Tips Ampuh Manajemen Waktu untuk Mahasiswa

Manajemen Waktu Mahasiswa – Pengertina manajemen waktu mahasiswa adalah cara mengelola atau mengatur waktu kegiatan yang dilakukan mahasiswa agar perkuliahan dan kegiatan lainnya tidak saling mengganggu.

Kita tahu bahwa mahasiswa mempunyai aktivitas yang cukup bnayak diluar rutinitas kuliah. Akan tetapi mahasiswa juga dituntut untuk mempunyai tanggung jawab untuk setipa aktivitas mereka.

Setiap mahasiswa juga mempunyai aktivitas yang berbeda-beda sehingga mahasiswa tidak dapat mencontoh mahasiswa lain untuk mengatur waktu mereka. Akan tetapi ada beberapa tips yang dapat dijalankan oleh mahasiswa untuk mengatur waktu mereka.

Bila tengok aktivitas mereka dapat berupa kuliah, kegiatan diluar kampus, mengerjakan tugas, organisasi, belum lagi ada mahasiswa yang sudah nyambi kerja. Bila kita lihat aktivitas mereka cukup sulit untuk menjadi seorang mahasiswa?

Artikel Lain : Ingin Sukses Bertani? Gunakan Tips Manajemen Berikut!

Apalagi kita sampai mengesampingkan kuliah kita, maka hal tersbut malah akan memperlama masa studi kita sendiri. hal ini juga terjadi pada saat kegiaytan sedang banayk yang mana dapat mengakibatkan sorang mahasiswa menjadi malas untuk mengerjakan tugasnya.

Hal itu bertolak belakang dengan keinginan orang tua yang ingin anaknya cepat lulus dari kuliahnya. Untuk itu kita sebagai seorang mahasiswa harus mempunya manajemen waktu yang baik agar dapat melakukan segala aktivitas yang segudang tersebut.

manajemen waktu mahasiswa

orang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda (image : google)

Nah ini ada beberapa tips agar kita dapat memanajemen waktu aar tak menunda-nunda aktivitas serta pekerjaan kita.

Artikel Lain : 3 Level Tingkatan Manajemen

1.Buatlah jadwal waktu untuk diri sendiri

Kita juga perlua meluangkan waktu sejenak untuk meneyendiri serta menghindari rutinitas oraganisasi yang membuat kita penat. Kita dapat menyendiri dalam kamar kita kita tanpa ada gangguan dari siapapun.

Bila didengar hal itu mengerikan, akan tetapi hal itu penting dilakukan agar kita tidak bosan dengan rutinitas kita sendiri.

2.Buatlah perencanaan

Kita juga dapat menulis setiap tuga-tugas kita, kegiatan, ataupun jadwal kerja kita. Kita dapat menggunakan selembar kertas kecil untuk menuliskan segala aktivitas kita. Baik itu terperinci dari makan, tidur, mengerjakan tugas, dan lainya.

Hal itu terlihat sepele, tapi hal itu akan bisa kita untuk tidak menunda-nunda semua aktivitas kerja kita. Dan lama-kelamaan kita juga aka terbiasa untuk melakukan semua aktivitas dengan tepat waktu.

Artikel Lain : 8 Prinsip Utama Dalam Manajemen Mutu

3.Buatlah skala prioritas

Kita juga pasti tahu bahwa semua aktivitas kita mempunyai skala prioritas yang berbeda. Sehingga kita harus pandai-pandai untuk mengatur jadwal aktivias sesuai denga skala prioritas yang kita butuhkan.

Tapi jangan lupa kuliah merupakan prioritas utama ya, karena tujuan kita jauh-jauh merantau kan ingin kuliah dan mencari ilmu bukan lainnya. Denag kita mendapat nilai yang bagus orang tua bisa bangga terhadap kita kan.

4.Selalau uptude informasi dari dosen

Bila kita aktif dalam sebuah organisasi dapat berakibat kita tertinggalnya informasi dalam perkuliahan. Untuk menghindari hal tersebut kita dapat menjalin hubungan yang baik terhadap dosen.

Dengan menjalin hubungan yang baik tersebut diharapkan dosen dengan senang hati memberi informasi penting yang mungkin belum kita ketahui. Baik itu dalam tugas, kuliah pengganti, dan sebagainya.

Demikianlah tips agar kita dapat mengatur waktu, sehingga kita dapat menjalankan segala aktivitas kita yang segudang. Terimakasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.

Cari Artikel di Sini


Tips Ampuh Manajemen Waktu untuk Mahasiswa | Admin | 4.5
%d bloggers like this: