Marketing Analysis, Cara Tepat Tingkatkan Produktifitas

Definisi Marketing Analysis – Kata analisis sangat dekat dengan pekerjaan detektif. Para detektif akan melakukan analisis terhadap informasi yang sudah ia kumpulkan, kemudian hasil analisis tersebut dijadikan sebuah kesimpulan terkait kasus yang ia hadapi. Agar mendapat analisa yang tepat detektif  memerlukan informasi yang saling berkaitan dan menuju kepada satu tujuan seperti pelaku atau barang hilang. Dalam dunia marketing pun dikenal adanya marketing analisis. Untuk pengertian, manfaat dan apa saja yang perlu diperhatikan untuk melakukan marketing analisis akan dijelaskan singkat pada artikel ini semoga dapat bermanfaat.

Apa itu Marketing Analysis?

Setelah sebelumnya melakukan marketing research dan mendapat informasi penting kemudian anda lanjutkan dengan Marketing Analysis. Apa itu? Dalam situs businessdictionary.com Marketing Analysis adalah Penyelidikan ke dalam pelaksanaan marketing untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi didapatnya hasil maksimal dan apa efek dari hasil tersebut dalam marketing. Secara umum analisis pemasaran adalah studi tentang dinamika pasar. Mulai dari naik turunnya hasil yang kita dapat hingga ke ranah psikologi konsumen. Inilah daya tarik khusus pasar terutama dalam industri spesifik. Analisis pemasaran pada dasarnya adalah rencana bisnis yang menyajikan informasi mengenai pasar di mana anda terjun. Dalam penyajiannya tersebut sangat berkaitan dengan berbagai faktor yang juga akan dibahas dalam artikel ini.

Apa gunanya?

Setali tiga uang dengan ilustrasi diatas. Jika dalam dunia detektif analisa dilakukan untuk mendapatkan deduksi yang pas, maka dalam dunia marketing, analisa dilakukan untuk mendapatkan data kemajuan proses marketing yang anda lakukan. Mudahnya analisis pemasaran dilakukan sehingga anda dapat merumuskan strategi bagaimana cara yang tepat menjalankan bisnis anda selanjutnya. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu, anda akan tahu bagaimana untuk menjalankan bisnis anda.

Apa saja faktornya?

Faktor yang paling umum adalah SWOT yang merupakan akronim untuk; (Strength) Kekuatan, (Weakness) Kelemahan, (Opportunities) Peluang dan (Threats) Ancaman. Dengan menilai kekuatan dan kelemahan anda, anda dapat membuat strategi pada faktor mana yang menjadi fokus anda. Misal anda ahli dalam public relation atau hal-hal yang berkaitan dengan interaksi maka hal ini yang perlu anda fokuskan sedangkan jika anda lemah dalam penggunaan internet atau gadget maka hal ini perlu anda hindari. Anda juga perlu melihat faktor-faktor eksternal seperti situasi yang dapat memberikan anda kesempatan atau ancaman. Seperti misalnya faktor ekonomi, ketidakstabilan politik atau bahkan perubahan sosial, semuanya dapat memberikan peluang yang dapat Anda ambil dan meningkatkan keuntungan anda. Tapi mereka juga dapat membuat ancaman yang akan menghambat transaksi bisnis anda. Dengan mempertimbangkan semua faktor ini akan memberikan hasil analisa pemasaran untuk dapat memposisikan dimana sebaiknya anda menerapkan strategi.

Analisis pemasaran

Analisis pemasaran

Dimensi Analisis Pemasaran

Ada dimensi tertentu yang membantu kita untuk melakukan analisis pemasaran. Semua elemen tersbut nada dapatkan dengan melakukan marketing research terlebih dahulu. Dengan hal-hal ini akan membantu kita memahami apakh pasar kita beroperasi lebih baik. Dimensi ini meliputi;

Ukuran Pasar – Mengetahui ukuran pasar merupakan faktor kunci dalam analisis pemasaran. Semakin besar pasar, semakin besar persaingan yang akan anada hadapi. Untuk pasar yang besar, anda perlu memastikan produk dan jasa yang anda tawarkan menonjol dan menarik. Jika tidak, pelanggan dapat dengan mudah beralih ke produk pesaing. Tidak hanya itu, pasar yang lebih besar membuat anda perlu memikirkan kembali kebijakan harga anda. Menetapkan harga yang terlalu tinggi akan membuat anda kehilangan pelanggan karena mereka beralih ke pesaing anda yang menawarkan harga lebih murah. Ketika menetapkan harga terlau rendah orang-orang akan berpikir kalau barang yang anda jual itu adalah barang murah berkualitas jelek. Tapi jika ukuran pasar kecil maka anda bisa melakukan penetapan harga yang tinggi. Nah semua fakta ini tersimpan dalam analisis pemasaran dan dengan fakta ini anda dapat meneruskan rencana pemasaran anda

Tingkat pertumbuhan pasar Tingkat pertumbuhan pasar adalah faktor besar dari semua faktor dalam analisis pemasaran. Hal ini karena anda mendapatkan ide dari berapa lama pasar tersebut akan bertahan. Sebelum anda melakukan investasi anda perlu menganalisis tingkat pertumbuhan pasar. Jika ada kemungkinan pasar untuk tumbuh dari waktu ke waktu maka Anda dapat berinvestasi lebih banyak di dalamnya. Jika tidak memiliki pertumbuhan maka sebaiknya anda tidak menginvestasikan apa-apa. Berapa banyak waktu dan perhatian yang anda berikan kepada pasar tergantung pada tingkat pertumbuhannya.

Tren pasar – Tren pasar juga bagian penting dari analisis pemasaran. Memiliki pengetahuan tentang tren membantu anda untuk memutuskan jenis produk apa yang sebaiknya anda jual selanjutnya. Ketika anda baru memulai bisnis anda perlu mengetahui apa hal yang sedang nge-hits. Apa hal yang pelanggan inginkan? Berapa banyak mereka bersedia untuk menghabiskan? Apa ada tren lain yang mungkin menarik perhatian mereka? ini adalah beberapa hal yang anda pertimbangkan dalam menganalisis pemasaran. Di sisi lain, tren pasar dapat berubah setiap hari. Hal ini dapat berubah menjadi kesempatan atau pun ancaman itu semua bergantung bagaimana anada menghadapinya

Profitabilitas pasar – Apa tujuan anda melakukan bisnis? kebanyakan orang akan menjawab untuk mendapatkan keuntungan. Karena itu, sebelum masuk ke bisnis anda perlu menganalisis profitabilitas pasar. Jika pasar memiliki profitabilitas yang baik maka anda dapat berinvestasi. Jika tidak, itu akan membuang-buang waktu dan modal. Untuk menghitung profitabilitas pasar, ada beberapa hal yang harus mempertimbangkan. Hal-hal ini meliputi; kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, hambatan masuk dan sebagainya.

Faktor Kunci Sukses – Faktor kunci keberhasilan adalah unsur-unsur yang mempengaruhi untuk mendapatkan keberhasilan dalam pemasaran. Unsur tersebut harus dapat bertahan dalamsetiap persaingan. jika anda tangani hal ini dengan baik, memungkinkan anda untuk menghasilkan hasil yang lebih bagus bagus. Faktor kunci keberhasilan meliputi;

  1. Kemajuan teknologi
  2. Skala ekonomi
  3. Pemanfaatan sumber daya yang efisien

Alur Distribusi – Alur distribusi sangat penting untuk bisnis. Tanpa mereka, Anda tidak akan bisa mengantarkan produk Anda ke pelanggan Anda. Hal ini juga harus diperhatikan karena Anda perlu menilai seberapa baik alur tersebut. apakah sudah ada cukup baik atau anda perlu mengembangkan alur yang baru. Terkadang anda dapat mencoba alur pemasaran yang baru seperti belanja online.

Industri Biaya Struktur – Struktur biaya industri adalah faktor yang signifikan saat menjalankan bisnis. pada dasaranya faktor ini melihat seberapa banyak biaya yang diperlukan membuat produk anda terjual. Dengan mengatur hal ini anda dapat meningkatkan keuntungan tanpa perlu menaikkan harga. Melakukan analisis pemasaran akan membantu anda untuk menemukan cara-cara baru untuk mengurangi biaya dan meningkatkan profit. Pada saat yang sama, hal ini membantu untuk menciptakan strategi untuk mengembangkan keunggulan kompetitif dari pesaing anda.

Itulah dia beberapa informasi tentang marketing analysis. Dengan hasil analisis ini anda dapat menentukan bagaimana langkah selanjutnya agar keuntungan anda meningkat. semoga dapat bermanfaat sekian dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Marketing Analysis, Cara Tepat Tingkatkan Produktifitas | Admin | 4.5
%d bloggers like this: