4 Marketing Strategy Bank Mandiri

Strategi Marketing Bank Mandiri Seperti yang diketahui bahwa bank Mandiri merupakan salah satu bank yang paling sukses dan dikenal di Indonesia. Dengan prestasinya tersebut sangat menarik untuk mengetahui strategi apa yang digunakan.

Dalam artikel ini akan dijelaskan 3 hal yang menjadi dasar strategi pemasaran yang dilakukan bank mandiri. Sebagaimana telah dilansir dari bankmandiri.co.id.

Bank yang resmi memiliki nama Mandiri pada 2 Oktober 1998 ini, berhasil menciptakan Core Banking System baru setelah sebelumnya menggunakan core system dari 4 bank induk yang terlabur menjadi satu didalamnya.

Artikel terkait : Strategi Marketing Bank BRI

Dengan core system baru ini bank mandiri telah berhasi meningkatkan pertumbuhan mereka. Terbukti pada tahun 2004 laba yang diperoleh bank mandiri meningkat menjadi 5,3 triliun dari yang sebelumnya 1,18 triliun.

Bank Mandiri sebagai salah satu bank paling berkembang di Indonesia (sumber: jakartakita.com)

Bank Mandiri sebagai salah satu bank paling berkembang di Indonesia (sumber: jakartakita.com)

Core system yang mereka gunakan bertumpu pada 4 strategi utama yaitu :

1. Implementasi Budaya
Strategi ini diwujudkan dengan transformasi budaya dalam lingkungan kerja bank Mandiri. Mulai dari restrukturisasi kinerja hingga pengembangan talent dan SDM agar sesuai dengan kebutuhan strategi pemasaran.

Bentuk nyatanya adalah dengan adanya “TIPCE” sebagai nilai budaya perusahaan meliputi Trust (Kepercayaan), Integrity (Integritas), Professionalism (Profesionalitas), Customer Focus (Fokus pada Pelanggan) dan Excellence (Kesempunaan).

2. Communitization
Komunitisasi ini bertujuan mengelompokan nasabah dalam satu komunitas yang bertujuan sama. Senada dengan customer focus diatas, strategi ini bertujuan memberikan kesempatan nasabah untuk berinteraksi dengan bank.

Berbeda dengan segmentasi, komunitas ini terbentuk berdasarkan nasabah yang memiliki tujuan sama sehingga dapat terjalin hubungan yang sejajar antara nasabah dan bank Mandiri.

3. Confirmation
Setelah terbentuk suatu komunitas, pihak bank dan nasabah akan saling melakukan konfirmasi. Konfirmasi disini bertujuan agar antara bank dan nasabah dapat terbentuk hubungan saling menerima dalam satu komunitas.

4. Clarification
Sejalan dengan strategi sebelumnya, didalam komunitas perrlu dilakukan klarifikasi. Klarifikasi yang dimaksud adalah menyamakan persepsi dan pandangan, untuk menciptakan kerjasama yang baik antara nasabah dan bank.

Keempat strategi ini dibantu dengan marketing mix yang sesuai. Mulai dari banyaknya produk yang disediakan, cabang yang tersebar meluas, media promosi offline dan online dan lainnya.

Artikel Terkait : Marketing Mix 7P’s

Selain itu strategi ini mereka fokuskan pada 3 area utama yaitu Pendalaman hubungan dengan nasabah, Menjadi bank pilihan dan pendorong perkembangan dan Pengintegrasian bisnis disemua segmen.

Dengan menerapkan strategi ini, bank mandiri dalam jangka panjang akan mendapatkan keuntungan berupa kredibilitas dari masyarakat sehingga seboyannya Terdepan, Terpercaya, Tumbuh bersama Anda bisa terwujud.

Demikianlah penjabaran sedikit mengenai strategi marketing yang diterapkan bank Mandiri. Semoga dapat bermanfaat dan menambh wawasan anda. Sekian dan terima kasih sampai jumpa di artikel selanjutnya

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: