Cara Manajemen File dan Folder dengan Efektif

Manajemen File dan Folder  – Pengertian manajemen file dan folder adalah cara untuk mengelola file atau folder baik itu yang berbentuk fisik maupun digital agar lebih tertata sehingga memudahkan pemanfaatan file.

Manajemen itu sangat berkaitan erat dengan seni, karena didalam manajemen kita belajar akan keindahan, keselarasan, kerapihan, sehingga meningkatkan kefektifitasan sebuah aktivitas tertentu baik personal maupun kelompok (perusahaan).

Salah satu penerapan manajemen dalam kehidupan sehari-hari adalah manajemen file dan folder. Saya anggap semua yang membaca ini tau apa itu file dan folder ya. Nah, sekarang saya tanya bagaimana keadaan file dan folder kamu? Apakah rapih atau berantakan? Jika masih berantakan, yuk tetap lanjut bacanya.

Manajemen file dan folder memang dianggap sepele, sehingga sering disampikan oleh mayoritas pengguna komputer atau perangkat lainnya. Akibatnya file dan folder mereka tidak tertata dengan rapih. Ada banyak keuntungan jika kita menata file dan folder dengan baik, berikut ini keuntungan manajemen file dan folder :

  1. File dan Foler lebih rapi, ini jelas keuntungan pertama. Dengan termanajemennya file dan folder otomatis disk kita terlihat lebih rapi dan enak untuk dilihat.
  2. Memudahkan mencari arsip/file/folder. Jika kamu tidak menata file dan folder dengan baik pasti kamu kebingungan bukan saat mencari file/folder lama? Pasti lupa dimana dulu nyimpennya, iya bukan? Tapi, jika kamu memanajemen file dan folder dengan baik maka akan sangat memudahkan dalam mencari file-file lama.
  3. Memaksimalkan memori disk. Nah, kalau kita sudah merapikan file-file maka otomatis kita tahu file-file tersebut berguna. Jadi, kita bisa membuang file/folder yang tak berguna sehingga memori disk kita menjadi semakin lega.

Itu beberapa keuntungan yang diperoleh jika kita memanajemen file dan folder dengan baik. Sebetulnya cara manajemen file dan folder ini sangat gampang dan sangat sederhana, karena ini menyangkut kebiasaan saja. Tapi, berikut ini langkah-langkah manajemen file dan folder :

Artikel Lain : Pengertian Manajemen Tradisional dan Rancangan Kerja

  1. Ketahui dulu ekstensi file-file. Ada banyak ekstensi file yang ada, antara lain :
    1. Ekstensi .doc, .docx, .rtf, .odt, .pdf adalah ekstensi untuk dokumen
    2. Ekstensi .ppt, .pptx adalah ekstensi untuk presentasi
    3. Ekstensi .mkv, .mp4, .wmv, .avi adalah ekstensi untuk video.
    4. Ekstensi .xls, .xlsx adalah ekstensi untuk file excel / data.
    5. Ekstensi .jpg, .jpeg, .png adalah ekstensi untuk gambar/image.
    6. Ekstensi .rar, .zip adalah ekstensi untuk file/folder yang sudah di kompress.
    7. Ekstensi .mp3, .wav adalah ekstensi untuk audio
  2. Setelah tahu ekstensi-ekstensinya kita bisa mengklasifikasikan file dan folder berdasarkan kegunaannya. Misalkan kita pisahkan folder kerjaan kantor, kerjaan freelance, kuliah, hiburan, movie. Ini penting, supaya tidak ada salah dalam penempatan file. Contohnya seperti gambar berikut :

    Manajemen File dan Folder

    Manajemen File dan Folder Berdasarkan Fungsinya

  3. Cara lain adalah memisahkan berdasarkan tanggal (biasanya tahun). Misalkan, kamu memiliki job banyak. Maka bisa diklasifikasikan berdasarkan tahun -> bulan. Cara ini lazim digunakan di perusahaan percetakan, atau perusahaan-perusahaan jasa lainnya.

    Manajemen Folder Rapi

    Manajemen Folder Rapi

Nah, itu tadi adalah langkah manajemen file dan folder dengan benar. Biasakan untuk memanajemen file dan folder kamu, karena jika tidak dibiasakan tentu akan sulit. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Cari Artikel di Sini


Cara Manajemen File dan Folder dengan Efektif | Admin | 4.5
%d bloggers like this: