bebas yang terpenting adalah penawaran tersebut berhasil. Karena itu diperlukan Open Minded bagi marketer untuk dapat menggunakan berbagai keadaan dan aturan yang ada secara fleksibel.

Seperti yang diungkapkan TDW dalam bukunya yang juga berjudul marketing Revolution ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Berikut ini 9 hal penting dalam marketing revolution.

1. Menciptakan Penawaran Menarik

Semakin menarik penawaran yang berikan akan semakin penasaran pelanggan yang terhadap barang tersebut. Tantangan terbesar yang dengan hal ini adalah membuat pelanggan akan merasa rugii jika tidak membeli produk yang ditawarkan atau merasa beruntung karena membeli produk tersebut

2. Menawarkan Pada Target yang Tepat

Meskipun penawaran yang diberikan menarik dan terpercaya namun jika orang yang ditawarkan tidak tepat hal itu akan sia – sia. Ibarat kucing yang bermain dengan berlian, tidak tahu apa yang diberikan kepada nya. Karena itu perlu menentukan target yang tepat sebelum menawarkan produk.

3. Fokus Pada USP

Apa itu USP? USP adalah Ultimate advantage, Sensational offer dan Powerfull promise atau dalam istilah nya melakukan hal yang lain dari pada yang lain dan melakukan penawaran dengan melihat kelebihan produk yang dimiliki. Dengan melakukan hal ini income yang didapat akan sangat besar.

4. Melakukan 5 Usaha Marketing

Agar lebih efektif dalam melakukan marketing harus ada usaha maksimal dan 5 usaha marketing ini sangat perlu untuk dilakukan seperti memperbanyak calon konsumen, mengubah calon konsumen menjadi konsumen, memperbesar, mempersering pembelian per konsumen dan yang terakhir meningkatkan margin.

Jangan Lupa Baca : Peluang Bisnis dengan Modal Kecil

5. Tindakan Terukur dan Teruji

Setiap langkah yang akan dilakukan harus diperhitungkan dengan baik. Selain itu sudah dilakukan pengetesan setiap hal kecil yang ada. Sehingga dapat dilakukan peningkatan kinerja yang akam mengantarkan keberhasilan lebih cepat.

6. Faktor Kali (Tipping Point)

Dengan melakukan hal – hal kecil yang berarti dapat memberikan timbal balik yang sangat besar pada proses pemasaran anda. Seperti misalnya ucapan selamat datang dan terima kasih kepada pelanggan. Meskipun terlihat remeh tapi hal ini terbukti meningkatkan penjualan.

7. Produktifitas yang terkait penghasilan

Keuntungan tidak akan didapatkan tanpa ada usaha. Usaha yang efektif adalah usaha yang produktif dan menghasilkan. Karena itu Produktifitas ini harus sangat diperhatikan agar penghasilan yang didapat bisa sebanding dengan usaha yang telah dilakukan.

8. Monitoring

Tanpa melakukan monitoring, pemasaran yang telah dilakukan tidak akan diketahui perkembangan dan perubahan nya. Selain itu proses marketing tidak akan terarah kepada tujuan yang jelas. Monitoring menjadi hal sempurna untuk membantu marketing mengakselerasi laju penjualan produk..

9. Prinsip Harga Paling Murah

Selama melakukan pemasaran terapkan prinsip bahwa produk yang ditawarkan memiliki harga yang paling murah dibanding dengan produk yang lain. Karena dengan melihat hal ini pelanggan akan secara tidak sadar mengiyakan prinsip yang di tekankan tersebut.

Nah semua poin – poin yang seudah disebutkan diatas semua nya terdapat di buku Marketing Revolution milik Tung Desem Waringin. Untuk lebih jelasnya silahkan beli buku tersebut atau ikuti seminar TDW. Semoga apa yang ada dapat bermanfaat sekian dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: