Definisi Manajemen Kewirausahaan (Manajemen Bisnis dan Usaha)

Manajemen Usaha dan Bisnis– Pengertian manajemen usaha dan bisnis adalah proses mengelola untuk menciptakan sesuatu yang baru (lain alias berbeda dengan yang telah ada), dengan menggunakan suatu modal baik waktu, tenaga ataupun uang beserta resiko yang mungkin akan terjadi dengan tujuan untuk mencapai kepuasan, keuntungan serta kebebasan pribadi.

Kita sering membahas tentang manajemen, kita ulangi lagi manajemen merupakan semua aktivitas manusia dalam sebuah organisasi dengan menggunakan sumber daya serta fasilitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu. (Baca : Pengertian Manajemen)

Sedangkan kewirausahaan adalah sebuah proses untuk menciptakan sesuatu yang baru (lain alias berbeda dengan yang telah ada), dengan menggunakan suatu modal baik waktu, tenaga ataupun uang beserta resiko yang mungkin akan terjadi dengan tujuan untuk mencapai kepuasan, keuntungan serta kebebasan pribadi.

Manajemen kewirausahaan ini menyangkut semua yang ada dalam perusahaan. Untuk menjadi seorang wirausaha harus punya 4 kompetensi berikut:

  1. Terfokus pada dasar bukannya teknologi
  2. Buat rancangan pendanaan agar terhindar dari defisit keuangan perusahaan
  3. Bangunlah tim manajemen, bukan perorangan
  4. Beri peran tertentu bagi pihak yang ikut mendirikan usaha (co-founder)
mmanajemen kewirausahaan

Wirausaha tidak jauh dari yang namanya resiko dan halangan, karena itulah kuatkan mental dan berjuanglah untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan (image : google)

Manajemen kewirausahaan ini menyangkut dengan lingkungan internal jadi akan menyangkut kemampuan internal serta eksternal agar dapat bersaing dengan menggunakan keputusan yang strategis. Berikut 4 strategi yang sering digunakan oleh wirausaha:

  1. Berada dipasar pertama dengan produk baru (membuat trend dan pasar yang baru, biasanya bersifat monopoli dan absolut)
  2. Membuat produk baru di pasar yang belum terlayani dengan baik
  3. Fokus produk pada segmen pasar kecil namun dapat bertahan (UMKM)
  4. Mengubah produk serta pasar / industri

Untuk strategi pertama saring digunakan akan tetapi banyak resiko. Bila berhasil tinggal mempertahankan kepemimpinan pasar.

Strategi kedua, kreatifitas digunakan untuk dapat menangkap peluang yang ada. Bisanya banyak imitator (orang yang membuat produk imitasi / bajakan) yang hanya memperbaiki produk yang sudah ada agar punya nilai yang lebih.

Ketiga, strategi ini biasanya digunakan pada perusahaan yang berbasis pada inovasi. Yang akan dilakukan perusahaan tersebut adalah mengubah produk yang sudah ada.

Keputusan yang dapat digunakan pada perusahaan sedang berkembang,

  1. Perusahaan produk, manyangkut pertanyaan, apa yang diinginkan konsumen? Perubahan kebutuhan dapat ditentukan tidak?
  2. Strategi yang menyangkut penetrasi serta ekspansi pasar, diversifikasi produk, integrasi regional atau ekspansi usaha
  3. Strategi agar dapat memodifikasi staregi yang sudah ada agar dapat menghadapi persaingan
  4. Penentuan harga dalam jangka pendek atau panjang
  5. Interaksi perusahaan dengan masyarakat luas
  6. Pengaruh pertumbuhan mempengaruhi masalah likuiditas.
  7. Kemampuan untuk memperoleh investor
  8. Analisis Sumber Daya Manusia
  9. Analisis pesaing yang baik

Perencanaan usaha merupakan suatu laporan yang berisi dengan misi, usulan, operasional, rincian usaha serta kemampuan pengelolaan. Sedangkan fungsinya, sebagai pedoman untuk memperoleh tujuan, sebagai alat untuk pengajuan modal dari pihak luar.

Adapun aspek pengelolaan keuangan, sebagai berikut:

  1. Aspek sumber dana, dari intern serta eksternal
  2. Aspek penggunaan serta perencanaan dana, biaya awal, proyeksi keuangan
  3. Aspek pengawasan

Nah berikut ini adalah teknik serta strategi pemasarannya

  1. Perencanaan pemasaran
  2. Bauran pemasaran
  3. Kiat pemasaran usaha baru

Itu tadi adalah sedikit ulasan singkat tentang manajemen bisnis, yang terpenting adalah atur bisnis Anda dengan rapi agar tidak semrawut. Artinya adalah, bisnis itu bersifat dinamis dan fleksibel. Jangan gunakan aturan-aturan baku yang ada, tetapi pahami model bisnis apa yang Anda tekuni. Kemudian tentukan dan temukan sendiri cara manajemen yang efektif dan terapkan di bisnis Anda.

Ilmu manajemen ini sangat penting, karena manajemen ini seperti jantung dari perusahaan. Jika manajemennya tidak kuat dan kokoh maka perusahaan akan bangkrut dalam waktu singkat.

Cari Artikel di Sini


Definisi Manajemen Kewirausahaan (Manajemen Bisnis dan Usaha) | Admin | 4.5
%d bloggers like this: