Pengertian Manajemen Strategi, Tujuan dan Manfaatnya

Manajemen Strategi – Pengertian manajemen strategi adalah analisis sistematis dari faktor pada lingkungan eksternal dan lingkungan internal untuk memberikan dasar dalam manajemen yang optimal.

Dalam perang hal yang paling menentukan kemenangan adalah pemanfaatan strategi yang digunakan. Walaupun hanya dengan strategi yang ringan, jika panglima perang handal menggunakan strategi tersebut kemenangan bukan hal yang mustahil.

Tidak hanya dalam perang, strategi yang efektif juga akan mengantarkan kita pada keberhasilan. Begitu juga jika dalam bisnis kita menggunakan strategi yang tepat sudah pasti keuntungan berlipat. Tapi bagiamana bisa menentukan strategi yang tepat?.

Salah satu caranya adalah dengan manajemen strategi. Apa itu manajemen strategi? dan bagaimana manajemen strategi bisa memeberi kita strategi yang tepat?. Semuanya akan kita jawab dalam artikel ini, bersama kita akan tahu semua tentang manajemen strategi.

Artikel Lain : Cara Mendapatkan Ribuan Add Friend Facebook

Pengertian Manajemen Strategi

Strategic Management atau manajemen strategi sendiri adalah analisis sistematis dari faktor pada lingkungan eksternal dan lingkungan internal untuk memberikan dasar dalam manajemen yang optimal (businessdictionary.com).

Strategi bisa juga kita artikan sebagai arah umum yang ditentukan perusahaan dan berbagai komponen untuk mencapai keadaan yang diinginkan di masa depan. Strategi merupakan hasil dari proses perencanaan strategis rinci yang melibatkan berbagai proses.

Jadi secara umumnya kita bisa pahami kalau manajemen strategi ini merupakan pelaksanaan dan perumusan tujuan utama perusahaan berdasarkan keadaan perusahaan dan lingkungan. Gampangnya kita mengelola apa yang kita miliki untuk nantinya dimanfaatkan dengan strategi agar sesuai dengan tujuan kita.

Artikel Lain : 8 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan & Tips Sukses

Tujuan dan Manfaat Manajemen Strategi

Manajemen strategi memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah untuk menjalankan dan mengevaluasi efektifitas dan efisiensi strategi yang sudah dipilih. Misalnya mengevaluasi kinerja, menyesuaikan strategi dengan lingkungan, dan merevisi setiap penyimpangan atau kesalahan yang ada saat pelaksanaan strategi.

Selain itu manajemen strategi dapat digunakan untuk meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman bisnis yang ada. Sehingga perusahaan bisa melakukan inovasi produk atau barang yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Dikutip dari pengertianku.net, jika kita menggunakan manajemen strategi kita akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Salah satunya kita bisa mendapatkan keputusan terbaik karena ada banyak elemen yang masuk dalam proses manajemen.

Artikel Lain : Pengertian Manajemen Konflik dan 6 Tekniknya

Melalui manajemen strategi ini juga perusahaan akan semakin fleksibel menghadapi perubahan yang terjadi terutama ancaman dan masalah dari luar. Manfaat lain yang terlihat adalah dalam segi kinerja. Karyawan dan seluruh aktivitas operasional akan lebih produktif dan efisien sehingga perusahaan akan lebih profitable.

Proses Manajemen Strategi

Inti dari proses manajemen strategis adalah mendefinisikan strategi organisasi. Hal ini juga didefinisikan sebagai proses dimana manajer membuat pilihan dari serangkaian strategi untuk organisasi yang paling memungkinkan untuk mencapai kinerja yang lebih baik.

Selain itu manajemen strategis merupakan proses yang berkesinambungan artinya setiap langkahnya bertujuan untuk memenuhi semua target pada masa sekarang dan masa depan. Mulai dari segi organisasi, lingkungan, dan pesaing kemudian menganalisa kembali strategi yang ada.

Artikel Lain : Pengertian Konsultan Manajemen serta Pentingnya dalam Perusahaan

4 Langkah Manajemen Strategi

Mengevaluasi Lingkungan

Langkah ini mengacu pada proses pengumpulan, meneliti dan memberikan informasi yang sesuai dengan tujuan strategis. Hal ini membantu dalam menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi organisasi. Karena lingkungan terus berubah, maka proses ini harus dievaluasi secara berkala agar lebih baik.

Merumuskan Strategi

Langkah selanjutnya adalah merumuskan strategi. Proses ini memutuskan tindakan yang terbaik untuk mencapai tujuan organisasi. Setelah melakukan evaluasi lingkungan, manajer merumuskan bagaimana tindakan perusahaan, bisnis dan strategi fungsional yang akan digunakan.

Menerapkan Strategi

Implementasi strategi berarti membuat strategi bekerja dengan seharusnya atau dalam arti lain mengeksekusi strategi yang telah dipilih. Implementasi strategi ini meliputi merancang struktur organisasi, mendistribusikan sumber daya, mengembangkan proses pengambilan keputusan, dan mengelola sumber daya manusia.

Artikel Lain : 5 Strategi Pemasaran Jitu Untuk Produk Baru

Mengevaluasi Strategi

Evaluasi strategi adalah langkah akhir dari proses manajemen strategi. Kunci dari evaluasi strategi adalah: menilai faktor internal dan eksternal yang merupakan akar dari strategi ini, pengukuran kinerja, dan mengambil perbaikan / korektif tindakan. Evaluasi memastikan bahwa strategi organisasi serta implementasinya memenuhi tujuan organisasi.

Saat membuat rencana manajemen strategis baru langkah-langkah ini harus dilakukan dalam urutan. Kebanyakan bisnis yang telah membuat rencana manajemen strategis akan kembali ke langkah-langkah tertentu sesuai kebutuhan situasinya, sehingga mampu membuat perubahan penting dalam bisnisnya.

Selain itu dalam managementstudyguide.com disebutkan bahwa manajemen strategis adalah proses yang berkelanjutan. Oleh karena itu, harus disadari bahwa setiap komponen berinteraksi dengan komponen lain dan bahwa interaksi ini sering terjadi dalam rangkaian.

Artikel Lain : Management & Marketing : Manajemen Pemasaran #1

Nah itulah tadi sedikit tentang manajemen strategi. Dengan mengamati keadaan dan mengambil langkah yang sesuai target kita bisa tercapai. Sehingga banyak sekali kemungkinan strategi yang bisa mengantarkan bisnis kita mencapai tujuannya. Saya cukupkan sekian, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat.

Apabila anda memiliki pertanyaan, kritik atau saran, dapat anda sampaikan melaui kotak komentar yang tersedia. Saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: