Marketing Mix: Marketing 7P’s

Definisi Marketing 7P’s – Dalam artikel 7 Tips Cara Mudah Membuat Strategi Marketing di poin ke enam dianjurkan untuk menggunakan marketing mix 7P’s. Dengan 7 elemen yang menjadi perhatian khusus yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti nyata, marketing akan berjalan dengan sangat baik dalam segala bentuk bisnis terutama pada bisnis jasa.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan singkat terkait marketing 7P berikut dan semoga bermanfaat.

Marketing 7P’s

Marketing 7P dikenal juga sebagai Marketing Mix Service dan merupakan pengembangan dari marketing 4P dalam ranah jasa sebagai objek bisnis sebgai dasar. Marketing mix jasa terdiri dari 7 P yang tidak berbeda jauh dibandingkan marketing mix barang dengan 4P.

Mudahnya, marketing mix jasa mengasumsikan layanan sebagai produk itu sendiri. Namun ia menambahkan 3 P yang dibutuhkan untuk pelayanan yang optimal meliputi People, Proses dan bukti fisik. Semua faktor ini diperlukan untuk pemberian layanan yang optimal. Mari kita bahas bersama di lebih detail.

elemen dalam marketing 7P

elemen dalam marketing 7P

Dalam artikel Marketing Mix: Marketing 4P sudah disebutkan 4 elemen yaitu Produk, harga, tempat dan promosi. Agar anda ingat berikut sekilas ringkasannya, bila anda kutrang jelas dapat dilihat lebih lanjut dalam artikel tersebut.

Product – Produk harus sesuai dengan apa yang konsumen inginkan, itu harus terpenuhi dan harus menjadi apa yang konsumen harapkan untuk ia dapatkan.

Place – Produk harus tersedia pada tempat yang paling mudah untuk konsumen dapatkan. Misalnya jalan raya, melalui Mail Order atau pilihan yang lebih saat ini melalui e-commerce atau toko online.

Price – Produk sebisa mungkin selalu terlihat murah berdasarkan nilai barangnya. Ini tidak berarti harus selalu murah karena salah satu prinsip utama dari konsep pemasaran ialah pelanggan biasanya senang untuk membayar sedikit lebih untuk sesuatu yang sangat bermanfaat untuk mereka.

Promotion – Iklan, PR, Sales Promotion, Personal Selling dan di masa sekarang, Media Sosial merupakan  alat komunikasi utama bagi suatu bisnis. Alat-alat ini harus digunakan untuk menyampaikan informasi sesuatu yang pelanggan butuhkan, dengan cara yang baik dan apakah itu informatif atau menarik secara emosi.

Setelah sekilas mengenai 4P yang tidak jauh berbeda dengan yang ada di dalam Marketing mix 4P selanjutnya adalah 3 elemen yang telah dikembangkan agar lebih baik.

People – orang adalah salah satu elemen dari marketing mix jasa. Orang menentukan bagaimana layanan tersebut. Dalam hal pemasaran jasa, orang dapat membangun atau menghancurkan sebuah organisasi.

Sehingga banyak perusahaan saat ini melakukan perekrutan khusus untuk mendapatkan staf yang terlatih dalam keterampilan interpersonal dan dapat memberikan pelayan yang bak terhadap pelanggan.

Bahkan banyak perusahaan harus menjalani akreditasi untuk menunjukkan bahwa staf mereka lebih baik daripada yang lain. Singkat kata, SDM sangat menentukan bisnis anda.

Process – Proses Layanan adalah cara di mana layanan dikirim hingga ke pelanggan terakhir. Yang paling utama ialah layanan harus diberikan tanpa mengurangi kualitas dari barang yang ditawarkan.

Dengan demikian proses perusahaan dalam menyampaikan produk sangatlah penting. Ini juga merupakan komponen penting dalam rencana marketing, dimana sebelum mendirikan layanan, perusahaan mendefinisikan secara rinci apa yang seharusnya dilakukan dan bagaimana cara agar barang dapat disalurkan hingga ke pelanggan terakhir.

Physic Evidence – Unsur terakhir dalam marketing mix jasa adalah elemen yang sangat penting. seperti yang kita ketahui, jasa atau layanan yang tidak berwujud di alam. karena itu diperlukan sesuatu yang dapat dirasakan oleh pelanggan ketika sedang memberikan layanan.

Sebagai contoh sebuah restoran yang hanya memiliki kursi dan meja serta makanan enak, atau restoran yang memiliki pencahayaan, musik bagus bersama, tata letak yang bagus dan tentu saja makanan yang enak. Manakah yang akan anda pilih? tentu yang dengan suasana yang bagus.

Itulah bukti fisik. Pelanggan akan mengingat apa yang mereka rasakan, apakah barang jasa yang kita berikan baik atau buruk. Bayangkan sebuah rumah sakit swasta dan rumah sakit pemerintah. Sebuah rumah sakit swasta memiliki gedung dan perawat dengan penampilan yang baik.

Hal yang sama jarang sekali didapatkan dari rumah sakit pemerintah. Itulah mengapa bukti fisik akan menjadi pembeda dari barang jasa yang kita tawarkan.

Setelah 7 P dalam marketing mix masih ada 1 P lagi yang juga sangat penting. P ini harus selalu ada dalam marketing plan. Apakah itu? jawabannya adalah Productivity and Quality. 

Elemen ini bisa dijadikan pelengkap kesempurnaan marketing strategi anda, karena fokus dari P ini adalah “apakah yang anda tawarkan merupakan sesuatu yang bagus?”.

Pertanyaan ini mengarahkan anda agar dapat meningkatkan produktifitas anda untuk biaya manajemen dan lebih lanjut bagaimana anda dapat memberikan yang terbaik terhadap pelanggan anda.

Cukup sekian artikel terkait Marketing Mix: Marketing 7P’s. Cara marketing ini masih dapat terus di-upgrade sesusi kebutuhan dan masanya. Apa yang terdapat dalam artikel ini hanyalah gambaran umumnya dan semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: