Marketing Funding, Cara Efektif Atasi Pendanaan

Definisi Marketing Funding – Pada artikel sebelumnya, yaitu artikel mengenai marketing lending disebutkan antara pemasukan dan pengeluaran harus seimbang. Agar seimbang dengan pengeluaran tentu harus ada pemasukan dan salah satu mendapatkan pemasukan adalah melalui marketing funding. Bagaimana caranya mendapatkan dana dari marketing funding? dan sebenarnya apa itu marketing funding akan dibahas dalam artikel ini. Selengkapnya silahkan anda lanjutkan membaca.

Apa itu Marketing Funding?

Dari yang dikutip dalam situs jobdesc.net, Marketing Funding yang berasal dari 2 kata yaitu marketing yang berarti kegiatan memasarkan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan untuk mendapatkan keuntungan; dan funding yang berarti mengumpulkan atau menghimpun yang dalam konteksnya adalah menggumpulkan dana; memiliki makna secara istilah ialah kegiatan pengumpulan dana untuk membantu kegiatan marketing suatu perusahaan.

marketing funding ibarat mengumpulkan dana untuk mengambangkan perusahaan (sumber: personneltoday.com)

marketing funding ibarat mengumpulkan dana untuk mengambangkan perusahaan (sumber: personneltoday.com)

Marketing Funding paling sering diterapkan oleh bank yang ingin menarik nasabah untuk menggunakan jasa mereka. Dalam Prakteknya banyak sekali manfaat dari marketing funding, diantaranya adalah

  1. Menambah pendanaan dengan mencari pihak ketiga yang ingin menginvestasikan dana ke produk yang ditawarkan.
  2. Mengenalkan, mempromosikan dan memasarkan produk.
  3. Memperluas channel dan kerjasama ke berbagai industri.

artikel terkait : Marketing Channel

Dalam marketing funding juga terdapat sejumlah tanggung jawab dan tugas yang harus terpenuhi dalam pelaksanaanya seperti berikut ini :

  • Marketing funding bertanggung jawab atas terpenuhinya target dana yang terkumpul.
  • Marketing funding juga harus memiliki kemampuan berkomuniksi yang baik, menjalin hubungan baik terhadap kolega, mampu menganalisa kebutuhan dari target funding, memiliki interpersonal skill yang bagus, kemampuan mengembangkan jaringan dan juga fokus terhadap target yang ditetapkan. Menyalurkan dana yang terkumpul ke bagian lending agar dana yang terkumpul dapat diputar dan dimanfaatkan secara luas.

 

Bagaimana Cara agar Marketing Funding Berhasil?

Untuk menentukan keberhasilan suatu pekerjaan harus ada strategi dan eksekusi yang tepat dan sesuai. Berikut ini beberapa strategi yang dapat anda coba agar Marketing Funding berhasil :

  • Memberikan Rasa Penasaran
    Seringkali dalam menawarkan produk seorang Funding Officer terlalu ngotot agar pelanggan mau berinvestasi dalam produk tersebut. Jatuhnya pelanggan merasa kurang nyaman bahkan lebih buruk citra perusahaan akan rusak. Karenanya dalam penawaran tersebut seorang FO harus bisa membuat pelanggan penasaran dan tertarik untuk menginvestasikan uangnya ke produk yang ditawarkan.
  • Real Time Gross Settlement (RTGS)
    RTGS berarti memberikan keuntungan dari bebagai produk hanya dengan sekali berinvestasi di satu produk. Dengan melihat kemudahan ini pelanggan akan tertarik dan tahu apa yang ia perlukan dari produk tersebut.
  • Skala Prioritas
    Dengan memberikan prioritas target akan memudahkan FO untuk menentukan cara yang tepat dan mana calon pelanggan yang paling besar peluangnya untuk berinvestasi.
  • Pendekatan Kultur
    Pendekatan kultur maksudnya adalah anda harus memahami karakteristik dari pelanggan anda. Dengan begitu anda dapat menawarkan produk tanpa mengganggu kenyamanan pelanggan. Cara ini dapat anda lakukan step by step agar tidak terlihat memaksa dan malah merusak kenyamanan pelanggan anda.

Sekian untuk artikel mengenai marketing funding ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda. Lihat juga artikel lain mengenai pengembangan diri disini, terima kasih.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: