Kode Bank Rakyat Indonesia Dan Bank Rakyat Indonesia Syariah

Di era sekarang sangat banyak masyarakat yang butuh dan menggunakan rekening bank untuk keperluan mengirim uang. Pasalnya, kemudahan demi kemudahan senantiasa ditawarkan oleh industri perbankan dewasa ini sehingga masyarakat senantiasa dimanjakan dengan hal-hal serba praktis dan serba cepat seperti membeli barang melalui internet atau belanja online. Bukan hanya menjadi pembeli, banyak sekali warga masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang online dan meraup banyak sekali keuntungan.

Melalui situs jual beli online, anda bisa membeli produk melalui sebuah website khusus jual beli ataupun menggunakan sosial media yang didesain sebagai katalog produk yang dijual oleh seller. Anda tinggal memilih barang dari sekian banyak foto yang di upload kemudian anda menghubungi kontak yang tertera untuk memesan. Setelah fix maka anda akan diminta melakukan transfer sejumlah uang ke rekening penjual atau seller. Hal itu merupakan kemudahan bagi penjual karena dengan jual beli online, maka jangkauan pasar dari produk yang mereka tawarkan menjadi lebih luas tanpa terikat jarak dan waktu.

Baik penjual maupun pembeli tentunya membutuhkan rekening bank untuk melengkapi dan menyempurnakan transaksi jual beli mereka. Di Indonesia sendiri, banyak sekali bank yang menyediakan fasilitas pembukaan rekening untuk nasabahnya, sebut saja Bank BRI dan Bank BNI yang merupakan Badan Usaha Milik Negara. Untuk memudahkan arus transaksi melalui transfer ATM, Mobile Banking, maupun E-Banking, biasanya masing-masing bank mempunyai kode unik masing-masing yang dijadikan identitas saat bertransaksi.

Kita semua tahu bahwa tidak semua orang mempunyai rekening di bank yang sama. Apalagi dalam dunia bisnis, banyak sekali bank yang menawarkan layanan dan fasilitas sehingga warga masyarakat tinggal memilih mana layanan dan fasilitas yang paling menguntungkan dan berguna bagi kehidupan mereka. Begitu pula dalam jual beli online, biasanya sering terjadi antara penjual dan pembeli menggunakan rekening dari bank yang berbeda sehingga diantara mereka harus melakukan transfer antar bank untuk menyempurnakan pembelian.

Transfer antar bank baik menggunakan ATM, biasanya mengharuskan anda untuk memasukkan sejumlah kode unik dari bank penerima sebelum anda memasukkan nomor rekening yang dituju dan nominal yang akan anda transfer. Kode unik tersebut merupakan kode bank yang digunakan untuk mengidentifikasi transaksi antar bank yang berbeda. Dengan mengetikkan kode bank tersebut, maka uang transferan anda akan otomatis diarahkan ke bank penerima secara tepat dan cepat. Lebih cepat daripada anda harus mengantri di teller dan mengisi form.

Salah satu bank yang mempunyai banyak nasabah adalah Bank BRI yang kantornya tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia bahkan menjangkau pelosok daerah di Indonesia. Apabila anda kebetulan membutuhkan kode bank BRI untuk transfer sejumlah uang dari bank lain, kami punya kodenya. Untuk kode bank BRI adalah 002 sedangkan untuk kode Bank BRI Syariah menggunakan 422. Nah kode tersebut akan selalu diminta apabila anda melakukan transfer antar bank yang berbeda sebelum memasukkan nomor rekening yang dituju. Setelah kode bank dan nomor rekening diketikkan, maka selanjutnya anda tinggal memasukkan nominal uang yang akan di transfer dan proses transfer pun selesai.

Jangan panik saat mesin ATM meminta anda untuk memasukkan kode bank, karena biasanya sebelum masuk ke kolom pengisian nomor rekening anda bisa menemukan “daftar kode bank” yang bisa anda jadikan panduan. Semoga bermanfaat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: