2 Klasifikasi Produk Berdasarkan Wujudnya

Klasifikasi Produk – dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang apa itu klasifikasi produk. Sebelum kita mengetahui klasifikasi dari sebuah produk kita hendaknya tahu dulu apa itu klasifikasi dan produk.

Menurut wikipedia klasifikasi adalah pembagian sesuatu menurut kelas-kelasnya. Sedangkan produk merupakan barang atau jasa yang dapat diperjual belikan.

Apabila kita gabungkan kedua arti tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa klasifikasi produk adalah pembagian kelas dari sebuah produk. Itu merupakan pengertian secara umum, untuk mengetahui yang lebih detail lagi maka perhatikan penjelasan berikut ini.

Dalam mengklasifikasi sebuah produk dapat berbagai macam sudut pandang. Apabila kita mengklasifikasikan produk menurut berwujud atau tidaknya, maka produk produk dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama, yaitu :

1. Barang

Barang adalah produk perusahaan yang berwujud fisik, sehingga dapat dilihat, diraba ataupun disentuh, dirasa, dipegang, disimpan, dipindahkan, dan diperlukan fisik lainnya. Da apabila kita meninjau dari segi daya tahunnya maka terdapat dua macam barang, yaitu :

a. Barang tidak tahannya lama

Barang lama seperti yang kita ketahui bersama bahwa barang yang berwujud yang biasanya akan habis apabila kita konsumsi dalam beberapa kali pemakaian. Atau dapat kita katakan bahwa umur dari ekonomisnya dalam kondisi pemakaian dengan normal kurang dari satu tahun. Kita dapat ambil contoh sabun, pasta gigi, gula, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu sebagai perusahaan menyediakan barang-barang yang dikonsumsi dengan cepat atau dapat dikatakan dalam waktu singkat dan frekuensi pembeliannya yang sering terjadi, maka dapat menggunakan strategi yang tepat digunakan adalah menyediakannya di banyak lokasi , menerspkan mark-up yang kecil, dan mengiklankan produk tersebut dengan gencar, agar dapat merangsang pembeli untuk mencoba dan sekaligus untuk preferensi.

b. Barang tahan lama

Sebelumnya telah kita ketahui barang tak tahan lama, maka disini kebalikannya. Ataupun dapat dikatakan barang berwujud yang biasanya dapat bertahan lama dengan banyak pemakaian ( dapat dikatan bertahan lama dengan acuan umur ekonomisnya untuk pemakaian normal adalah satu tahun atau lebih). Dapat kita ambil contoh adalah tv, mobil, montor, lemari es, leptop, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya barang-barang ini banyak membutuhkan personal selling dan juga pelayanan dari perusahaan yang lebih banyak apabila kita bandingkan dengan barang tak tahan lama.

Namun barang tahan lama lebih banyak mendatangkan keuntungan yang lebih banyak, dan juga membutuhkan garansi atau jaminan tertentu dari penjual dalam hal ini perusahaan.

2. Jasa (service)

Jasa adalah aktivitas, manfaat atau kepuasan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan untuk dijual kepada pembeli. Kita dapat mengambil contoh bengkel montor, hotel, lembaga pendidikan, ojek dan masih banyak lagi jenis-jenis jasa. Untuk lebih jelasnya tentang jasa ini akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Baca Juga : Strategi Pemasaran untuk Jasa

Demikian artikel tentang klasifikasi produk menurut berwujud atau tindakanya produk tersebut. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam hal ini produk dapat dibagi menjadi dua yaitu barang dan jasa.

Untuk klasifikasi produk yang lain akan dijelaskan pada artikel-artikel yang lainnya. Terimakasih telah membaca artikel kami, semoga dapat menambah pengetahuan anda semua yang membaca artikel ini.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: