Pengertian Manajemen Pemasaran, Unsur dan Fungsinya

Manajemen Pemasaran – Pengertian manajamen pemasaran adalah proses menganalisa, merencanakan, melaksanakan serta pengawasan terhadap program yang mana ujuannya untuk menimbulkan pertukaran dangan pasar yang akan dituju dengan maksaud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan secar singkta mangenai manajemen pemasaran. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak penjelasan berikut ini.

Menurut Dharmmesta & Handoko, 1982 mendefinisikan manajamen pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Dalam proses manajemn pemasaran dimulai sejak sebelum memproduksi serta tidak berakhir saat penjualan.

Pendapat dari Kotler, 1980, manajemen pemasaran merupakan menganalisa, merencanakan, melaksanakan serta pengawasan terhadap program yang mana tujuannya untuk menimbulkan pertukaran dangan pasar yang akan dituju dengan maksaud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Artikel Lain : Apa Itu Manajemen Fungsional?

Bila ada perusahaan yang menyadari bahwa pemasaran merupakan faktor yang amat penting bagi kesuksesannya, akan menemukan caar serta falsafah yang baru untuk terlibat disalamnya.

Manajemen pemasaran

waktu sama dengan uag (image : google)

Dalam hal ini pemasaran dapat memberikan dampak kepuasan konsumen terhadap keinginnya.

Manurut Stanton (1978) Konsep pemasaran merupakan sebuah flasafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi serta sosial ubtuk kelangsungan hidup dari perusahaan.

Dalam konsep pemasaran in mempunyai tiga unsur besar yang terkandung didalamnya, yaitu :

  1. Orientasi pada pelanggan
  2. Penyusunan dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan secara integral
  3. Kepuasan terhadap pelanggan

Sedangkan untuk fungsi pemasaran sendiri adalah aktivitas yang dilakukan pada setipa bisnis yang terlibat kedalam menggerakkan produk dari produsen sampai pada konsumen. (William J.Shultz)

Seperti yang diutarakan oleh Sofjan Assauri (1987:19) fungsi pemasaran diklasifikasikan menjadi tiga yaitu:

    1. Fungsi penjualan serta pembelian
    2. Fungsi suply fisik, yaitu menyangkut distribusi serta penyimpanan
    3. Fungsi penunjang, yaitu pengamanan, standarisasi serta grading, penanggungan terhadap resiko yang ada, informasi pasar, serta keuangan.

Dalam artikel ini akan lebih menyoroti fungsi pemasaran seperti berikut ini:

  1. Fungsi pembelian, dalam fungsi pembelian ini merupakan fungsi agar dapat mengikuti kegiatan untuk mencari dan juga mengumpulkan produk yang dibutuhkan sebagai persedian untuk pemenuhan kebutuhan konsumen.

Pada dasarnya merupakan sebuah akativitas muntuk mencari penjual serta merupaakn sebuah titik bali dari aktivitas penjualan.

  1. Fungsi penjualan, dalam hal ini fungsu penjualan didefinisikan sebagai aktivitas yang dijalankan agar dapat mencari colon konsumen produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan dengn tujuan mendapatkan laba.
  2. Fungsi tranportasi, merupakan kegiatan untuk pemindhan produk dari wilayah satu ke wilayah yang lainnya.
  3. Fungsi penyimpanan, yaitu fungsi / kegiatan untuk penyimpana produk yang telah dibeli hal ini dilakukan sebagi persediaan agar dpat menghindari adanya kerusakan ataupun resiko lainnya.
  4. Fungsi informasi pasar, fungsi ini sifatnya sangat luas serta fungsi yang palin penting. Hal ini disebebkan fungsi ini emeberikan informasi tentang situasi serta kondisi perdanagan ang masih sangat umum yang mana masih ada hubungn dengan produk tertentu, serta harga jual yang diinginkan konsumen dan juga semua kondisi pasar.

Artikel Lain : 3 Langkah Mudah Manajemen Gaji dengan Benar

Sedangkan meurut Sofjan Assauri (1987:303) informasi merupakan keterangan yang sifatnya fakta, data maupun hasil dari analisis, pertimbanagn maupun sebuah pandangan dari pemberi informasi.

Hal tersebut berkaitan dengan kondisi secara langsung terhadap kebutuhan untuk pengabilan suatu keputusan ataupun kebijakan dari manajemen.

Semua yang telah dituliskan diatas harus dapat dikuasai oleh kita serta dapat diterapkan oleh pihak manajemen pemasaran itu sendiri, walaupun teorinya sudah benar tapi masih ada kendala yang tidak terduga sebelumnya.

Dengan memahami secara lengkap fungsi manajemen nantinya dapat menjadi bahan dasar buat kita menentukan strategi pemasaran yang akan diterapkan serta untuk mengoptimumkan semua peluang yang ada.

Dikutip dari wikipedia.com

 

Cari Artikel di Sini


Pengertian Manajemen Pemasaran, Unsur dan Fungsinya | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: