Pain Management Mudah Tanpa Obat-obatan

Manajemen Nyeri Non Farmakologi – Pengertian manajemen nyeri non farmakologi adalah upaya mengelola sakit atau nyeri yang dirasakan tanpa menggunakan obat-obatan yang biasanya menggunakan pengobatan alternatif.

Pada umumnya saat kita mengalami nyeri, pasti kita berharap kepada perawat agar rasa nyeri kita berkurang atapun menghilang. Akan tetapi bagi seorang perawat bukan pekerjaan mudah untuk melakukan hal itu.

Menurut The Internasional Association for the Study of Pain (IASP), mendefinisikan nyeri sebagai fenomena kombinasi dari aspek sensori, emosional, kognitif serta eksistensi dari keadaan pathology fisik tidaklah mutlak muncul pada pasien yang sedang mengalami nyeri.

Dalam manajemen nyeri (pain management) merupakan salah satu cabang ilmu medis yang berkaitan dengan upaya menghilangkan atau meringankan rasa nyeri (pain relief). Nah salah satu menggunakan pendekatan farmolkologikal (pain modifiers) serta non farmakologikal serta psikologikal.

Nah kita hanya akan membahas tentang manajemen nyeri non farmakologial saja, menurut kutipan dari https://windyasih.wordpress.com, manajemen nyeri non farmakologikal merupakan upaya dalam mengatasi ataupun menghilangkan nyeri dengan pendekatan non farmakologi.

Nah upaya yang digunakan dapat berupa distraksi, relaksasi, message, dan lainnya. Berikut ini merupakan penjelasannya.

1.Distraksi

Merupakan teknik yang mana dilakukan agar mengalihkan perhatian klien dari nyeri. Ada beberapa teknik distraksi yang dapat kita lakukan.

  • Melakukan aktivitas yang sanagt disukai, seperti halnya membaca, menulis, ataupun mewarnai.
  • Melakukan pengompresan hangat pada bagian yang nyeri.
  • Bernafas secara lembut serta berirama secara teratur.
  • Menyanyi berirama serta menghitung ketukannya.

2.Therapi musik

Merupakan suatu proses interpersonal yang mana digunakan agar mempengaruhi keadaan fisik, emosional, mental, estetik serta spiritual agar dapat membantu kita meningkatkan atau mempertahankan kesehatan yang kita punyai.

Manajemen Nyeri Non Farmakologi

tulang telapak tangan normal dan terkena penyakit arthritic (image : google)

3.Message atau pijatan

Hal ini digunakan untuk menanipulasi pada jaringan lunak yang mempunyai tujuan untuk mengatasi masalah pada fisik, fungsional ataupun terkadang pada psikologi.

4.Guide Imaginary

Meruapakan upaya yang dilakukan agar mengalihkan persepsi rasa nyeri kita, dengan jalan mendorong kita untuk berkhayal dengan bimbingan.

5.Relaksasi

Teknik ini biasanya didasarkan pada keyakinan bahwa tubuh berespon pada ansietas yang merangsang pikiran karena nyeri atau kondisi penyakitnya. Taknik ini juga berguna untuk menurunkan ketegangan fisiologis.

Teknik ini utamanya membutuhkan posisi yang paling nyaman buat kita, serta dilengkapi dengan lingkungan yang begitu tenang. Dalam teknik relaksasi ini mempunyai banyak jenisnya, salah satunya adalah relaksasi autogenic.

Biasanya teknik relaksasi ini banyak kita pilih karena mudah kita lakukan dan juga tidak mempunyai resiko besar.

6.Akupuntur

Merupakan teknik pengobatan tradisonal yang mana asalnya dari Cina untuk memblok chi dengan menggunakan jarum serta menusukkannya ke titik-titik tubuh ttertentu. Hal ini bertujuan untuk menciptakan keseimbangan yin dan yang.

Nah begitulah penjelasan tentang manajemen nyeri non farmakologikal, semoga bermanfaat bagi kita. Terima kasih telah membaca artikel kami. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

 


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: