Kunci Keberhasian EO, Manajemen Sitematis

Manajemen event organizer – Pengertian manajemen EO adalah upaya untuk mengatur alur kerja dari event organizer agar pekerjaannya berjalan secara efektif dan dapat melaksanakan kegiatan dengan sukses.

Apa yang terbesit dalam pikiran kita bila mendengar kata event organizer? Pasti akan langsung berfikir oarng yang mengurusi sebuah acara. Orang yang berkecimpung dalam dunia EO ini pasti membutuhkan manajemn yang baik sekali.

Mengapa demikian? Yang coba kita fikir, sebuah perusahaan EO pasti tidak hanya menangani sebuah event saja kan. Pastilah lebih dari satu dan juga mungkin event itu bersamaa, pastilah sebuah perusahaaan EO membutuhkan sebuah manajemen yang baik serta sitematis.

Seperti kutipan dari umy.ac.id, seperti yang diutarakan Intan Linggarti yang mana merupakan Koordinator Workshop “Event Maksimal, Manajemen Optimal” dalam sebuah acara Depertemen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Menuerut beliau, jasa dari EO itu merupakan jasa penyelenggara acara yang mana membutuhkan sebuah manajemen yang sistematis serta membutuhkan sebuah ketekunan, karena dalam sebuah perusahaan EO itu membutuhkan kerjasama dari tim.

Artikel Lain : Prinsip Dasar Ekonomi Manajemen dan Pengertiannya

manajemen EO

gunakan momentum yang ada (image : google)

Hal tersebut dikarenakan dalam profesi tersebut akan didapati deadine, terget, scdheduling, pressure, serta teamwork solidarity. Nah EO juga dituntut agar dapat menyelenggarakan sebuah acara dengan sukses dengan mengggunakan sebuah konsep serta pedoman kerja yang profesional.

Beliau juga menuturkan,”Konsep EO ini dikenal oleh bangsa Indonesia pada tahun 1990an, yang mana menjadi populer pada atahun 1998 setelah era krisis ekonomi. Karana banayak tenaga kerja yang membutuhkan mata pencaharian yang lain, nah salah satunya adalah EO itu sendiri.

Untuk dapat mendirikan sebuah bisnis EO sendiri ada hal yang perlu ita perhatikan seperti jaringan (network), modal yang kita punya, SDM yang dianamis, mudah bekerja dalam tim, serta pekerja keras, kreatis, inovatif. Kita juga harus dapat peka dalam setiap perkembangan karena itu menjadi kunci sukses dari EO.”

Dalam acara tersebut, harapan dari IK UMY adalah agar para mahasiswa mendapat sebuah ilmu baru untuk dapat melaksanakan sebuah acara yang baik serta optimal. Dan juga tanpa harus meninggalkan sebuah manajemen yang baik sebagai pendukung sebuah optimalisasi serta kesuksesan acara.

Artikel Lain : Kupas Tuntas Manajemen Wirausaha

Sedangkan pemateri dalam workshop tersebut adalah Pmebicara dari Indonesia Reggae Community (IRC) yang bernama Wobal. Beliau menjelaskan bawasannya sebuah EO itu harus memperhatikan beberapa hal.

Nah salah satu yang harus diperhatikan adalah proposal. Pasti anda berpikir kenapa proposal bukan yang lain. Penjelasnnya adalah proposal ini adalah yang pertama kali akan menarik klien agar mau menggunakan EO kita.

Maka dalam proposal tersebut bukannya banyak tulisan namun menonjolkan sebuah kreatifitas serta didukung oleh kemampuan untuk mempresentasikan konsep acara yang telah kita buat tadi.

Hal berikutnya yag harus diperhatikan adalah promosi, seperti produk yang lain jasa Eo ini juga memerlukan sebauh promosi agar dapat dikenal oleh para konsumen. Dalam hal ini Wobal menjelaskan bahwa promosi yang dilakukan sama dengan promosi produk yang lain.

Promosi ini dpat berupa banner, spanduk, brosur, serta yang lainnya. Nah yang tidak klah pentingnya adalah sebuah perusahaan EO harus dapat bermitra atau menggnadeng media partner. Hal ini sangat diperlukan oleh sebuah EO.

Demikianlah penjelasan tentang manajemen sitemetis yang ada dalam EO. Semoga artikelnya bermanfaat. Sekian, sampai jumpa pada artkel yang lainnya.

 

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: