7 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Persiapan Pernikahan

Dalam prosesi pernikahan banyak sekali hal-hal yang harus kita persiapkan. Selain juga fisik yang ka menguras banyak tenaga, dalam prosesi pernikahan juga aka membuat kita harus mempersiapkan hal-hal besar maupun kecil dalam prosesi resepsi.

Tentunya persiapan ini harus kita lakukan jauh-jauh hari sebelum waktu pelaksanaan tiba. Dari semua rencana yang kita lakka bisa saja terdapat beberapa perencanaan penyelenggaraan pernikahan yang salah maupun tidak terealisasi sesuai rencana yang kita buat. Apalagi bila kita membuat perencanaan. Terus apa saja kesalahan-kesalahan yang seringkali tidak terealisasi dan gagal dalam perencanaan pernikahan ini?

Berikut ini beberapa kesalahan saat melakukan persiapan pernikahan :

  1. Memesan tempat sebelum tahu jumlah tamu
  2. Terlalu tergesa-gesa dalam menentukan konsep pesta pernikahan
  3. Melupakan dokumen-dokumen penting
  4. Terburu-buru nyewa gaun pengantin
  5. Diet berlebihan
  6. Terlalu irit (hemat)
  7. Salah memilih “petugas”

1. Memesan Tempat Sebelum Membuat Daftar Tamu

Carilah tempat pernikahan yang sesuai dengan budget dan jumlah tamu yang diundang

Kesalahan pertama yang sering dilakukan adalah memesan tempat sebelum membuat daftar tamu yang jelas. Tentunya kesalahan ini sangat riskan bahkan dapat berpotensi untuk membuat acara pernikahan kita menjadi kacau.

Agar membuat para tamu undangan merasa nyaman saat acara resepsi berlangsung maka tempat yang kita sewa harus cukup dan sesuai dengan kapasitas merupakan suatu hal yang wajib kita penuhi. Jangan sampai kita buru-buru memesan tempat tapi jumlah tamu yang kita undang melebihi kapasitas tempat yang kita sewa.

Baca juga : Download Contoh Surat Cuti Menikah di Perusahaan

Tentu hal ini akan berakibat pada tamu yang merasa tidak nyaman berada ditempat resepsi yang penuh sesak. Dan pada akhirnya hal ini akan menjadi bumerang bagi kita sendiri.

Begitu jaga sebaliknya, ketika kita memesan tempat yang ternyata jumlah tamu yang kita undang sedikit, hal ini juga akan merugikan kita sendiri. Untuk itu akan lebih baik kita menentukan dan menuliskan (membuat list) jumlah tamu yang kita undang sebelum kita menentukan tempat yang akan kita pakai.

Dengan melakukan hal ini akan membuat tamu-tamu kita merasa nyaman dan resepsi pernikahanan pun akan berjalan dengan bai, sukses dan sesuai rencana.

2. Terlalu Terburu-buru Menentukan Konsep Pesta Pernikahan

Tema ataupun konsep dalam suatu pesta pernikahan memang selalu akan ditunggu-tunggu oleh para tamu undangan. Dalam menentukan tema pernikahan ini kita harus merencanakan serta mendiskusikannya dengan matang-matang bersama dengan calon pasangan, keluarga kita dan juga keluarga pasangan kita.

Ada kemungkinan terdapat perbedaan pendapat mengenai konsep pernikahan. Bila hal ini terjadi, maka lalukanlah diskusi untuk dapat menentukan tema atau konsep pernikahan yang akan dilakukan. Dengan kesepakatan bersama ini boleh jadi acara pernikahan yang kita lakukan akan berjalan lancar dan sukses karena mendapatkan dukungan dari segala pihak.

3. Melupakan Dokumen Penting Pernikahan

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Illustrasi pernikahan (gambar : seekershub.org)

Dalam melangsungkan pernikahan, dokumen tentunya sesuatu hal yang wajib kita penuhi. Beberapa dokumen ini seperti halnya KTP, akta kelahiran, surat nikah dan dokumen lainnya adalah beberapa syarat yang harus kita penuhi agar kita dapat mengesahkan pernikahan kita dengan pasangan.

Baca juga : Contoh Surat Undangan Pernikahan yang Unik

Tapi tidak sedikit dari kita yang sering ceroboh dengan melupakan pengurusan dokumen maupun membuat dokumen ini hilang entah kemana. Kebanyakan dari kita terlalu fokus dengan penyelenggaraan pernikahan sehingga melupakan dokumen yang akan menjadi syaratnya.

4. Terlalu Terburu-buru Menyewa Gaun Pengantin

Gaun pengantin adalah sesuatu hal yang wajib dikenakan pengantin pada acara resepsi. Maka tidak mengherankan banyak pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahannya berhasrat untuk menyewa gaun pengantin jauh-jauh hari.

Faktor ketersediaan yang terbatas menjadi salah satu foktor alasan mengapa mereka ingin fitting dan menyewanya jauh-jauh hari. Padahal kita tahu bahwa gaun pengantin merupakan busana yang harus dikenakan dengan tepat dan pas sesuai denhan tubuh kita.

Sedangkan kita tahu sendiri bahwa tubuh manusia akan berubah-ubah tiap harinya walaupun perbedaan itu cuma sedikit. Ada kalanya disuatu waktu berat badan akan turun bahkan bisa saja naik.

Nah bayangkan bila kita menyewa gaun pernikahan jauh-jauh hari sebelum hari-H, dan bagaimana bila terjadi perubahan bentuk tubuh pada kita? Tentunya hal ini akan merugikan sekali bagi kita.

Maka dari itu sebaiknya kita menyewa gaun pernikahan menjelang waktu pelaksanaan, agar proses fitting sesuai serta tepat dengan saat kita benar-benar harus menggunakannya di resepsi pernikahan.

5. Over Dieting dan Over Treatment

Mempunyai bentuk tubuh yang bagus pada saat resepsi pernikahan akan membuat si pengantin merasa percaya diri yang cukup tinggi.

Maka tidak mengherankan para pengantin terutama pengantin perempuan akan melakukan diet ataupun treatment pada tubuhnya agar terlihat perfect pada hari-H. Kita sah-sah saja untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga : 8 Peluang Bisnis Online tanpa Modal Besar yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Walaupun begitu kita juga harus tetap mengontrol diri dalam melakukan diet ataupun treatment. Kita tak boleh melakukannya secara berlebihan (over). Perlakuan yang berlebihan ini terhadap tubuh kita bukan tidak mungkin berefek negatif pada tubuh, sehingga membuat kita menderia sakit pada saat resepsi pernikahan.

6. Terlalu Berhemat

Terlalu Hemat saat nikah juga tidak baik (gambar : brilio)

Kita memang wajar untuk mengatur resepsi pernikahan secara sederhana dan hemat. Tapi apakah kita tahu bahwa dalam acara pernikahan ini, kita tak mungkin bisa menganggarkan dana yang terlalu minim ataupun pas.

Kita harus melebihkan sedikit dana kita untuk beberapa pos terutama untuk konsumsi. Bisa saja kita mendapatkan jumlah undangan tamu yang akan datang, tapi siapa yang tahu bila mereka datang membawa anak-anak mereka.

Saat ini terjadi maka yang palaing mungkin dapat kita lakukan adalah menyediakan dana yang lebih terutama pada post konsumsi untuk mengantisipasi bila ternyata ada banyak tamu yang melebihi data undangan.

7. Menggunakan Teman atau Sahabat Sebagai “Petugas” Di Wedding Kita

Pastinya ada beberapa teman atau sahabat kita yang jadi mempunyai usaha wedding organizer yang dapat menghandle resepsi kita. Tapi apakah Anda tahu bahwa tidak semua teman ataupun sahabat dapat melakukan pekerjaan secara maksimal dan profesional.

Tentunya kita menginginkan resepsi pernikahan berjalan dengan sukses dan juga lancar. Maka dari itu kesuksesan sebuah acara pernikahan umumnya akan hadir pada pekerjaan yang dilakukan secara profesional.

Baca juga : Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Memang dalam hubungan pertemanan seringkali membuat pekerjaan menjadi lebih cair dan lunak, tapi hak inilah yang harus kita waspadai saat mengunakan jasa teman sebagai “petugas” di wedding kita.

Dengan meminimalis beberapa kesalahan saat persiapan pernikahan dengan menghindara poin-poin diatas maka peluang untuk menyelenggarakan pesta pernikahan kita berjalan lancar dan baik akan terbuka lebar. Untuk itu penting sekali kita mencatat secara detail apa saja yang benar-benar kita butuhkan saat acar pernikahan. Buatlah daftar (list) dan beri tanda barang-barang apa yang telah ada ataupun belum dibeli.

sumber : cermati

Cari Artikel di Sini


7 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Persiapan Pernikahan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: