Apa itu Manajemen Organisasi? Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

Manajemen Organisasi – Pengertian manajemen organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan. Tujuan tersebut dapat bermacam-macam tergantung dengan organisasinya.

Sebelumnya kita telah menyinggung sedikit mengenai organisasi dalam artikel manajemen koperasi. Dari mana hubungannya? Ini karena koperasi merupakan salah satu bentuk dari organisasi. Lalu apa sebenarnya definisi organisasi itu?

Seperti yang dikutip dari managementstudyguide.com, organisasi adalah sekumpulan orang dari berbagai latarbelakang berbeda yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Ciri dari organisasi adalah setiap anggotanya harus bekerja dalam koordinasi yang dekat satu sama lain. Tidak lain gunanya untuk mencapai tujuan organisasi.

Jadi sangat penting untuk mengelola setiap anggotannya merasa sangat diperlukan dalam organisasi. Untuk mencapai hal tersebut maka digunakanlah yang namanya manajemen organisasi. Manajemen organisasi mampu memicu kemampuan terbaik dari anggota sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada organisasi.

Artikel Lain : 3 Tingkatan Manajemen Perubahan, Pengertian dan Tugasnya

Manajemen organisasi juga bisa menumbuhkan rasa loyalitas dan kebersamaan setiap anggota bagi organisasi tersebut. Tapi, sebelum lebih jauh mengetahui keuntungan dan bagaimana manajemen organisasi itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu manajemen organisasi.

Manajemen Organisasi

Apa itu Manajemen Organisasi?

Dari businessdictionary.com disebutkan bahwa manajemen organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan. Tujuan tersebut dapat bermacam-macam tergantung dengan organisasinya.

Manajemen organisasi mengacu pada seni bagaimana membuat orang bekerja bersama-sama pada platform yang sama. Agar mereka mau bekerjasama untuk menuju tujuan yang telah ditentukan bersama. Dengan sebuah manajemen yang efektif tentu akan menjamin profitabilitas bagi organisasi.

Artikle Lain : 2 Strategi Fleksibilitas Harga

Manajemen organisasi juga memungkinkan penggunaan optimal dari sumber daya yang dimiliki organisasi melalui perencanaan dan pengendalian teliti di tempat kerja. Selain itu juga setiap individu akan sangat menyadari peran dan tanggung jawab mereka serta tahu apa yang harus mereka lakukan dalam organisasi.

Jadi mudahnya manajemen organisasi itu mengacu pada penanganan yang efisien dari organisasi serta karyawannya. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah mencapai tujuan bersama organisasi.

Tujuan Manajemen Organisasi

Tujuan adanya manajemen organisasi ini adalah untuk memberikan rasa aman dan kesatuan kepada karyawan. Sehingga dalam kinerjanya dapat lebih efektif terutama saat melakukan koordinasi ke berbagai departemen.

Artikel Lain : 9 Point Penting Marketing Revolution Tung Desem Waringin

Manajemen organisasi yang efektif mengarah ke suasana damai dan positif di tempat kerja. Karyawan menyelesaikan tugas-tugas dalam jangka waktu yang ditetapkan dan karyawan tetap setia terhadap pekerjaan mereka dan tidak memperlakukan pekerjaan sebagai beban merupakan salah satu hasilnya.

Fungsi Manajemen Organisasi

Manajemen Organisasi memiliki fungsi yang beragam. Jika kita lihat dari alurnya maka manajemen operasi akan memilki tujuh buah fungsi utama.

Tujuh fungsi tersebut diantaranya perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepegawaian (staffing), pengarah (lead), kontrol (control), manajemen waktu (time management), dan motivasi (motivation).

Artikel Lain :Cara Optimalkan Waktu Menjadi Lebih Bermanfaat

Perencanaan (Planning)

Manajemen organisasi dapat berfungsi untuk mempersiapkan rencana bisnis yang efektif. Hal ini sangat penting untuk menentukan langkah dimasa depan supaya terhindar dari kebingungan di kemudian hari.

Hal yang berkaitan dengan perencanaan ini meliputi rencana kerja atau kegiatan serta anggaran yang diperlukan. Teknis perencanaannya bisa ditentukan melalui rapat-rapat kepengurusan atau rapat anggaran.

Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian ini mengacu pada kebijakan penggunaan sumber daya untuk mencapai yang terbaik dari karyawan.
Fungsinya adalah agar dalam prakteknya dapat tertata dengan baik sehingga tidak terjadi kerancuan terutama dalam koordinasi.

Artikel Lain : Free 8 Tutorial Facebook Marketing Lengkap

Contohnya adalah job description yang jelas sesuai dengan posisi atau pengelolaan arsip dan inventaris organisasi seperti surat-surat atau yang lainnya.

Kepegawaian (Staffing)

Manajemen organisasi yang buruk menyebabkan karyawan tidak bahagia yang akhirnya menciptakan masalah bagi diri sendiri maupun organisasi. Karena itu manajer harus bisa merekrut bakat yang tepat bagi organisasi.

Caranya adalah dengan melakukan rekrutmen untuk calon pegawai yang sesuai dan melakukan derekrutmen atau pengurangan pegawai bagi anggota yang memberikan pengaruh buruk bagi organisasi. Kriteria sesuai atau tidaknya dapat ditentukan melalui proses seleksi yang diadakan.

Artikel Lain : Cara Mendapatkan Ribuan Follower Twitter Gratis

Pengarahan (Lead)

Fungsi manajer atau atasan dalam organisasi salah satunya adalah menetapkan target yang jelas untuk anggota tim. Tujuannya agar setiap kegiatan anggotanya dapat terarah.

Seorang pemimpin juga harus memastikan anggota timnya bekerja secara serempak menuju tujuan yang sama. Karena dia adalah orang yang memutuskan apa yang tepat dalam situasi tertentu.

Kontrol (Control)

Karena atasan yang memegang kuasa pengambilan keputusan, maka ia harus bisa menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka. Jika tidak maka ia tidak bisa mengambil kontrol dalam organisasi.

Artikel Lain : 4 Langkah Mudah Ganti Username Twitter

Tingkatan kekuasaan ini harus didefinisikan dengan baik agar bisa melakukan manajemen yang efektif. Selain itu manajer harus melakukan tinjauan kinerja dan kemajuan setiap anggota dan membimbing mereka setiap kali diperlukan.

Manajemen Waktu (Time Management)

Salah satu cabang manajemen organisasi yang juga penting adalah manajemen waktu. Dengan manajemen waktu yang efektif, tentu dapat membantu karyawan untuk melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat. Manfaat dari manajemen waktu ini akan terasa setalah diterapkan pada masa yang lama.

Motivasi (Motivation)

Manajemen organisasi juga memiliki fungsi sebagai motivasi. Motivasi dalam artian menjadikan karyawan mampu bekerja bersama-sama.

Artikel Lain : 5 Tips Sukses Usaha Cafe

Bentuk motivasi yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan menghargai pekerjaan baik  dari karyawan dengan memberikan insentif. Dengan begitu karyawan atau anggota dapat lebih giat dan merasa semakin betah dalam organisasi.

Nah itulah tadi sedikit mengenai manajemen organsasi yang bisa kita terapkan. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Saya cukupkan sekian dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, terima kasih banyak.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: