Cara Mudah Manfaatkan Mananjemen UN Dapodik

Manajemen UN – Pengertian Manajemen UN adalah cara yang dilakukan sekolah untuk mengelola data siswa yang diperlukan dalam mengahadapi UN. Pengelolaan ini dibantu dengan website Dapodik yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya.

Memasuki semester genap pada setiap jenjang pendidikan selalu ada agenda penting yang perlu disiapkan terutama bagi siswa tingkat akhir. Agenda rutin tersebut adalah Ujian Nasional atau UN. Setiap siswa kelas enam, sembilan dan dua belas harus belajar dengan giat agar bisa lulus.

Tidak hanya siswa yang perlu persiapan matang, sekolah juga sama. Pihak sekolah perlu menyiapkan data-data siswa yang diperlukan untuk bisa mengikuti UN. Salah satu cara untuk membantu persiapan tersebut adalah melalui manajemen UN yang disediakan Kemdikbud.

Artikel Lain : 10 Cara Praktis Manejemen Usaha

Manajemen UN Dapodiknas Dari Kemdikbud

Untuk menggunakan aplikasi ini kita (red: pihak sekolah) perlu memasukan data siswa terlebih dahulu melalui website http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/ untuk tingkat SD dan SMP sedangkan untuk tingkat SMA atau SMK kita bisa membuka http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/.

Setelah menginput data, kita juga perlu melakukan verifikasi. Bagaimana caranya? berikut ini langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam manajemen UN SD, SMP, dan SMA melalui dapodik.

Artikel Lain : Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Finansial)

  1. Buka website sesuai dengan jenjang pendidikan sekolah
    http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/ (SD dan SMP)
    http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/ (SMA dan SMK)
    setelah itu akan muncul seperti gambar berikut kemudian lakukan login menggunakan akun dan password yang sudah dimiliki sekolah.

    Langkah 1 Manajemen UN SD, SMP, SMA (Dapodikdas dan Dapodikmen) gambar : komangpur.blogspot.com

  2. Setelah login kita akan melihat beranda, untuk melakukan manajemen UN pilih menu peserta UN kemudian akan muncul data peserta UN seperti gambar berikut

    Langkah 2 Tampilan Beranda Manajemen UN SD, SMP, SMA (Dapodikdas Dapodikmen) gambar : komangpur.blogspot.com

    Langkah 2 Tampilan Data Manajemen UN SD, SMP, SMA (Dapodikdas Dapodikmen) gambar : komangpur.blogspot.com

    Khusus untuk manajemen UN SD melalui dapodikdas jika ada data perserta yang tidak valid atau belum memiliki NISN maka akan ditandai dengan warna merah. Ketika hal tersebut terlihat kita harus segera melakukan verifikasi data pada website yang ditentukan. Contohnya pada gambar dibawah

    Langkah 2 Data Invalid Manajemen UN SD, SMP, SMA (Dapodikdas Dapodikmen) gambar : infokepegawaian.blogspot.co.id

  3. Jika tidak ada data yang berwarna merah kita bisa lanjutkan pada pengaturan nomor kursi rombongan belajar atau rombel. Sebagai info manajemen UN dapodik ini juga dilengkapi dengan fasilitas pengaturan nomor kursi sehingga tiap kelas memiliki ukuran rombel yang ideal.

    Langkah 3 Pengaturan Nomor Rombel Manajemen UN SD, SMP, SMA (Dapodikdas Dapodikmen) gambar : komangpur.blogspot.com

    Untuk jenjang SD, SMP dan SMA nomor rombel bisa disesuaikan sesuai keinginan. Sedangkan untuk SMK pengurutan berdasarkan urutan paket keahlian pada spektrum SMK. Selain itu untuk nomor absen tidak dilakukan melalui aplikasi ini namun secara otomatis sesuai nama peserta.

  4. Jika penomeran telah selesai dan tersimpan bisa kita lanjutkan pada langkah berikutnya yaitu mengunduh data-data yang sudah terkelola. Ada tiga file yang bisa kita unduh diantaranya
    – File data peserta dengan format .dz (wajib)
    – File data peserta dengan format excel (opsional)
    – File berita acara untuk dinas (wajib)
    Kedua file ini dengan tanda wajib ini harus kita unduh karena akan digunakan untuk keperluan pada dinas. File dengan format .dz ini akan di impor ke BIO UN. Sedangkan berita acara akan disetorkan ke dinas. Berikut ini gambarnya

    Langkah 4 Unduh file Manajemen UN SD, SMP, SMA (Dapodikdas Dapodikmen) gambar : komangpur.blogspot.com

    Langkah 4 Contoh Berita Acara Manajemen UN SD, SMP, SMA (Dapodikdas Dapodikmen) gambar : komangpur.blogspot.com

Artikel Lain : Pengertian Konsultan Manajemen serta Pentingnya dalam Perusahaan

Itulah beberapa langkah dalam meverifikasi dan validasi peserta UN dengan melalui website Manajemen UN. Dan berikut ini ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan pihak sekolah yang kaitannya dengan pendataan UN:

  1. Jika ada perubahan data perbaikan, maka data silahakn diperbaiki dengan melalui sinkronisasi pada aplikasi Dapodik. Perubahan tersebut nantinya akan otomatis mengubah data pada manajemen UN secara realtime.
  2. Pastikan semua NISN calon peserta UN sudah valid dengan melakukan verifikasi dengan melalui website yang disediakan oleh kemdikbud
  3. Jika sekolah menghadapi kendala dalam mengunduh data maka bisa meminta bantuan kepada KKDATADIK.
  4. Periksa data kebutuhan khusus peserta didik, hal ini dimaksudkan agar peserta didik dengan kebutuhan khusus akan mendapat soal sesuai kebutuhan khususnya.

Demikian informasi seputar pendataan peserta UN dengan melalui website Dapodik Manajemen UN. Semoga dapat bermanfaat saya cukupkan sekian dan terima kasih banyak samapi jumpa pada artikel selanjutnya.

Cari Artikel di Sini


Cara Mudah Manfaatkan Mananjemen UN Dapodik | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: