14 Kata Mutiara Motivasi Semangat Hidup

Terkadang dalam menjalini hidup kita perlu sesuatu yang bisa membuat lebih semangat. Dan salah satunya dengan memotivasi diri agar lebih baik lagi. Memang motivasi tak selalu berdampak langsung terhadap diri kita. Tapi paling tidak kita punya sedikit gambaran mengapa kita harus berubah menjadi yang lebih baik lagi. Nah berikut ini beberapa motivasi yang bisa mendorong kita menjadi lebih semangat dan percaya diri.

1. Kegegalan Bukan Alasan Untuk Mencoba Hal baru

Kegagalan memang suatu hal yang wajar terjadi, tapi hal ini bukanlah sesuatu hal yang buruk malah ini bisa membuat kita kuat dan punya banyak pelajaran untuk mencapai tujuan.

Pastinya setiap orang yang mencoba hal baru akan menghadapi rintangan bahkan juga kegagalan. Tapi jangan pernah berhenti pada kegagalan tersebut, kita tak pernah tahu sudah seberapa dekat kita dengan keberhasilan.

2. Jangan Mengarapkan Seseorang

Kita jangan selalu menggantungkan harapan apapun kepada orang lain. Kesuksesan dan bagaimana nasib kita ditentukan oleh pikiran dan keputusan kita bukan orang lain. Ingat bahwa kebahagian kita dapatkan dari diri sendiri. Kebiasaan tidak menggantungkan (berharap) kepada orang lain menjaga kita dari rasa sakit yang mungkin timbul akibat kita mendapatkan balasan sesuai apa yang kita harapkan.

3. Lamananya Hidup Di Ukur Oleh Hal Manfaat Yang telah Dilakukan

Bukan seberapa lama kita hidup, karena orang yang tau belum tentu dewasa dan belum tentu mencicip asam garam kehidupan. Jadi jangan khawatir tentang umur, karena hidup dihitung dari seberapa sering kita melakukan sesuatu hal yang bermanfaat. Dan boleh dikatakan orang bermanfaat tak akan menyia-nyiakan waktu, karena waktu adalah sesuatu yang berharga dan tak bisa diputar kemabali.

4. Belajar Rasa Tanggung Jawab Atas Sesuatu yang Sudah Dipercayakan

Bila kita sudah memutuskan sesuatu hal, ubah mindset kita bahwa kita dapat menyelesaikan sesuatu yang telah kita mulai. Untuk itu jadilah pribadi yang bertanggung jawab atas dirinya sendiri, dan pilihan yang telah kita buat.

5. Tegas Dengan Diri Sendiri Dan Berfikiran Positif

Sesuatu hal dapat kita capai pastinya dengan perjuangan dan pengorbanan. Karena hanya mereka yang berusaha dengan gigih yang akan menuai apa yang tanam. Untuk itu bila kita punya mimpi dan tujuan kerjakan sepenuh hati. Jangan biarkan orang lain mempekerjakan kita untuk menggapai mimpi mereka yang sebenarnya adalah mimpi kita. Jatuh bangun adalah sebagian dari proses, dan perlu kita ingat bahwa hasil tak pernah mengkhianati proses.

6. Anda Hanya Menjadi Orang yang Tersisih Bila Tak Siap Menghadapi Perubahan

Dunia ini terlalu keras bila hanya mengandalkan keunggulan dan kemampuan yang kita miliki dari sekolah formal hingga non akademik. Untuk itu kita harus mempunyai fleksibilitas dalam hal apapun untuk menyesuaikan diri dari segala perubahan. Karena hal inilah yang membuat orang-orang sukses mampu bertahan selama berproses hingga berhasil mencapai mimpinya.

7. Seorang Pemenang Tak Pernah Berhenti Berusaha

Ingat bahwa kita adalah pemenang bagi diri kita sendiri. Sebagai seorang pemenang jangan pernah berhenti berjuang walaupun gagal berkali-kali. Buktikan bahwa kita pribadi yang tangguh, orang pastinya pernah gagal tapi hanya beberapa dari mereka yang tak terlalu lama untuk meratapi kegagalan tersebut. Untuk itu perbaiki dan lanjutkan kembali untuk meraih mimpi kita.

8. Takdir Bukan Untuk Ditunggu, Tapi Untuk Diraih

Yang kita butuhkan untuk membuat hidup lebih baik adalah usaha dari kita sendiri, bukannya bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu berusahalah semaksimal mungkin, dan jangan menggantungkan bantuan atau uluran tangan orang lain. Bila ingin menjadikan hiudp kita lebih baik sekarang tergantung dengan usaha kita untuk mengubah masalah menjadi suatu kesempatan dan tantangan menjadikan hidup kita lebih baik dan berarti.

Harus Punya Kemauan Keras Agar Mendapat Hasil Maksimal

Kesuksesan bisa kita raih dengan melakukan usaha yang semaksimal mungkin. Tapi usaha juga tak bisa kita dapatkan hanya dengan menunggu saat yang tepat dan juga dukungan terus menerus dari orang lain menyemati kita dalam meraih kesukesan. Usaha ini harus terlahir dari tekad dan kemuan yang kuat dari diri sendiri. Hal ini agar kita bisa menyemati diri sendiri dalam mencapai kesuksesan.

10. Marah Tak Akan Menyelesaikan Masalah dan Mengalah Bukan Berarti Kalah

Ada orang yang sensitif dan ada pula yang dikatakan tak punya emosi, untuk itu kenali diri kita termasuk yang emosional atau tidak. Bila iya kita perlu berlatih mengontrol atau mengendalilkan emosi kita. Melampiaskan emosi bukanlah hal tepat. Untuk itu berlatihlah menjadi orang yang sabar. Dengan kesabaran akan membuat pikiran jernih, dan dampaknya kita bisa menyelesaikan segala masalah dengan tepat.

11. Keberhasilan Melewati Proses dan Bantuan dari Orang Lain

Memang keberhasilan tak dapat digantungkan pada orang lain, tapi tak ada orang yang berhasil tanpa melewati proses dan bantuan orang lain. Disini menggantungkan dan mendapatkan bantuan berbeda. Kesukesan tergantung dari usaha untuk mengubah takdir menjadi lebih baik. Bila ingin takdir baik, maka hidup kita harus kita isi dengan sikap dan perlaku baik. Kerana meraih sesuatu tak bisa instan, begitu juga dengan kesuksesan.

12. Hadapi Masalah Dengan Keberanian

Setiap orang pastinya punya masalah sendiri-sendiri. Untuk itu jangan pernah menyerah saat kita sedang ada masalah, dan jangan hanya mengeluh dan menangis. Tetapi beranjaklah dari zona aman kita untuk menghadapi dan menemuka solusi menghadapi masalah tersebut. Bila memang kita tak bisa menyelesaikannya sendiran, jangan ragu untuk bercerita dan minta dukungan dari orang-orang terdekat kita. Dan saat menyelesaikan masalah tersebut artinya kita telah menapaki level dalam hidup yang lebih tinggi.

13. Orang Punya Tekat Kuat Bisa Melewati Rintangan Untuk Mencapai Mimpi

Untuk meraih kesukesan kita akan menghadapi berbagai rintangan yang memberikan efek yang kuat bagi kita hingga merasakan tekanan. Tapi orang yang sudah punya tekad kuat dalam meraih kesuksesan tak akan menyerah dengan segala rintangan yang ada. Malah saat mengalah rintang tersebut dijadikan sebagai tolak ukur apakah kita layak mendapatkan kesuksesan.

14. Tak Ada Manusia yang Sempurna

Memang tak ada manusia yang sempurna, tapi selama kita punya sikap untuk mau belajar dan berubah maka ketidaksempurnaan itulah kesempurnaan sejati. Kita tak bisa membandingkan kelebihan dan kelemahan masing-masing orang. Dan hal itu juga bukan sesuatu hal yang bagus, karena hal tersebut sama saja tak mensyukuri apa yang telah kita terima. Untuk mendapatkan hidup sebaik mungkin, kita perlu mau belajar dan berubah menjadi lebih baik baik terus menerus.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: