Apakah Kuliah Menjamin Kita Sukses?

Kita sering mendapatkan nasihat dari kedua orang tua kita atau guru-guru tercinta kita untuk selalu belajar dengan giat, dengan harapan kita bisa diterima di kampus-kampus yang hebat, kalau bisa kampus negeri terbaik seperti Universitas Indonesia, UGM, ITB, ITS, atau kampus-kampus yang lainnya.

Dengan kita berkuliah di kampus-kampus beken tersebut diharapkan akan memudahkan karir kita sehingga peluang kita sukses lebih besar. Yang kadang jadi banyak pertanyaan adalah, apa benar kuliah itu bisa bikin kita sukses?

Apakah kuliah mempengaruhi kesuksessan kita?

Ini pertanyaan yang selalu ada di kepala saya dari awal kali masuk kuliah, sekarang saya kuliah semester 8 (bulan maret 2017).

Saya seorang lulusan dari SMK lebih tepatnya STM (Sekolah Teknologi Menengah) dimana notabene target lulus siswanya bukan untuk kuliah melainkan untuk bekerja. Mungkin karena goal pendidikannya berbeda dengan SMA/MA maka saya pada awalnya terbawa arus untuk tidak mau kuliah.

Tapi, karena desakan orang tua maka sayapun “terpaksa” kuliah. Karena bagi saya restu orang tua itu lebih penting dari apapun.

Nah, setelah hampir 4 tahun saya kuliah saya mendapatkan beberapa titik terang tentang apa benar kuliah bisa membuat kita lebih sukses?

Jadi begini, tidak ada pendidikan dimanapun yang menjamin Anda sukses. Trust me! Tidak ada yang bisa menjamin Anda sukses, melainkan memperbesar peluang Anda sukses.

Sekarang saya kuliah di jurusan Matematika, tentu saja sedikit-sedikit saya paham tentang statistik. Jadi misal, jika kita tidak kuliah kemungkinan kita “sukses” adalah 0,6. Jika kuliah menjadi 0,8 , jika hanya tamatan SD maka 0,3, dll. Semua angka hanya asumsi saya saja, karena saya belum melakukan riset lebih detail.

Berdasarkan dari data bps, yang saya kutip dari situs beritagar.id maka angka pengangguran dari SMK 12,65 persen, disusul SMA sebesar 10,32 persen, Diploma 7,54 persen, Sarjana 6,40 persen, SMP 6,22 persen, dan SD ke bawah 2,74 persen.

Nah, dari data real tersebut dapat dilihat bukan? Bahwa jumlah terbanyak penyumbang pengangguran itu yang lulusan SMA sederajat. Mengapa demikian? Karena memang tidak sedikit yang melanjutkan kuliah, entah karena keterbatasan minat ataupun biaya.

Yang lulusan diploma dan sarjanapun juga banyak yang menganggur, tetapi angkanya masih dibawah 10% bukan? Pemerintah juga tidak bisa 100% menyediakan lapangan pekerjaan kepada seluruh warga negaranya.

Karena tentu saja ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membuka sebuah lowongan pekerjaan. Saat ini saya selain sebagai mahasiswa aktif juga bekerja full time designer di sebuat perusahaan IT Konsultan di Yogyakarta.

Saya bekerja sudah hampir 2 tahun, dan bahkan saya hanya menggunakan ijasah SMK saja untuk bekerja disana dan tanpa test! Lah lalu apa gunanya kuliah di matematika tapi kerja kok jadi designer?

Nah ini yang perlu dirubah sepenuhnya, yaitu Mindset!

Mindset tentang kuliah yang harus dirubah!

Sebagian orang berfikir kalau sudah kuliah pasti sukses, tapi ada juga yang berfikir buat apa kuliah? Ngabisin duit saja! Toh banyak kok yang cuma lulusan SD tapi jadi bos-bos! Bahkan Bu Susi hanya lulusan SMP bisa jadi menteri!

Eits… Begini, Memang benar, bu susi “hanya” lulusan SMP, bahkan bu Mega “hanya” lulusan SMA saja. Tapi dari segi pengetahuan beliau bisa disandingkan dengan Doktor! Jadi pendidikan beliau dapat di luar pendidikan formal.

Anda boleh tidak kuliah, asalkan memiliki pengetahuan yang mumpuni.

Kuliah itu tempat untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih tersruktur! Jadi kuliah bukanlah tempat untuk membuat orang menjadi sukses! Sukses tidaknya ya tergantung pada diri mahasiswa itu sendiri.

Ibarat seperti ini, ilmu itu berceceran dimana-mana. Dan apabila kita tidak sekolah di pendidikan formal akan sulit menemukan ilmu-ilmu yang berceceran tersebut. Memang ada beberapa orang yang bisa tetapi tidak semua bukan? Untuk itulah pendidikan itu penting!

Itu si A gak kuliah tapi usahanya sukses!

Bener banget, banyak teman-teman saya yang tidak kuliah tapi sukses! Tetapi, usaha dan pengetahuan mereka itu sudah seperti orang kuliahan lo…

Kebanyakan orang “hanya” melihat sukses tidaknya dari harta, bukan dari yang lain.

Misalnya seperti ini, kebanyakan orang melihat orang yang tidak kuliah aja bisa jadi pengusaha sukses, dll. Tapi apa ada seorang dokter bedah yang sukses tapi dia tidak kuliah kedokteran?

Jadi kuliah itu penting, untuk membantu kita mencapai cita-cita kita. Jika ingin jadi dokter gigi ya kita harus kuliah di kedokteran gigi, tidak bisa belajar otodidak nambal gigi.

Jika kita ingin menjadi sarjana hukum, ya kita harus kuliah di hukum dan mendapatkan sertifikat hukum yang mumpuni, kalau tidak kuliah hukum bagaimana kita bisa menjadi hakim/kuasa hukum yang benar? Hukum bukanlah hal yang main-main.

Hampir semua bidang itu bisa kita pelajari di bangku kuliah, tapi memang ada beberapa hal yang bisa kita dapatkan tanpa kuliah. Misalkan menjadi pengusaha sukses, karena di kuliah hanya diajari teori saja tidak dengan praktiknya.

Kuliah itu memperbesar peluang kita sukses, dengan kriteria sukses kita sendiri

Satu hal yang saya dapatkan di kuliah adalah mindset / pola pikir! Tetap beda pola pikir orang yang kuliah dengan tidak.

Karena saya kuliah di matematika maka saya berfikir dengan lebih sistemik dan tersruktur. Jadi saat saya mendapatkan sebuah masalah, saya menjadi lebih dewasa dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Karena di kuliah, kita di tuntut untuk berfikir kritis, dan sistemik. Selain itu juga, dengan kuliah kita bisa mendapatkan network/jaringan entah dari alumni/dosen.

Jaringan-jaringan dari orang-orang kuat seperti itulah yang kita butuhkan yang bisa membantu karir kita. Jadi, jika Anda ingin memperbesar kemungkinan sukses maka kuliahlah!

Jika Anda serius dan semangat, maka dana dan beaya itu bukanlah sebuah masalah. Karena sekarang sudah banyak kok beasiswa baik dari pemerintah atau swasta. Tidak usah terlalu idealis, asalkan beasiswa itu masuk akal maka ambil saja.

Pesan saya, tentukan tujuan Anda kuliah sejak awal. Supaya Anda tidak menjadi mahasiswa standard. Artinya ya mahasiswa kuliah-pulang saja. Jadilah mahasiswa yang kritis, dan punya rasa haus ilmu yang kuat. Sehingga Anda benar-benar mendapatkan ilmu yang banyak dan bermanfaat untuk masa depan Anda kelak.

Cari Artikel di Sini


Apakah Kuliah Menjamin Kita Sukses? | Admin | 4.5
%d bloggers like this: