10 Kebiasaan dan Sifat yang Dimiliki Orang Kreatif

Seseorang dikatakan mempunyai kreatifitas apabila mampu menciptakan sebuah produk yang sifatnya baru, unik, maupun mampu menemukan sebuah ide baru guna menyelesaikan masalah dan menciptakan solusi dari sebuah project yang ditentukan.

Berdasarkan pendapat dari pakar psikologi, setidaknya ada beberapa kebiasaan yang dipunyai oleh orang orang kreatif dalam berkegiatan dan melaksanakan aktifitasnya sehari hari. berikut ini terdapat 10 kebiaaan yang dipunyai oleh orang orang kreatif dalam menjalankan aktivitasnya, yaitu :

1. Tidak menata ruangan dan membiarkannya acak acakan

Orang orang kreatif bisanya tidak peduli dengan keadaan ruang kerja mereka. Meskipun kondisi ruangan yang mereka tempati acak acakan, namun ruangan tersebut tetap nyaman untuk ditempati oleh mereka. Dari ruangan yang acak acakan itulah biasanya mereka akan menemukan ide ide baru guna kemajuan projectnya.

2. Pantang menyerah dan tidak mudah puas

Orang yang kreatif bisanya tidak mudah puas dan juga pantang menyerah. Orang orang yang gagal dalam menjalankan sesuatu namun terus bangkit dan mencoba kembali dengan menemukan jalan lainnya adalah salah satu ciri orang kreatif yang dapat anda ketahui. Orang kreatif akan selalu haus akan tantangan, tidak mudah menyerah dan tidak takut gagal.

3. Tidak ada batasan berpikir

Terkadang, banyak sekali ide bodoh atau ide yang anda anggap tidak masuk akal adalah bentuk ide yang bisa berhasil di masa mendatang. Orang orang kreatif tidak mempunyai batasan dalam berpikir karena mereka selalu berpikir di luar batas atau out of the box. Aturan aturan yang ada bahkan sengaja mereka simpangi agar tidak membatasi ruang pikir mereka dalam menyelesaikan projectnya.

4. Selalu ada kegiatan yang dilakukan

Orang kreatif akan selalu sibuk melakukan suatu hal. Mungkin bagi sebagian orang tindakannya akan terlihat aneh dan tidak masuk akal, meskipun orang kreatif tersebut telah berusaha menjelaskan detail pekerjaan yang tengah dilakukannya. Barulah nantinya ketika pekerjaan yang ia kerjaan berhasil, orang orang akan menilainya sebagai orang yang kreatif.

5. Terbuka

Orang yang kreatif tentu aja bersifat menerima dan terbuka akan kritik dan saran demi perkembangan project yang ia kerjakan. Semua kritik dan saran tersebut akan diterima dan disaring tanpa menolak mentah mentah pendapat orang lain. bahkan terkadang sumbangan ide dari orang lain pun dapat menjadi pertimbangannya dalam beraktifitas.

6. Menggunakan segala macam sudut pandang

Orang yang kreatif tidak terpaku pada satu sudut pandang saja. jika mereka mampu menciptakan ide dari sudut pandang yang satu, pasti mereka akan melihatnya dari sudut pandang yang lainnya agar lebih sempurna. Dari kebiasaan berpikir bebas tanpa batasan tadilah mengapa orang kreatif selalu menggunakan lebih dari satu sudut pandang.

7. Tidak mengenal kata malas

Jika seseorang yang kreatif sedang asyik mengerjakan sesuatu, biasanya mereka akan tidak mempedulikan hal hal lainnya. Ini bukan ciri ciri orang yang malas menanggapi, namun mereka terlalu asyik dan sibuk menciptakan hal hal baru yang bermanfaat bagi kehidupan.

8. Selalu ingin tahu dalam hal apapun

Orang kreatif tidak fokus pada satu hal saja. mereka biasanya juga mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. semua hal yang menurut mereka menarik, pasti akan dicari informasinya guna menambah pengetahuan.

9. Mampu meluangkan waktu

Orang orang kreatif ini tidak berarti workaholic. Mereka selalu mempunyai waktu tertentu untuk memberikan kebebasan dan istirihata dalam berpikir. Tidak terlalu lama memang, mungkin sekitar 10 menit saja untuk istirahat sudah cukup bagi mereka karena ide ide yang ada dalam otak berdesakan menunggu untuk dituangkan.

10. Kreatif = cerdas

Orang kreatif adalah orang yang cerdas karena orang cerdas dan orang kreatif mempunyai ciri khas yang mirip. orang cerdas akan selalu menemukan jalan baru guna mencari solusi dan memecahkan masalah, sama halnya dengan orang orang yang kreatif.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: