3 Langkah Mudah Manajemen Gaji dengan Benar

Manajemen Gaji – Pengertian manajemen gaji adalah segala tindakan yang dilakukan agar dana yang dimiliki dapat terkelola dan terbagi secara adil kepada karyawan dalam bentuk gaji.

Pastilah setiap manajemen atau pemimpin akan memperhitungkan berapa gaji yang akan diberikan kepada karyawan. Atau pada usaha yang mana hanya 2 orang dimana orang yang satu modal dan satunya adalah tenaga pasti ada prosentasi gaji diperhutngkan.

Disini akan membahsa manajemen gaji, untuk dapat memafaatkan gaji sampai gaji berikutnya. Anda pernah dengar sistem pembagian 50:30:20? Atau sudah tapi belum menarapkannya?

Sistem ini merupakan salah satu cara yang mana terbukti efektif untuk diterapkan pada perencanaan keuangan anda, ini seperti dijelaskan dalam buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan karya Elizabeth Warren.

Akan tetapi disini pembagian sudah dipotong dengan pajak dan lain-lainnya atau gaju bersih. Seperti dikutip dari duniakaryawan.com bila kita punya gaji sebesar Rp4.000.00,00 maka pembagiannya, sebagi berikut:

1.Pengeluaran Wajib (50%)

Setalah anda mendapat gaji bersih maka sisihkan gaji anda untuk keperluan wajib anda. Seprti pembayaran listrik, air, asuransi dan sebagainya. Besarnya kira-kira 50%, bila kita punya gai Rp4.000.000 maka sebesar Rp2.000.000.

manajemen gaji

orang yang sedang membuat planning manajemen (image : google)

2.Pengeluaran Tambahan (30%)

Setealh anda menyisisihkan gai 50% maka anda juga perlu untuk menyisisihkan sebesar 30% untuk keperluan tambahan. Terus untuk apa?

Keperluan tambahan ini dapat digunakan untuk kegiatan tak terduga, membelikan maianan untuk buah hati, serta tambahan untuk pengeluran waib bila diperlukan.

Nah bila gaji anda RP4.000.000 maka pengeluarana tambahan sebesara RP1.200.000. pastikan bahwa dan ini digunakan saat dana wajib habis, atau ada kebutuhan mendesak.

Artikel Lain : Ingin Tenaga Pengajar Handal? Manajemen Guru Caranya

3.Pengeluaran untuk Investasi atau Tabungan (20%)

Pastilah setiap manusia kana mengalami penuaan dan akhirnya pensiun. Bila anda bekerja di PNS maka tak masalah, tapi kalau swasta maka hal ini perlu diperhatikan.

Kita perlu persiapan untuk mengalami pensiun maka kita perlu menabung untuk dapat bertahan hidup setelah pensiun nanati. Atau dana tersebut digunakan untuk membuka usaha lagi biar mendapat penghasilan.

Sekecil apapun tabungan anda bila rutin maka lama-lama akan besar serta anda akan mendapat manfaat yang besar saat dibutuhkan. Besarnya adalah 20%, bila gaji Rp4.000.000 maka besarnya adalah RP800.000.

Demikian adalah tips untuk mengeloal keuangan anda. Akan tetapi itu hanya sebagia contoh saja, karena semua itu tergantung pada anda semua yang menalankan. Ada juga yang akan menyisishkan 25% untuk menabung, karena itu merupakan penyesuaian dari gaji anda juga.

 

Cari Artikel di Sini


3 Langkah Mudah Manajemen Gaji dengan Benar | Admin | 4.5
%d bloggers like this: