Ingin Bengkel Maju? Perhatikan Tips Berikut

Manajemen Bengkel – Pengertian manajemen bengkel adalah usaha untuk mengelola bengkel melalui tahapan-tahapan seperti perencanaan dan lain sebagainya sehingga bengkel dapat sukse berjalan.

Jika kita mempunyai sebuah bengkel pastilah kita ingin bengkel kita sukses kan? Pasti kita akan membutuhkan teknik agar bengkel kita sukses.

Pasti kita ada yang belum mengetahui apa itu manajemen bengkel sepeda motor, dalam hal ini dapat diartikan sebagai alat untuk mengatur efektivitas serta efisiensi bengkel dengan tujuan tertentu.

Tujuan itu dapat berupa kita dapat mengatur setiap perkembangan usaha serta dalam pelayanan terhadap konsumen serta pengaruhnya dilingkungan sekitar.

Seperti yang dikutip dari gosaveearth.wordpress.com, terdapat beberapa tips manajemen bengkel untuk sukses menjalankan bengkel kita. Terdapat beberapa tips untuk menjalankan bengkel dengan baik. Diantara lain:

1. Perencanaan Lokasi Bengkel

Dalam hal ini kita perlu memperhatikan seperti lokasi, padat penduduk, banyaknya pengendara, daerah perkembang, pesaing, tempat strategis. Dengan memperhatikan hal tersebut kita dapat memilih lokasi yang cocok serta strategis untuk bengkel kita nanti.

manajemen bengkel

peralatan menjadi salah satu faktor penunjang bengkel (image : simpleaja.com)

2. Pelayanan

Kita juga harus memikirkan tentang pelayanan yang harus kita berikan kepada konsumen kita. Pelayanan itu dapat berupa jasa yang akan kita berikan, kualitas kerja, penyediaan sparepart, kelengkapan alat kerja, fasilitas untuk konsumen (ruang tunggu yang nyaman, serta hal lainnya).

Dengan pelayanan yang bagus terhadap konsumen diharapkan konsumen akan nyaman dengan pelayanan bengkel kita. Dengan begitu konsumen juga akan pelayanan yang bagus konsumen akan lebih tertarik pada bengkel kita dibanding dengan pesaing kita.

3. Pemeliharaan

Pasti kita akan bertanya-tanya kenapa ada pemeliharaan? Nah pemeliharan yang dimaksudkan adalah pemeliharaan terhadap semua fasilitas yang kita punya yang mana kita gunakan untuk membantu dalam semua aktivitas kerja sehingga kinerja kita akan maksimal.

Karena dengan alat yang bekerja baik maka kita juga akan bekerja secara maksimal. Dengan pemeliharaan juga akan membuat alat yang kita gunakan bertahan lama, sehingga kita tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli alat yang baru.

Pastilah kita harus mempunyai sebuah manajemen yang baik dan lebih sempurna bila kita mempunyai usaha yang punya laporan modal, pemasukan serta pengeluaran karena dengan itu akan mengetahui bagaimana hasil kerja kita.

Dengan catatan itu juga diharapkan juga dapat mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan pada bengkel kita juga dapat berfungsi sebagai mempermudah kita untuk mengatasi kendala yang ada pada usaha kita.

Demikianlah paparan mengenai manajemen bengkel, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa pada artikel yang lainnya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: