Kupas Tuntas Manajemen Wirausaha

Manajeman Wirausaha – ­Pengertian manajemen wirausaha adalah upaya yang dilakukan agar kegiatan wirausaha yang ditekuni dapat berjalan secara efektif dan mamapu memberikan keuntungan bagi pemilik.

Sudah dikatakan dari dulu manajemen itu sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan manajemen yang baik akan membuat bisnis kita lancar serta mendapat keuntungan yang banyak.

Seperti yang dikutip dari wirausahainfo.blogspot.com, sejarah keiwarusahan sendiri menunjukkan bahwa wirausahawan mempunyai karakteristik umum serta beasal dari kelas yang sama.

Dari industri Inggris berasal dari kalangan kelas menengah dan kebawah. Sedangkan di Amerika dimulai dari akhir abad ke-19, Heillbroroner berpendapat bahwa wirausahawan merupakan anak dari orang tua yang mana dalam kondisi keuangan yang cukup memadai, tidak miskin ataupun kaya.

Artikel Lain : Info Lengkap Fakultas Manajemen

Dalam sebuah kewirausahaan, kekayaan hanya akan relatif sifatnya. Bila kita tengok ada pengusaha yang telah sukses akan tetapi tidak menampilkan sabagai orang yang mewah, akan tetpi ada juga yang belum kaya tapi sudah hidup bermewahan saja.

Untuk itu kekayaan hanya tergantung pada diri sendiri. Dalam ilmu kewirausahan hanya mengggariskan bahwa serang wirausahaan yang baiak itu merupakan orang yang tidak memperlihatkan kesombongannya pada saat sukses, dan tidak putus asa ketika gagal.

Di Indonesia pada akhir abad 20 ini masayarakat sudah meneriman wiarausaha sebagai alternatif dalam mereka bekerja. Hal ini mulai disuarakan pada era orde baru, karena pemerintah mulai sadar bahwa untuk memajukan bangsa perlu adanya keterlibatan dari masyarakat swasta.

Artikel Lain : Pengertian Manajemen Tradisional dan Rancangan Kerja

manajemen kewirausahan

setiap negara maju banyak wiarausahawan (image : google)

Untuk itu wirausaha mulai dikampanyekan, agar dapat menampung pengangguran yang ada. Kerana bila ditengok lowongan pekerjaan tak akan bisa menampung mereka. Kita juga tahu bahwa setiap kegitan dalam persaingan memperlukan ketajaman naluri.

Hal ini juga terdapat dalam kegiatan wirausaha. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, kalangan wirausahawan perlu melatih naluri wirausahaannya. Makin lama wirausahawan menjiwai dunia wiarausaha, dana makin lama pengalaman, maka akan bertambah pula katajaman naluri wirausahawan.

Sebagai seorang wirausahawan harus mempunyai sikap “tampil beda”, dan tak pernah terpanguruh wirausahawan lain, dan tidak ikut-ikutan meegejar trend yang ada. Berikut ini sikap yang diperlukan dalam wirausaha.

Artikel Lain : Apa itu Manajemen Biaya?

1. Sikap Mental

Dalam hal ini hjangan takut gagal, dan jangan sombong bila berhasil. Dan juga jangn mudah terpengaruh oleh trend yang ada buatlah trend sendiri.

2. Kepemimpinan

Pedoman seorang pemimpin ini adalah “perlakukanlah orang lain sebagaimana wirausahwan ingin diperlakukan.”

3. Tata Laksana

Kata tersebut merupakan terjemahan dari manajemen yang artinya pengolahan. Setiap orang memerlukan manajemen bukan tanpa memerdulikan status serta jabatan.

4. Ketrampilan

Dalam wirausaha kita harus dituntut punya ketrampilan dalam bidang wirausaha serta manajemennya.

Sedangkan untuk karakteristik wirausahawan adalah:

  1. Keinginan untuk berprestasi
  2. Keinginnan untuk bertaggungjawab
  3. Preferensi dalam resiko menengah
  4. Persepsi untuk kemungkinan keberhasilan
  5. Rangsangan oleh timbal balik
  6. Aktifitas enerjik
  7. Orientasi ke masa depan
  8. Ketrampilan dalam pengorganisasian
  9. Sikap terhadap uang

Karekteristik wirausahawan sukses dengan mempunyai semangat yang tinggi akan memberikan sebuah pedoaman bagi analisa diri sendiri.

  1. Kemampuan untuk berinovasi
  2. Toleransi untuk kemenduaan
  3. Keinginan untk beradaptasi
  4. Mempunyai kemampuan dalam perencanaan realistis
  5. Kepemimpinan terorientasi pada ujian
  6. Obyektivitas
  7. Tanggungjawab pribadi
  8. Kemampuan beradaptasi
  9. Kemampuan sebagai pengorganisasi serta administrator

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: