Manajemen Teknologi, Apa Manfaatnya?

Manajemen Teknologi – Pengertian manajemen teknologi adalah proses pengelolan teknologi yang berdampak pada berubahnya perspektif dari manajemen

Pada saat ini kita telah di era globalisasi, yang mana setiap ilmu akan mengalami perubahan perspektif. Hal ini juga berlaku pada manajemen.

Dikutip dari annisampuuy.blogspot.co.id, pada arus globalisasi ini telah mengubah perspektif manajemen dari dulu yang berpandangan berbasis pasar kemudian kepada pandangan berbasis sumber daya.

Yang mana beberapa tahun terakhir pandangan yang berbasis pada sumber daya telah dikembangkan sebagai suatu perspektif komplementer.

manajemen teknologi

teknologi yang dipakai dapat menentukan kesuksesa kita (image : anitnitanit.wordpress.com)

Pada saat lingkungan eksternal mengalami kondisi fluktuasi, perusaahaan dengan penguasaan sumber daya serta kapabilitasnya akan menentukan apakah perusahaan akan terus bertahan hidup atau malah akan tumbang.

Pentingnya Teknologi

Perubahan serta perkembangan teknologi yang begitu pesat akan memberi dampak pada semakin cepatnya proses penciptaan produk baru, perubahan dalam rantai nilai serta peningkatan daya saing perusahaan.

Kita dapat mendefinisikan teknologi sebagai kemampuan untuk dpaat mengenali masalah-masalah teknis, konsep serta hal yang lainnya yang bersifat tangible yang dikembangkan untuk mengatsi masalah teknis serta kemampuan teknik mengekplor konsep serta hal tangible lain lebih efektif.

Dengan adopsi teknologi serta inovasi teknologi adalah senjata yang hebat bagi industrialisasi, peningkatan produktivitas, mendukung pertumbuhan, serta meningkatkan standar kehidupan (Albernaty sert Clark, 1985).

Tajamnya tekanan pada kompetitif serta globalisasi telah memberikan dorongan kepada kita untuk melakukan inovasi, hal ini dikarenakan inovasi merupakan suatu tanda untuk sesuatu yang baru serta keberhasilan komersial.

Sekarang ini, peranan dari manajemen teknologi sabagai salah satu kunci agar dapat mencapai sebuah keberhasilan inovasi teknologi menjadi subyek yang sangat menarik.

Mesti telah banyak perghatian terhadap adopsi manajemen beserta implementasi teknologi baru, akan tetapi masih banyak organisasi yang mengalami kegagalan untuk dpaat mengelola tekonologi mereka dengan efisien, strategis serta efektif.

Karena itu kita memerlukan perencanaan serta strategi teknologi yang amat matang suntk mencapai tujuan dari perusahaan. Dalam perjalanan teknologi, banyak sekali penemuan baru pada akhir-akhir ini yang semakin bermunculan.

Akan tetapi penemuan baru tersebut masih meruapakan cakupan dari teknologi canggih, yang mana perkembangannya di Indonesia masih dalam tahap paling awal.

Bila kita lihat sekarang ini di Indonesia studi yang membicarakan tentang manajemen teknologi masih sangat kurang atau boleh dikatakan langka (Ellitan, 2001).

Hal ini menunjukkan bahwasannya belum cukup banyak para ahli serta praktisi memeberikan perhatian terhadap faktor tecknological, bagaimana cara untuk mengadopsi, serta untuk mengelola teknologi tersebut.

Sebab itu, sangat penting agar kita mengkaji lebih dalam lagi tentang manajemen teknologi serta bagaimana cara untuk menjadikan teknologi sebuah senjata agar dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif.

Itulah paparan mengenai manajemen teknologi, semoga artikel tadi dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa pada artikel yang lainnya.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: