7 Tips Hilangkan Stress Dengan Manajemen Stress

Manajemen Stress – Pengertian manajemen stres adalah kemampuan penggunaan sumber daya (manusia) secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul karena tanggapan (respon).

Stress adalah reaksi psikologis dan fisik normal terhadap peningkatan beban dari kehidupan. Survei menunjukkan bahwa banyak orang Amerika mengalami stress sepanjang tahun.

Stress akan muncul sebagai alarm dari otak atas “tekanan” yang kita hadapi. Setelah ancaman itu tidak ada badan kita akan kembali normal. Sayangnya di zaman modern saat ini, alarm tersebut tidak pernah berhenti danterus menerus menyala.

Seiring waktu, tingkat stres yang tinggi menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Itu sebabnya manajemen stress ini sangat penting. Tanpa manajemen stres, terlalu sering tubuh Anda selalu waspada.

Artikel Lain : 9 Manfaat Manajemen Logistik dan Pengertiannya

Nah dalam artikel ini kita akan mengetahui bersama apa itu manajemen stres dan beberapa tips agar stress dapat menghilang. Selamat membaca

Manajemen Stress

Pengertian Manajemen Stress

Kata stress berasal dari bahasa inggris yang berarti tekanan. Dalam konteks yang kita bahas kali ini tekanan yang dimaksud adalah tekanan yang kita rasakan secara fisik oleh tubuh kita. Reaksinya pun bermacam-macam.

Misalnya rasa deg-degan atau gugup saat akan berada diatas panggung atau tiba-tiba mules dan mau buang air kecil. Nah reaksi tersebut termasuk kedalam kategori stress ringan yang ternyata sangat bermanfaat bagi pekembangan otak kita lho.

Artikel Lain : Pengertian Manajemen Persediaan, Jenis dan Tujuannya

Tapi akan berbeda jika stress yang kita alami adalah stress berat. Selain kesehatan kita terganggu, perasaan kita juga menjadi tidak tenang bahkan mengganggu kerja otak jika tidak ditangani. Salah satu cara menanganinya adalah dengan manajemen stress.

Menurut wikipedia.org, manajemen stress berarti kemampuan penggunaan sumber daya (manusia) secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul karena tanggapan (respon). Tujuan dari manajemen stres itu sendiri adalah untuk memperbaiki kualitas hidup individu itu agar menjadi lebih baik.

Tips Atasi Stress dengan Manajemen Stress

Manajemen stres ini mengelola gaya hidup, pikiran, emosi, dan  bagaimana cara kita menangani masalah. Seberapapun beratnya stress yang dihadapi, ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk mengurangi tekanan dan mendapatkan tekanan.

Artikel Lain : Info Lengkap Manajemen Konstruksi

Seperti yang dikuti dari helpguide.org terdapat tujuh hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi stress. Berikut ini penjelasannya

Tips 1: Identifikasi Kebiasaan dan Perilaku yang Menyebabkan Stres

Sangat mudah untuk mengidentifikasi sumber stress setelah hal besar dalam hidup kita seperti berganti pekerjaan, pindah rumah, atau kehilangan orang yang dicintai. Tapi, menentukan dengan tepat sumber stress sehari-hari dapat menjadi lebih rumit.

Untuk mengidentifikasi sumber sejati stres yang kita alami, kita perlu memperhatikan secara dekat kebiasaan, sikap, dan alasan penyebab stress. Salah satu caranya adalah dengan menulis jurnal setiap kali kita mengalami stress.

Artikel Lain : Meningkatkan Profit Dengan Marketing Lucu

Nah yang perlu ditulis dalam jurnal ini, Pertama adalah apa kira-kira penyebab kita mengalami stress. Kedua apa yang kita rasakan saat stress entah itu secara fisik maupun mental. Ketiga bagaimana kita merespon ‘alarm’ tersebut. Keempat adalah apa yang kita lakukan agar bisa merasa lebih baikan.

Dengan menulis hal tersebut kita bisa dengan mudah mengenali dan mengatasi keadaan stress yang kita alami saat itu.

Tips 2: Ganti Kebiasaan Atasi Stress yang Tidak Sehat

Setelah menulis jurnal kita menjadi tahu apa yang biasa kita lakukan setiap menghadapi stress agar merasa lebih baik. Sayangnya, banyak orang mengatasi stres dengan cara yang menambah masalah. Cara tersebut memang dapat mengurangi stres untuk sementara, tetapi mereka menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang.

Artikel Lain : Strategi Marketing Bagi Market Follower

Contoh kebiasaan mengatasi stress yang tidak sehat adalah

  • Merokok
  • Menggunakan pil atau obat-obatan agar ‘fly’
  • ‘Minum-minuman’ terlalu banyak
  • Tidur terlalu banyak
  • Banyak memakan junk food
  • Menunda-nunda pekerjaan
  • Terlalu lama melihat layar smartphone
  • Berlari dari masalah masalah
  • Menarik diri dari teman-teman, keluarga, dan kegiatan
  • Mengambil stres Anda pada orang lain

Artikel Lain : Apa bedanya Online Marketing Vs Digital Marketing ?

Kebiasaan-kebiasaan tersebut harus dirubah menjadi hal yang labih sehat baik terhadap fisik maupun mental. Tidak ada cara yang sama untuk mengatasi stress setiap orang. Fokus pada hal sehat apa yang membuat kita merasa tenang dan terkendali bisa menjadi pilihan yang baik.

Tip 3: Terus Bergerak

Tidak bisa dipungkiri lagi berolahraga tidak hanya meyehatkan badan tapi juga menyehatkan pikiran. Cukup berolahraga ringan seperti jogging, senam lantai dan lainnya selam 30 menit pikiran kita bisa menjadi lebih tenang. Cara yang sehat dan menyenangkan apalagi ditambah mendengarkan musik relaksasi.

Tip 4: Bersosialisasi Dengan Orang Lain

Keterlibatan sosial adalah cara tercepat dan paling efisien untuk mengendalikan stres. Saat kita berinteraksi dengan orang lain otak akan melepaskan horomn yang dapat menenangkan pikiran dan menurunkan kadar stress yang dirasakan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membantu orang lain.

Artikel Lain : Profil dan Kode Bank BRI, Bank Para Priyai

Tip 5: Menerapkan 4A (Avoid, Alter, Adapt, Accept)

Beberapa penyebab stress bisa kita prediksi seperti saat bekerja, dikejar deadline dan lainnya. Saat menghadapi stress yang seperti ini kita bisa melakukan 4A yaitu Avoid (menghindar), Alter (mengubah), Adapt (Menyesuaikan), dan Accept (Menerima).

  • Avoid unnecessary stress : Menghindari penyebab stres yang bisa dihindari
  • Alter the situation :  Mengubah respon terhadap penyebab stress
  • Adapt to the stressor : Beradaptasi dengan penyebab stress
  • Accept the things you can’t change : Menerima hal yang tidak bisa dirubah

Tip 6: Menyediakan Waktu untuk Bersantai

Sama seperti olahraga dengan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang kita bisa mengalihkan stress yang kita rasakan. Selain bersenang senang dengan menyediakan waktu senggang kita bisa melakukan berbagai hal yang berbeda dari kebiasaan sehingga lebih merasa santai  dan tenang.

Artikel Lain : Free Download Materi Lengkap Pengantar Akuntansi 2

Tip 7: Gaya Hidup Sehat

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memulai gaya hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan rutin berolahraga, menghindari rokok dan alkohol, serta mengurangi gula dan kafein. Dengan begitu hidup kita akan tersa lebih tenang dari biasanya.

Nah itulah tadi sedikit mengenai manajemen stress. Dengan menerapkan beberapa hal tersebut stres yang kita rasakan dapat berkurang dan kita bisa hidup lebih sehat. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, saya mohon maaf untuk kesalahan yang ada pada tulisan, cukup sekian dan terima kasih. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Cari Artikel di Sini


7 Tips Hilangkan Stress Dengan Manajemen Stress | Admin | 4.5
%d bloggers like this: