Ingin jadi Marketing Director Handal? Ketahui dulu Tugasnya

Job Description Marketing Director – Bangunan pencakar langit seperti Burj Khalifa di Dubai dapat berdiri menjulang karena dibangun dengan baik. Nah dibalik pembangunan tersebut ada peran mandor yang sangat penting. Jika seorang mandor mengarahkan pekerjanya dengan baik maka bangunan tersebut dapat dibangun tepat waktu dan kokoh sesuai dengan yang arsitektur buat.

Agar rencana pemasaran dapat dijalankan dengan baik perlu adanya peran “mandor”, disinilah marketing director ambil bagian. Lebih jelasnya lagi mengenai tugas marketing director akan dijelaskan dalam artikel berikut.

Dari yang ditulis hiring.monster.com, seorang marketing director memiliki tanggung jawab atas pengembangan strategi pemasaran dengan mempelajari indikator ekonomi kemudian pelacakan perubahan penawaran dan permintaan selain itu mengidentifikasi pelanggan dan kebutuhan mereka saat ini dan masa depan dan juga pemantauan kompetisi.

Karena itu ada beberapa kecakapan yang harus dimiliki oleh marketing director yaitu  skill membangun hubungan dengan klien, Coaching skill, Managing Proses, Rencana Pemasaran, motivasi diri, Memahami bawahan, Customer Focus, selain itu kemampuan Marketing Research, Analisis Statistik, Mengembangkan Anggaran dan Perencanaan Keuangan dan Strategi. Semua skill ini dapat dipelajari dan dilatih jadi jangan berkecil hati jika anda belum memiliki semuanya.

artikel terkait : Marketing Manajemen

tugas seorang marketing drector (sumber gambar: taylorclark.co)

tugas seorang marketing drector (sumber gambar: taylorclark.co)

Ada 11 tugas utama dari marketing director berikut ini diantaranya:

  1. Menyediakan perencanaan dan kepemimpinan untuk Departemen Pemasaran dengan memastikan bahwa ada struktur, sistem, kompetensi dan nilai-nilai yang tepat serta dikembangkan untuk memenuhi dan melampaui tujuan dari rencana pemasaran.
  2. Mengasumsikan tanggung jawab keseluruhan untuk mengembangkan rencana pemasaran tahunan bagi organisasi seperti perencanaan pasar strategis, program riset pasar, kegiatan kekuatan lapangan, dan pengendalian anggaran pemasaran.
  3. Menyiapkan rencana pemasaran produk baru untuk pengenalan produk bekerja sama dengan rekan-rekan manajemen senior di berbagai bidang.
  4. Membangun sistem laporan dan komunikasi untuk semua informasi, feedback dan permintaan dari tim pemasaran untuk tim penjualan.
  5. Berpartisipasi pada komite industri yang ditekuni dan komite industri lainnya agar dapat memastikan bahwa perusahaan memiliki tingkat profesional yang tinggi dan diakui.
  6. Mengembangkan hubungan yang berkelanjutan dengan para pemimpin opini kunci, pelanggan dan pesaing lainnya untuk memastikan bahwa ada perkembangan yang signifikan di lapangan yang dapat diidentifikasi dan dipantau.
  7. Memastikan bahwa sistem berada di jalur yang sesuai dimana semua staff Penjualan dan Pemasaran atau beberapa perwakilan akrab dengan ketentuan serta cara kerja sistem ataupun strategi pemasarannya.
  8. Mengatur pertemuan langsung untuk membahas strategi pemasaran secara teratur dimana strategi dan program promosi ditinjau.
  9. Memberkan laporan kegiatan komite pemasaran dan kelompok strategi kepada manajemen senior.
  10. Bertanggung jawab untuk penilaian kinerja pemasaran dan manajer penjualan kemudian menyediakan kesempatan pelatihan dan pengembangan termasuk pelatihan penjualan dan manajemen program nasional.
  11. Membantu Managing Director dalam menetapkan kebijakan harga.

Selain 11 tugas ini masih ada beberapa tugas lain yang harus dikerjakan oleh marketing director diantaranya :

  • Berkontribusi untuk efektivitas pemasaran dengan mengidentifikasi isu-isu jangka pendek dan jangka panjang yang harus diatasi.
  • Memperoleh pangsa pasar dengan mengembangkan rencana pemasaran dan program untuk setiap produk, mengarahkan dukungan promosi.
  • Menjaga hubungan dengan pelanggan dengan menyelenggarakan dan mengembangkan program hubungan pelanggan-spesifik.
  • Memberikan perkiraan pasar jangka pendek dan jangka panjang dan laporan dengan mengarahkan koleksi riset pasar, analisis, dan interpretasi data pasar.
  • Pengaruh hadir dan produk masa depan dengan menentukan dan mengevaluasi tren pasar saat ini dan masa depan.
  • Mengembangkan penggunaan baru untuk produk yang ada dengan menganalisis statistik tentang pengembangan pasar, memperoleh dan menganalisis data dan konsultasi dengan sumber internal dan eksternal.
  • Memelihara database penelitian dengan mengidentifikasi dan pengumpulan informasi pemasaran.
  • Mencapai tujuan keuangan dengan mempersiapkan anggaran tahunan.
  • Melengkapi persyaratan operasional departemen pemasaran dengan penjadwalan dan menugaskan karyawan serta menindaklanjuti hasil kerja.
  • Mempertahankan staf pemasaran dengan merekrut, memilih, orientasi, dan pelatihan karyawan.
  • Mempertahankan hasil kerja staf marketing dengan konseling dan disiplin pegawai.
  • Mengembangkan staf marketing dengan memberikan informasi, kesempatan pendidikan, dan peluang pertumbuhan pengalaman.
  • Mempertahankan pengetahuan profesional dan teknis
  • Berkontribusi untuk tim upaya mencapai hasil terkait yang diperlukan.

Nah itulah berbagai macam pekerjaan yang harus dilakukan oleh marketing director. Dengan kecakapan yang harus dimiliki pekerjaan ini akan menjadi mudah. Agar anda bisa menjadi marketing director yang handal anda dapat berlatih sehingga semakin lama semakin terbiasa. Semoga dapat bermanfaat sekian dan terimakasih


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: