Marketing Plan? Pentingkah?

Marketing Plan – Ketika akan masuk masa liburan, orang banyak bingung bagaimana mereka akan berliburan. Ada banyak pilihan untuk berlibur, mulai dari berlibur ke pantai, piknik, muncak atau sekedar jalan-jalan keliling kota. Nah agar tidak bingung semua itu perlu direncanakan dengan baik agar liburan dapat menyenangakan dan tanpa gangguan seperti misalnya berapa lama akan berlibur, dimana akan berlibur, berapa biaya yang diperlukan dan lain sebagainya. Itulah gunanya perencanaan yang baik agar apa yang kita lakukan dapat terarah dengan baik. Sekarang apakah dalam bisnis juga begitu? apa penting ada perencanan pemasaran dalam bisnis? ayo kita lihat sama-sama.

Apa itu Marketing Plan?

sebelum mengetahui tujuan dari rencana pemasaran, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu apa itu marketing plan. Seperti yang dikutip dari businessdictionary.com, marketing plan atau rencana pemasaran adalah

Spesifikasi produk, spesifikasi pasar atau rencana pengembangan perusahaan dimana menggambarkan aktifitas yang bertujuan mencapai suatu objektif dalam jangka waktu tertentu. Dimulai dengan identifikasi kebutuhan spesifik melalui riset pasar (market research) yang kemudian mencakup kepada analisis pasar dan disertai dengan detail program, anggaran, perkiraan penjualan, strategi dan peroyeksi (profoma) laporan keuangan.

Berdasarkan pengertian diatas rencana pemasaran dapat diartikan sebagai langkah awal dalam melakukan pemasaran sekaligus menggambarkan perkembangan bisnis yang kita lakukan.

Apa saja yang ada didalamnya?

Sebuah rencana pemasaran umumnya berisi deskripsi siapa pesaingnya, permintaan untuk produk atau layanan, dan kekuatan atau kelemahan dari sudut pandang pasar dan pesaingnya.

Unsur-unsur lain yang sering  tedapat dalam rencana pemasaran meliputi:

  • Deskripsi produk atau layanan, termasuk fitur khusus yang ditawarkan
  • Anggaran pemasaran, termasuk iklan dan rencana promosi
  • Deskripsi lokasi bisnis, termasuk keuntungan dan kerugian untuk pemasaran
  • Strategi harga yang ditawarkan
  • Segmentasi pasar

Isi rencana pemasaran tidak harus seperti yang disebutkan diatas, tapi dapat disesusaikan dengan kebutuhan dan apa yang ingin kita capai seperti beberapa contoh berikut :

contoh umum marketing plan

contoh umum marketing plan

contoh lain marketing plan

contoh lain marketing plan

Kenapa harus ada Marketing Plan?

inilah pertanyaan besarnya, sebenarnya untuk apa market plan itu? seperti yang digambarkan diawal tadi sebuah rencana membuat kita lebih terarah dalam melakukan apapun begitu juga bisnis. Dengan adanya rencana pemasaran bisnis yang kita lakukan lebih jelas dan dapat dipantau. Lebih rinci lagi manfaat rencana pemasaran adalah seperti berikut ini

  • Membantu memfokuskan sumber daya dan mengembangakan rencana bisnis.
  • Memahami faktor-faktor berbeda yang dapat mempengaruhi keberhasilan.
  • Mengidentifikasi target pasar dan memahami bagaimana produk atau jasa kita memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Mengidentifikasi pesaing dan apa yang pelanggan pikirkan tentang kelamahan dan kelebihan pesaing kita.
  • Mengalokasikan sumber daya dan anggaran
  • Memotivasi tim serta mengelola kinerja anggota staf dan upaya pemasaran.

Itulah beberapa manfaat dari adanya rencana pemasaran untuk bisnis kita tapi hal yang paling penting adalah secara teratur rencana tersebut diperbaharui karena bisnis kita pun akan terus tumbuh dan berkembang seiring waktu. Aamiin. Terima Kasih


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: