5 Tips Sukses Usaha Cafe

Manajemen Cafe – Pengertian manajemen cafe adalah upaya yang dilakukan pemilik cafe agar usahanya dapat berjalan secara efisien dan menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan sumberdaya dan kelebihan yang dimilki.

Dalam sebuah bisnis kita pastilah memerlukan adanya manajemen agar mencapai kesuksesan. Hal ini juga dibutuhkan dalam bisnis cafe, karena dengan manajemen yang baik cafe diharapkan menjadi ramai dan memperoleh omset yang besar.

Bila kita lihat bahwa saat ini bisnis cafe sudah sangat banyak sekali bagaikan jamur di musim hujan. Untuk itu maka kita memerlukan manajemen untuk membuat ciri khas bagi cafe kita. Dengan demikian maka cafe kita akan lebih diminati.

Seperti saya kutip dari usaha-cafe.blogspot.co.id, penataan tempat serta hidangan harus kita perhatikan. Bila kita berbicara tentang cafe pasti kita akan mengatakan tempat yang nyaman, makan yang enak, sehingga kita betah disana.

Artikel Lain : Cara Manajemen Zakat dan Wakaf

Karena cafe ini berasal dari luar negeri, maka kebanyakan hidangan yang dijual juga banyak meniru jenis hidangan luar negeri. Akan tetapi sebelumnya Indonesia juga lebih ada outlet untuk nongkrong seperti warung kopi.

Sehingga kita sudah berfikiran dalam membuka sebuah cafe dibutuhkan modal yang cukup banyak untuk fasilitas yang ada. Akan tetapi ide munculnya cafe ini adalah sebagai bentuk gaya hidup, yang mana suka menghabiskan waktu bersama teman.

Dalam hal ini peminat dari cafe dapat dikatakan banyak serta datang dari beberapa kalangan. Untuk itu usaha untuk membuka cafe ekonomis dapat dikembangkan, kita juga bisa meniru hidangan cafe namun dengan harga yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Artikel Lain : Management & Marketing : Manajemen Pemasaran #1

Hal tersebut cocok untuk kita yang mempunyai modal pas-pasan, kita dapat menggunakan warung tenda, depan rumah ataupun kafe outdoor yang hanya buka di malam hari. Bila kita sulap tempat yang sederhana menjadi mewah maka orang akan banyak yang datang.

Untuk menu cafe kita terjangkau dan disukai kita dapat dapat menggunakan rekayasa. Yang mana menu di cafe biasanya condong hidangan barat yang kurang diterima oleh lidah orang Indonesia dan juga tidak disukai kantong orang Indonesia.

Adapun tips agar menu yang disajikan dapat diterima oleh kantong orang Indonesia:

1. Memilih bahan berharga ekonomis

Kita dapat memilih barang yang harganya cukup ekonomis akan tetapi mempunyai kualitas yang baik itu perlu. Hal itu dapat diperoleh dengan kita mendatangi suppliernya sendiri, ataupun mengganti bahan yang berasal dari Indonesia tanpa kalah kualitasnya.

2. Mengurangi porsi

Bila mana cafe kita mengusung menu yang khas harganya ekonomis, kita dapat mengurangi porsi agar dapat mengurangi harga. Sehingga pembeli dapat menjangkau menu tersebut, dan yang terpenting penjual tidak rugi.

3. Menyesuaikan cita rasa lokal

Yang tak kalah pentingnya adalah menciptakan menu yang dapat diterima oleh lidah orang Indonesia. Karena belum tentu masakan luar negeri dapat diterima oleh lidah orang Indonesia. Karena konsumen kita adalah orang Indonesia maka harus dapat menyesuaikannya.

Artikel Lain : Konsep Sederhana Manajemen Syariah dalam Islam

4.Menambahkan menu khas Indonesia

Adapun kita harus dapat menambahkan menu cafe kita dengan makanan khas Indonesia, karena terkadang orang lebih suka dengan masakan Indonesia daripada luar negeri. Sehingga cafe kita lebih banyak pengunjung dari beberapa pencinta makanan.

5.Memperjelas menu unggulan

Kita juga harus dapat menonjolkan salah satu menu kita. Sehingga kita dapat lebih fokus dengan menu tersebut. Akan tetapi kita juga tidak boleh melepas tangan dengan kualitas dari menu yang lainnya.

Nah demikian penjelasan tentang manajemen cafe, dengan manajemen yang baik kita dapat memaksimalkan modal yang kita punya dan menciptakan keuntungan yang maksimum.

Semoga artikel tadi bermanfaat bagi kita semua, dan sampai jumpa pada artikel yang lainnya.

Cari Artikel di Sini


5 Tips Sukses Usaha Cafe | Admin | 4.5
%d bloggers like this: