Manajemen Humas yang Efektif dan 4 Tugas Pokoknya

Manajemen Humas – Pengertian manajemen humas adalah salah satu proses dalam menangani perencanaan, pengorganisasian, mengkomunikasikan dan juga mengkoordinasikan secara serius dan rasional dalam mencapai tujuan bersama bagi sebuah lembaga.

Bila kita dalam sebuah organisasi pasti ada divisi humas (hubungan masyarakat). Dimana divisi ini bertugas dalam menjalin hubungan organisasi dengan masysrakat dimana organisasi itu berada. Itu merupakan artian sederhana dari humas.

manajemen humas

bentuk dari manajemen humas (image : rainbowshine999.blogspot.com)

Dikutip dari kampungwirausaha.com, humas bila dalam istilah asing adalah pubilc relations. Akan tetapi meurut Rachmad Kriyanto penyamaan keduanya kerang tepat. Walupun begitu istilah tersebut terlanjur dipakai dalam menyebutkan Humas dalam masyarakat.

Sedangkan menurut kamus Fund and Wagnel, humas merupakan segenap kegiatan serta teknik yang digunakan sebuah organisasi ataupun individu agar menciptakan atau memelihara suatu sikap serta tanggapan yang baik dari pihak luar terhadap keberadaan dan aktivitasnya.

Maka dapat kita katakan manajemen Humas (public relations) merupakan salah satu proses dalam menangani perencanaan, pengorganisasian, mengkomunikasikan dan juga mengkoordinasikan secara serius dan rasional dalam mencapai tujuan bersama bagi sebuah lembaga.

Menurut M. Sobry Sutikno Humas mempunyai tugas pokok, berikut ini adalah tugas pokok dari Humas:

1. Menjadi perantara dari pemimpin dalam bersosialisasi serta memberikan informasi kepada masyarakat ataupun pihak-pihak lain yang membutuhkan informasi dari organisasi.

2. Membantu pemimpin dalam hal mempersiapkan semua bahan yang berkaitan dengan permasalahan serta informasi yang akan diberikan kepada masyarakat yang menaraik pada waktu tertentu.

3. Membantu pemimpin dalam mengembangkan rencana dan kegiatan lanjutan yang mana berkaitan dengan pelayanan terhadap masyarakat, sebagai salah satu konsekuensi dari komunikasi timbal balik dengan pihak luar untuk menumbuhkan harapan penyempurnaan kegiatan yang dilakukan suatu oraganisasi.

4. Memberikan informasi serta gagasan kepada masyrakat ataupun pihak-pihak lain yang menjadi sasaran dari organisasi.

Maka dapat simpulkan bahwa tugas dari Humas ini sangatlah penting bagi sebuah organisasi, dengan dengan Humas yang baik maka hubungan yang terjalin antara masyarakat dan juga organisasi akan terjali baik. Dengan hubungan baik ini akan memeberikan keuntungan kepada perusahaan dan juga masyarakat.

Untuk itu dibutuhkan orang yang bagus dalam komunikasi dalam posisi Humas ini. Dengan komunikasi yang bagus akan memudahkan Humas dalam memberikan setiap informasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat pun tidak salah persepsi dengan informasi yang diberikan.

Nah demikianlah penjelasan tentang manajemen Humas, semoga dengan informasi tadi menambah wawasan kita tentang manajemen Humas. Terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa pada artikel lainnya.

Cari Artikel di Sini


Manajemen Humas yang Efektif dan 4 Tugas Pokoknya | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: