4 Kecerdasan Dalam Marketing

4 Bagian Marketing Intelligence – Sebaik apapun sistem jika tanpa didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten, sistem tersebut tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Selain ulet dan bersungguh – sungguh salah satu kriteria penting adalah kecerdasan. Ada banyak kecerdasan yang dimiliki manusia dan hal nilah yang membedakan manusia dengan makhluk yang lain.

Dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja kecerdasan yang harus dimiliki seorang marketer dan bagaimana cara memanfaatkan kecerdasan tersebut secara maksimal. Selamat menyimak.

Apa itu Marketing Intelligence?

Marketing intelligence atau kecerdasan pemasaran artinya kemampuan dalam pengumpulan dan analisa data sebagai upaya antisipasi yang kaitannya untuk pengambilan keputusan. ( businessdictionary.com )

Dalam arti yang lebih luas, marketing intelligence adalah kemampuan mengambil informasi yang relevan dengan “pasar” yang sedang atau akan digeluti. Dalam prakteknya termasuk ini termasuk pengumpulan, analisa dan penyebaran informasi.

Dalam website pragmaticmarketing.com kecerdasan ini meliputi 4 bagian utama yaitu kecerdasan pesaing, kecerdasan produk, pemahaman pasar dan pemahaman pelanggan.

4 Bagian dari Marketing Intelligence

Seperti disebutkan diatas kecerdasan bermarketing terdiri dari 4 bagian. Competitor Intelligence, Product Intelligence, Market Understanding dan Customer Understanding, berikut ini ilustrasi singkat mengenai keempat bagian ini.

Anda mengetahui bahwa pesaing anda memberikan harga pada barang mereka dibawah harga normal (Product Intelligence). Selain itu perusahaan anda juga ingin mengganti produk lama dengan produk baru (Product Intelligence) agar pricing yang dilakukan pesaing tidak berarti apa-apa.

Ketika informasi ini dikombinasikan dengan pengetahuan mengenai perusahaan, ini menjadi tantangan bagi CEO untuk mengembangkan pangsa pasar (Competitor Intelligence) dan mereka memiliki tujuan dan strategi baru untuk masuk segmen lainnya (Competitor Intelligence). Informasi tersebut menjadi lebih bernilai.

Untuk pengambilan keputusasn tersebut diperlukan adanya market research yang mendalam terkait pasar dan segmen pelanggan. Selain itu mengetahui apa saja ketertarikan pelanggan dan tren di pasaran akan memudahkan anda dalam menentukan strategi (Market dan Customer Understanding).

artikel terkait : Marketing Analysis

Bagaimana cara mengefektifkan kecerdasan ini?

Dalam artikel lain disebutkan bahwa marketing akan berjalan baik jika dilakukan secara bekerja sama (red: Tim). Dengan tim yang sesuai akan didapatkan hasil yang maksimal. Inilah yang disebut tim marketing intelligence sekelas dunia.

Bagaimana caranya menjadi tim yang sekelas dunia? berikut ini ada 4 kunci utama untuk menciptakan tim intelejensi pemasasaran yang profesional.

  1. Sumber data dan Sumber Lapangan
    Dengan memiliki data akurat dan berasal langsung dari lapangan akan memberikan gambaran yang jelas. Hal ini didapat dengan mengerahkan seluruh tim menjadi pengumpul data yang sangat luas.
  2. Kemampuan menganalisa dan mengambil informasi dari data
    Data yang terkumpul tidak akan bermanfaat apa – apa. Tapi setelah dilakukan analisa dan pengumpulan informasi terkait pasar dari berbagai data tadi, maka data tersebut akan sangat bermanfaat terutama dalam pengambilan keputusan.
  3. Teknologi dan wadah untuk menyebarkan informasi
    Setelah mendapatkan informasi yang akurat sangat penting untuk menyebarkan info tersebut ke bagian yang bersangkutan agar dapat membantu eksekusi tindakan, terutama tindakan  yang berkaitan dengan pesaing anda.
  4. Dukungan dan akses ke “petinggi”
    Tanpa adanya dukungan dari petinggi yang membuat keputusan apa yang dilakukan oleh tim intelejen marketing hanya akan kurang berdampak. Karena itu dalam tim harus ada dukungan baik itu melalui infrastruktur maupun moral dari atasan.

Kesimpulannya untuk membentuk tim yang sekelas dunia diperlukan kepercayaan dan waktu yang lama. Tapi semuanya dapat dilakukan secara bertahap dari awal sehingga pada waktunya tim ini menjad aset yang penting bagi perkembangan perusahaan.

Jadi bagaimana menurut anda tentang Marketing Intelligence? Menarik bukan?. Meskipun hanya sekilas semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan, sekian terima kasih.

Cari Artikel di Sini


4 Kecerdasan Dalam Marketing | Admin | 4.5
%d bloggers like this: