Pembahasan Lengkap Manajemen Forum

Manajemen Forum Pengertian manajemen forum adalah cara untuk mengelola kegiatan diskusi agar mampu berjalan dengan kondusif dan tujuan pelaksanaan diskusi bisa tercapai.

Manajemen bisa diartikan sebuah proses untuk perencanaan, pengorganisasian serta pengawasan untuk pengaplikasian sumber daya dengan efektif. Sedangkan forum bisa diartkan sebagai tempat / wadah untuk berdiskusi / membicarakan hal-hal yang sesuai dengan minat anggotanya.

Forum ada banyak hal seperti dikutip dari dymasgalih.wordpress.com, forum bisa berupa sidang (rapat) atau bisa juga sebuah bentuk penyelesaian masalah yang berhubungan degnan satu lembaga / organisasi sebagai jalan tengahnya.

Istilah forum sendiri suah digunakan sejak jaman Romawi pada masa pemerintahan raja Pompey dan Julius Caesar.  Atau bahkan kemungkinan digunakan sejak romawi berdiri.

Forum sendiri melibatkan banyak orang, tidak mungkin ada sebuah forum jika Cuma ada satu orang didalamnya. Secara umum komponen-komponen forum adalah :

  1. Presidium / pemimpin sidang
  2. Wakil presidium
  3. Sekretaris
  4. Moderator
  5. Pemateri
  6. Pembedah
  7. Pembanding
  8. Anggota (peserta)

Secara umum forum dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

Artikel Lain : Bagaimana ya Manajemen Farmasi di Rumah Sakit?

  1. Kelompok Rapat, artinya tujuan kelompok rapat ini untuk menyelesaikan suatu perintah / tugas yang berhubungan dengan kedudukan kelompok tersebut. Misalkan rapat kerja, rapat anggota, dll.
  2. Kelompok Diskusi, kelompok ini lebih fleksibel. Tujuannya ditentukan oleh anggota kelompok itu sesndiri

Rapat sendiri memiliki etika, berikut ini adalah etika dalam forum :

  1. Ijin menyela saat forum jika ada keperluan mendadak atau disebut dengan point intteruption of Privilege
  2. Ijin menyela dalam forum jika ada opini yang bersifat informasi yang perlu disampaikan anggota yang disebut dengan point interruption of Information.
  3. Ijin menyela jika ada alasan yang perlu disampaikan oleh anggota yang disebut dengan point interruption of Clarification
  4. Ijin menyela jika ada bukti tambahan yang perlu disampaikan disebut dengan point interruption of Justification.
  5. Ijin menyela jika ada usul tambahan yang disebut dengan point interruption of Order.

Etika itu sendiri dibuat supaya jalannya forum tetap terjaga dengan baik. Dalam pengambilan keputusanpun ada beberapa langkah. Berikut ini macam-macam pengambilan keputusan dalam forum :

  1. Keputusan Perorangan adalah keputusan yang diambil oleh pimpinan forum
  2. Keputusan Demokratis adalah keputusan yang diambil dari setangah + 1 jumlah suara
  3. Keputusan Suara Terbanyak diambil berdasar 2/3 suara terbanyak
  4. Keputusan Hak Veto adalah keputusan yang diambil oleh anggota/pihak yang memiliki hak veto. Misal, ada 4 anggota punya hak veto, jika satu saja tidak setuju maka keputusan batal.
  5. Prinsip Aklamasi adalah keputusan yang syah jika semua anggota menyetujuinya.
  6. Kepututas Kompromi adalah keputusan akibat dari beberapa usul, sehingga menghasilkan keputusan / solusi yang diterima oleh mereka yang berkepentingan.
  7. Prinsip Mufakat adalah keputusan yang mana semua anggota tidak ada yang keberatan sama sekali.

Itu tadi adalah pembahasan manajemen forum semoga artikel singkat ini cukup memberikan wawasan kepada Anda tentang manajemen forum dengan baik. Terimakasih.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: