9 Manfaat Manajemen Logistik dan Pengertiannya

Manajemen Logistik – Pengertian manajemen logistik adalah adalah penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam operasional logistik agar barang dan personil bergerak secara efisien dan dengan biaya efektif biaya.

Berbicara soal logistik tidak akan jauh dari namanya persediaan. Kata logistik memang memiliki kedekatan dengan persediaan. Arti kata logistik sendiri masih terikat dengan persediaan. Dalam kbbi logistik berarti pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan perlengkapan, perbekalan, dan ketenagaan.

Lalu apa lagi hubungannya? karena arti kata logistik dapat diartikan pengadaan, maka logistik juga memiliki hubungan dengan manajemen persediaan. Dalam artikel mengenai manajemen persediaan disebutkan kalau manajemen persediaan ini merupakan kegiatan untuk menjaga jumlah persediaan.

Nah untuk menjaga jumlah tersebut dilakukanlah manajemen logistik sebagai bentuk pengadaaan barang. Supaya lebih jelas berikut ini penjelasan mengenai apa itu manajemen logistik dan bagaimana prosesnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Lain : Apa itu Manajemen Pendidikan Islam? Pengertian dan Fungsinya

Manajemen Logistik

Pengertian Manajemen Logistik

Sebagai awal mari kita lihat lebih jauh mengenai arti dari logistik menurut pakar yaitu John J. Coyle et al. Beliau mengartikan logistik sebagai cara bagaimana mendapatkan produk yang tepat, untuk pelanggan yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dengan kondisi yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan pada biaya yang tepat.

Jadi bisa kita artikan manajemen logistik merupakan cara mengelola berbagai hal tersebut. Menurut businessdictionary.com sendiri manajemen logistik adalah penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam operasional logistik agar barang dan personil bergerak secara efisien dan dengan biaya efektif biaya.

Manajemen logistik yang terlaksana dengan baik akan membantu perusahaan mengurangi biaya dan meningkatkan layanan pelanggan. Sehingga menjadi semakin produktif dan meningkatkan profit perusahaan.

Artikel Lain : Prinsip Dasar Ekonomi Manajemen dan Pengertiannya

Fungsi Manajemen Logistik

Setiap kegiatan pasti memiliki fungsi tidak terkecuali manajemen logistik. Sedikit berbeda dengan manajemen lainnya, manajemen logistik ini memiliki tujuh buah fungsi.

Tujuh fungsi tersebut adalah fungsi perencanaan dan penentuan kebutuhan, penganggaran, pengadaan, penyimpanan dan penyaluran, pemeliharaan, dan fungsi penghapusan

Fungsi Perencanaan dan Penentuan Kebutuhan Manajemen Logistik

Dalam fungsi ini seorang manajer melakukan perencanaan dan penentuan kebutuhan dari suatu kegiatan. Ia harus mampu merencanakan barang apa saja dibutuhkan dan menentukan barang mana yang benar-benar diperlukan.

Artikel Lain : Info Lengkap Manajemen Konstruksi

Dalam membuat penentuan benda benda seoprang manajer harus mampu menyesuaikannya dengan anggaran dan perhitungan lainnya.

Fungsi penganggaran Manajemen Logistik

Nah barang-barang yang telah ditentukan tadi harus diperhitungkan jumlah pengeluarannya. Tujuannya agar pengadaan barang sesuai dengan anggaran yang dimiliki dan jika anggaran tidak sesuai dengan keperluan maka dilakukan perubahaan pada perencanaan.

Fungsi Pengadaan Manajemen Logistik

Meskipun anggaran tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan barang dan tidak ada solusi lain, barang tersebut harus tetap diadakan. Disinilah tugas dari seorang manajer logistik untuk berpikir bagaimana caranya pengadaan barang tetap dapat dilakukan meskipun dengan anggaran yang tidak sesuai.

Artikel Lain : Ini Dia 5 Fitur Terbaik di Twitter

Fungsi Penyimpanan dan Penyaluran Manajemen Logistik

Disini seorang manajer bertugas untuk menyimpan sebaik-baiknya barang-barang yang telah di kumpulkan dan setelah itu disalurkan kepada seksi bidang yang lainnya atau panitia lain yang membutuhkan benda tersebut. Dalam fungsi ini prosesnya memiliki hubungan dengan manajemen persediaan.

Fungsi Pemeliharaan Manajemen Logistik

Barang-barang yang sudah dimiliki harus dipelihara dengan baik. Disini lah fungsi sebagai seorang manajer untuk mengelola perawatan barang yang telah, akan atau belum dipakai, agar tidak rusak dalam penyimpanannya. Proses inipun masih berhubungan dengan manajemen persediaan.

Fungsi Penghapusan Manajemen Logistik

Fungsi ini terlihat ketika terjadi kerusakan pada barang inventaris. Manajeer harus mampu mengatasi kerusakaan tersebut bagaimanapun caranya, baik itu dengan membeli ulang bahan serupa ataupun dengan menggantinya dengan barang lain.

Artikel Lain : Cara Membuat Kategori dan Tags di WordPress

Fungsi Pengendalian Manajemen Logistik

Inilah fungsi yang paling penting dimana seorang manajer harus senantiasa mengendalikan semua fungsi diatas dengan baik. Selain itu ia juga harus mengendalikan proses yang berjalan agar tetap sesuai dengan jalurnya.

Manfaat Manajemen Logistik

Dengan pelaksanaannya manajemen logistik ini akan memberikan manfaat bagi perusahaan dalam sembilan bidang berbeda. Sembilan bidang tersebut adalah persediaan, transportasi, fasilitas, layanan, manajemen dan administrasi, inbound transportasi, outbound transportasi, kemampuan pemecahan masalah, dan pemberian informasi pelanggan.

1. Persediaan

Melalui manajemen logistik sudah pasti persediaan yang kita miliki akan tetap terjaga. Dengan begitu kebutuhan dari perusahaan terus terpenuhi sehingga perusahaan mampu beroperasi dengan baik.

Artikel Lain : Info Lengkap Manajemen Perkantoran: Proses, Fungsi dan Ruang Lingkup

2. Transportasi

Salah satu fungsi dari manajemen logistik ini adalah penyaluran barang. Untuk itu perusahaan harus memiliki layanan transportasi sendiri. Transportasi yang dimiliki ini akan membantu mobilitas perusahaan.

3. Fasilitas

Selain transportasi agar manajemen logistik dapat optimal perusahaan harus memiliki fasilitas yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan manajemen logistik ini perusahaan akan memiliki fasilitas yang mendukung.

4. Layanan

Dalam manajemen logistik juga sudah termasuk pelayanan seperti Costumer Service dan berbagai hal yang mencakup pelayanan terhadap pelanggan.

Artikel Lain : Apa bedanya Online Marketing Vs Digital Marketing ?

5. Manajemen dan Administrasi

Tentu saja dengan menerapkan manajemen logistik, bagian manajemen dan administrasi akan sangat terbantu. Selain karena persediaan tertata dengan baik, pelayanan dan pencatatan informasi pun semakin teratur.

6. Inbound Transportasi

Inbound transportasi ini mengacu pada pergerakan barang dan bahan baku dari pemasok ke perusahaan. Dengan manajemen logistik perusahaan akan mendapatkan pemasok yang terbaik dan sesuai dengan perusahaan.

7. Outbound Transportasi

Jika inbound bergerak ke perusahaan kita, outbound transportasi berarti bergerak ke pelanggan. Artinya penyaluran barang dari perusahaan ke pelanggan. Nah manajemen logistik ini menjamin pelayann dan pengiriman terlaksanan dengan baik sehingga kepercayaan pelanggan terjaga dan transaksi berjalan.

Artikel Lain : Marketing Analysis, Cara Tepat Tingkatkan Produktifitas

8. Kemampuan Pemecahan Masalah

Dengan memanfaatkan manajemen logistik, perusahaan akan mampu menghadapi permasalahan yang tidak biasa. Permasalahan seperti keinginan pelanggan yang sulit dipenuhi dan lain sebagainya.

9. Pemberian Informasi Pelanggan

Pelanggan juga memiliki hak untuk mengetahui rincian tentang pengiriman. Nah dalam manajemen logistik telah tersedia infomasi yang bisa dierikan perusahaan kepada pelanggan terkait pengiriman. Sehingga perusahaan terhindar dari permasalahan pengiriman dengan pelanggan.

Itulah tadi sedikit mengenai manajemen logistik. Semoga dapat bermanfaat, saya mohon maaf atas kesalahan yang ada dalam tulisan. Saya cukupkan sekian dan terima kasih, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Cari Artikel di Sini


9 Manfaat Manajemen Logistik dan Pengertiannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: