Definisi Manajemen Global dan Pernanannya dalam ASEAN

Manajemen Global – Pengertian manajemen global adalah evolusi manajemen dari yang dulu hanya “memerintah serta mengawasi” sekarang ini ditambah menjadi “pelatih” bagi semua karyawan agar dapat bersaing secara global.

Bila kita lihat sekarang ini manajemen telah mengalami pergeseran atau perubahan. Dan kita tidak boleh melupakan masa lalu karena itu merupakan bagian dari masa kini dan masa yang akan datang.

Sehingga bila kita lihat perusahan banyak dihadapkan dengan pilihan berhadapan dengan pasar global atau memilih mati.

Untuk hal itu maka perusahaan akan sangat terpaksa untuk mengurangi struktur biaya secara radikal dengan cara merencanakan kembali dan mengurangi berbagai inisiatif yang meningkatkan biaya pada struktur, proses, dan produk (Rhinesmith, 2001).

Untuk itu perusahaan perlu punya karyawan yang dapat melayani pasar lokal sekaligus pasar global. Nah kita juga harus perlu meredefinisi dari fungsi manajer. Yang mana dulu hanya “memerintah serta mengawasi” sekarang ini ditambah menjadi “pelatih” bagi semua karyawan agar dapat bersaing.

Untuk itu manajer perlu mempunyai sejumlah gagasan, ide, strategi serta metode yang mampu membantu orang lain untuk dapat mengkondisikan dalam perubahan budaya. Juga diperlukan dalam perekrutan, pengembangan karier, teknik motivasi, dan lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan dari perusahaan.

Dalam kutipan dari mdr-manajemen.blogspot.co.id, menjelaskan untuk menjadi seorang manajer dapat menjadi manajer global.

Manajemen Global dalam ASEAN

Bila kita lihat sekarang ini dengan adanya pasar bebas ASEAN maka persaingan akan lebih ketat lagi. Sehingga dapat dikatakan bahwa hanya organisasi atau negara yang unggul, efisien, punya akses serta menguasai jaringan yang dapat bersaing serta dapat bertahan.

Hal ini membuat cemas kita tentunya, karena pada saat ini daya saing serta keterbukaan yang dimiliki Indonesia masih rendah. Untuk itu Indonesia harus dapat berbenah untuk dapat bertahan serta bersaing dengan negara lain.

Dalam persaingan pelaku bisnis tak hanya perlu kekuatan serta kelemehan dirinya, tapi juga perlu memanfaatkan peluang dan mampu agar mengatsi ancaman yang akan datang.

Sehingga dengan daya saing serta kesuksesan, perusahaan akan mengetahui dimana posisi kualitasnya yang akan mempu untuk tetap eksis dalam kancah ASEAN. Nah salah satu yang harus punya daya saing adalah manajer.

Manajer mempunyai tugas untuk mengelola sumber daya yang dipunyai oleh sebuah perusahaan agar dapat mencapai semua tujuan yang telah ditetaplan dari awal. Yang mana sumber daya beruapa manusia, bahan baku, modal, perlatan, metode atau kepemimpinan, dan juga informasi.

Yang mana sumber daya tersebut harus dapat dikelola dengan baik dan secara maksimal agar nilai dari perusahaan meningkat. Seorang manajer juga diharapkan untuk dapat mengetahui seberapa ketat tingkat perusahaannya.

Yang mana bila persaingannya ketat, manajer diharapkan semakin cermat dalam mengelola sumber daya yang dipunyai perusahaan, penggunaannya juga harus efisien dan berkesinambungan.

Bila mana kondisi lingkungan bisnis berubah dengan cepat, perusahaan juga harus dapat lebih fleksibel sehingga dapat cepat beradaptasi dalam waktu yang cukup singkat terhadap perubahan.

Dalam perusahaan yang seperti itu diperlukan seorang manajer yang sesuai dengan kondisi persaingan yang sangat ketat. Oleh sebab itu manajer diharapkan punya karakteristik yang fleksibel.

Yang dimaksud dengan fleksibel ialah mampu beradaptasi serta memanfaatlkan sumber daya yang efisien. Dan juga harus punya wawasan global dan didukung dengan mengusai proses decision making, interpersonal relation, serta global setting.

Bila kita lihat maka seorang manajer akan mempunyai sebuah peran sebagai interpersonal roles, informational roles, serta decision roles. Untuk itu informasi akan menjadi sangat berharga terhadap perkembangan bisnis kita.

Untuk itu manajer harus dapat beradaptasi dengan semua informasi yang ada. Dimana saat ini kita dapat menggunakan perkembangan teknologi informasi serta menjadikannya sebagai slah satu solusi daya saing bagi binis kita.

Hal itu terbukti bahwa dengan menggunakan teknologi informasi akan punya daya yang dikelola dengan memanfaatkan teknologi informasi akan punya daya saing handal.

Sekian penjelasan tentang manajemen global semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah membaca artikel kami. Sampai jumpa pada artikel kami yang lainnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: