Apa itu Manajemen Keperawatan? Fungsi, Definisi dan Konsep Dasar

Manajemen Keperawatan –  Pengertian manajemen keperawatan adalah proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui upaya staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan, pengobatan dan rasa aman kepada pasien, keluarga dan masyarakat.

Perawat termasuk salahsatu profesi yang sangat luar biasa. Bayangkan saja, kita hatus merawat orang yang kadang tidak kita kenal dan tidak hanya seorang tapi ratusan bahkan jutaan pasien. Belum lagi saat terjadi keadaan kritis, tenaga perawat akan sangat diperlukan oleh dokter.

Nah agar tidak terlalu berat maka muncullah yang namanya manajemen keperawatan. Apa itu manajemen keperawatan? Jawabannya akan kita ketahui bersama dalam artikel ini. Jadi jangan kemana-mana dan selamat membaca.

Manajemen Keperawatan

Pengertian Manajemen Keperawatan

Menurut beberapa ahli, manajemen keperawatan itu memiliki beberapa pengertian. Pertama, manajemen keperawatan adalah suatu proses bekerja melalui anggota staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan secara profesional (Nursalam, 2007).

Artikel Lain : Cara Mudah Mendapatkan UID Facebook Tersegmen dan Tertarget

Sedangkan menurut Gillies, 1998, dalam tulisan di disiniwinny.blogspot.co.id menyebutkan, manajemen keperawatan adalah proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui upaya staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan, pengobatan dan rasa aman kepada pasien, keluarga dan masyarakat.

Jadi bisa kita simpulkan manajemen keperawatan adalah suatu tugas khusus yang harus untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan serta mengawasi sumber – sumber yang ada sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif.

Fungsi Manajemen Keperawatan

Manajemen keperawatan memiliki beberapa fungsi dalam penerapannya. Diantaranya adalah fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerak (actuating), pengendalian (controlling), dan penilaian (evaluating).

Artikel Lain : Manajemen Produksi, Cara Terbaik Optimalkan Produksi

Fungsi Perencanaan Manajemen Keperawatan

Perencanan yang diperlukan dalam manajemen keperawatan bertitik tumpu pada tujuan apa yang ingin dicapai. Selain itu juga persiapan-persiapan tindakan yang perlu diambil untuk keadaan-keadaan tertentu nantinya.Tujuannya agar tindakan perawat nanti dapat terarah dengan baik.

Fungsi Pengorganisasian Manajemen Keperawatan

Fungsi ini merupakan pengaturan setelah rencana. Jadi manajemen keperawatan juga mengatur dan menentukan pembagian tugas pekerjaannya, macam, jenis, unit kerja, alat – alat, keuangan dan fasilitas.

Fungsi Penggerak Manajemen Keperawatan

Tanda manajemen keperawatan yang berhasil adalah saat mampu menggerakkan orang – orang agar mau atau suka bekerja. Manajemen keperawatan harus mampu menciptakan suasana bekerja bukan hanya karena perintah, tetapi harus dengan kesadaran sendiri, termotivasi secara internal.

Artikel Lain : Bagaimana Perkembangan Ekonomi Belanda? Part 4

Fungsi Pengendalian Manajemen Keperawatan

Karena tugasnya adalah mengelola maka agar tujuan dapat tercapai sesuai dengan rencana harus dilakukan pangawasan pada pelaksanaannya, apakah orang–orangnya, cara dan waktunya tepat. Pengendalian ini juga berfungsi agar kesalahan yang terjadi dapat segera diperbaiki.

Fungsi Penilaian Manajemen Keperawatan

Fungsi ini menunjukan manajemen keperawatan sebagai media pengukuran dan perbandingan hasil – hasil pekerjaan yang seharusnya dicapai.

Prinsip Dasar Manajemen Keperawatan

Dalam pelaksanaannya manajemen keperawatan memegang sepuluh prinsip atau kerangka kerja yang harus dilakukan. Berikut ini sepuluh prinsip yang mendasari manajemen keperawatan

Artikel Lain : Pengertian dan Fungsi Manajemen Koperasi

Pertama, manajemen keperawatan seharusnya sesuai dengan perencanaan. Karena dengan fungsi perencanaan, pimpinan dapat menurunkan resiko pengambilan keputusan, juga pemecahan masalah yang efektif dan terencana.

Kedua, manajemen keperawatan dilakukan dalam time schedule yang efisien. Manajer keperawatan yang menghargai waktu akan menyusun perencanaan yang terprogram dengan baik dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Ketiga, manajemen keperawatan memerlukan pengambilan keputusan yang tepat. Setiap situasi maupun permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan kegiatan keperawatan memerlukan pengambilan keputusan sesuai dengan tingkat manajerial.

Artikel Lain : 3 Tingkatan Manajemen Perubahan, Pengertian dan Tugasnya

Keempat, manajer keperawatan harus selalu mengutamakan segala hal yang menjadi kebutuhan asuh keperawatan dan keinginan pasien. Karena kepuasan pasien merupakan poin utama dari seluruh tujuan keperawatan. Pasien yang puas dan bahagia akan membantu proses pengobatan mereka.

Kelima, manajemen keperawatan harus terorganisir. Pengorganisiran ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi untuk mencapai tujuannya.

Keenam, pengarahan merupakan elemen kegiatan manajemen keperawatan yang meliputi proses pendelegasian, supervisi, koordinasi dan pengendalian pelaksanaan rencana yang telah diorganisasikan.

Ketujuh, manajemen keperawatan juga sebagai media motivasi kerja para perawat. Divisi keperawatan yang baik memotivasi karyawan untuk memperlihatkan penampilan kerja yang baik.

Artikel Lain : 7 Sumber Backlink Berkualitas dan Gratis Untuk SEO Pemula

Kedelapan, manajemen keperawatan selalu menggunakan komunikasi yang efektif. Dengan komunikasi yang efektif maka kesalahpahaman akan berkurang dan memberikan persamaan pandangan, arah dan pengertian diantara pegawai.

Kesembilan, manajemen keperawatan juga mengembangkan kemampuan staf. Pengembangan staf dilaksanakan sebagai upaya persiapan perawat–perawat pelaksana menduduki posisi yang lebih tinggi atau upaya manajer untuk meningkatkan pengetahuan karyawan.

Kesepuluh, pengendalian merupakan elemen manajemen keperawatan yang meliputi penilaian tentang pelaksanaan rencana yang telah dibuat, pemberian instruksi dan menetapkan prinsip–prinsip melalui penetapan standar, membandingkan penampilan dengan standar dan memperbaiki kekurangan.

Artikel Lain :Info Lengkap Giro BII MayBank, Kelebihan dan Fasilitasnya

Nah dari prinsip–prinsip diatas maka para manajer dan administrator dapat bekerjasama dalam perencanaan dan pengorganisasian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Saya kira cukup sekian artikel ini, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat. Saya mohon maaf untuk kesalahan yang ada. Sampai jumpa pada artikel selanjutny dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Apa itu Manajemen Keperawatan? Fungsi, Definisi dan Konsep Dasar | Admin | 4.5
%d bloggers like this: