3 Klasifikasi Barang Menurut Kebutuhan Industri

Klasifikasi Barang Industri – Dalam artikel yang sebelumnya kita mengetahui bahwa klasifikasi menurut siapa konsumennya dibagi menjadi dua yaitu barang konsumen dan barang industri. Dan pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai barang konsumen dan klasifikasinya (klik disini).

Nah untuk artikel bagian ketiga tentang klasifikasi barang ini akan membahas tentang barang industri. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut ini.

Pada dasarnya barang industri hampir sama dengan barang konsumen yang membedakannya adalah pembeli dan tujuan dari pembeliannya. Barang industri dapat dikatakan sebagai barang-barang yang dikonsumsi (dibeli) oleh industriawan (konsumen antara atau konsumen bisnis) untuk keperluan selain dikonsumsi langsung. Maksudnya adalah suatu perusahaan akan :

  1. Mengubah barang tersebut, barang akan diproduksi (diubah) menjadi barang lain yang kemudian akan dijual kembali ) oleh produsen.
  2. Barang tersebut akan dijual kembali(oleh pedagang) tanpa adanya perubahan (transformasi fisik/proses produksi).

Adapun barang industri dapat diklasifikasikan menurut perannya dalam hal proses produksi dan biaya relatifnya. Terdapat tiga kelompok besar dalam barang industri ini, yaitu :

1.Materials ad Parts

Yang terdapat dalam jenis barang ini adalah baran-barang dimana barang tersebut seluruhnya atau sepenuhnya masuk kedalam produk jadi. Dalam kelompok ini pun masih dapat diperinci lagi menjadi dua kelompok, yaitu bahan baku dan suku cadang.

  • Bahan baku, bahan baku ini dapat dikelompokkan lagi menjadi dua jenis yaitu produk pertanian (contohnya beras, sayur, kapas, termasuk juga produk hewani), dan produk-produk yang merupakan kekayaan alam (seperti minyak bumi, gas bumi, kayu, dan masih banyak lainnya).
  • Bahan baku dan juga suku cadang terbagi atas component materials (seperti benang, kawat) dan component parts (contohnya ban). Dalam hal ini component materials masih perlu diolah lagi seperti benang akan ditentukan untuk menjadi kainComponent materials ini mempunyai sifat yang terstandardisasi dapat mengakibatkan harga dan keadaan pemasok menjadi faktor pembelian paling penting. Sementara dalam component parts seluruhnya masuk kedalam produk jadi, dalam hal ini produk tidak akan mengalami perubahan bentuk dan sifat.

2. Capital Items

Capital items merupakan barang-barang tahan lama yang kan memberikan kemudahan dalam mengembangkan dan atau mengelola menjadi produk jadi. Dalam capital items ini di klasifikasikan menjadi 2, yaitu :

  1. Instalisasi, instalisasi ini dapat meliputi bangunan (pabrik tau kantor) dan peralatan (mesin, komputer, dll)
  2. Peratalan tamabahan, terdiri dari peralatan dan perkakas perusahaan yang bersifat portable dan juga peralatan kantor. Dalam hal ini kedua jenis barang tersebut tidak menjadi bagian dari barang jadi, melainkan membantu proses produksi.

3. Supplies and Service

Adapun yang termasuk dalam kelompok supplies and service ini adalah barang-barang tak tahan lama dan jasa yang memberikan kemudahan dalam mengembangkan atau mengelola keseluruhan produk jadi.

  1. Dalam supplies ini terdiri dari atas perlengkapan operasi dan juga bahan pemeliharaan da reparasi.
  2. Business service terdiri atas jasa pemeliharaan dan reparasi dan juga konsultasi bisnis.

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa klasifikasi barang menurut barang industri. Terimakasih kepada anda yang telah membaca artikel ini, somoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Cari Artikel di Sini


3 Klasifikasi Barang Menurut Kebutuhan Industri | Admin | 4.5
%d bloggers like this: