Profil Kartini Muljadi, Pembisnis Wanita Terkaya di Indonesia

Siapa bilang wanita tak bisa sukses untuk berbinis? Lihat saja sosok Kartini Muljadi, dia adalah sosok wanita yang punya mental baja dan kemampuan yang luar biasa. Dengan usaha kerasnya serta dukungan dari orang-orang tercinta, dia bisa membuktikan wanita juga berkarya bahkan mencapai kesukesan. Bahkan dia juga menempati predikat wanita terkaya di Indonesia. Untuk lebih mengenal Kartini Muljadi berikut ini ada biografi singkatnya.

Berawal dari Dunia Hukum

Kartini Muljadi Lahir di Kebumen Jawa Tengah pada tanggal 17 Mei 1930. Berasal dari keluarga yang cukup mapan sehingga membuatnya mangenyam pendidikan yang bagus. Sejak kecil dia mendapatkan pendidikan yang baik disalah satu sekolah khusus keturunan Belanda yang ada di Kebumen.

Menginjak remaja, dia memutuskan untuk mendapatkan pendidikan lebih tinggi dibeberapa kota besar. Semangatnya belajar tak pernah padam, ini terbukti dia pernha belajar di 3 univestitas berbeda (Surabaya, Yogyakarta, terakhir Jakarta). Untuk di Jakarta dia mengambil jurusan  Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan di Universitas Indonesia.

Setelah lulus dan mendapatkan gelar sarjana hukum pada tahun 1985, dia lantas bekerja di Pengadilan Istimewa Jakarta. Disana dia menjadi salah satu hakim muda yang menangani beberapa kasus (pidana, perdata serta kepailitan usaha).

Saat masih kuliah dia telah menemukan tambatan hatinya dan menikah dengan pria yang juga rekannya yaitu Djojo Muljadi, S.H.. Dan setelah lulus kuliah juga telah dikaruniai 2 orang putra. Tapi tak lama menjalini profesi hakim, takdir berkata lain sang suami tercinta meninggal dunia dikala keluarga masih membutuhkan sosok pemimpin keluarga.

Beralih Menjadi Notaris

Setelah sang suami meniggal, otomatis dia menjadi tulang punggung keluarganya. Kebutuhan hidup untuk mencari sumber penghasilan yang lebih baik, memutuskan dia untuk keluar dari jabatan hukum dan mendaftar sebagai notaris. Dengan pengalaman serta koneksi, membuat dia tak kesulitan untuk masuk dunia notaris. Bahkan tak lama berselang karirnya melesat. Selain menjadi notaris, disela-sela waktunya dia juga menjadi dosen pengisi di beberapa universitas di Jakarta.

Tahun 1990-an menjadi awal puncak dari karirnya. Dia memutuskan keluar dari firma notaris dan mendirikan sebuah kantor kosultan miliknya sendiri. Dan akhirnya kantor konsultannya ini menuai kesuksesan besar. Banyak perusahaan besar yang menggunakan jasanya, ini juga yang menjadikan Kartini sebagai pemilik bisnis jasa konsultan paling sukses kala itu.

Menjadi Wanita Terakaya di Indonesia

Dalam daftar orang terkaya versi Forbes, memang pengusaha wanita hanya ada beberapa saja yang tercantum didalamya kebanyakan adalah pria jutawan. Tapi di Indonesia sendiri, Kartini Muljadi satu-satunya wanita yang ada didalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Dengan menempati posisi 29 dengan total kekayaan USD 1,1 miliar.

Bukan hanya suskes mendirikan kantor pengacara dan konsultan, tapi Kartini juga sukses menurunkan bakat bisnisnya ke buah hatinya. Kini dia memiliki 3 penerus yang sudah mulai menunjukkan bakat besar seperti ibunya.

Mereka adalah Sucipto Muljadi pemilik multi perusahaan salah satunya XINTAI – Well head & X – Mastree. Putra kedua Handoyo Muljadi menjadi pemilik kelompok bisnis Tempo Scan Group. Dan terakhir putrinya Dian Muljadi ikut sang kakak mengelola Tempo Scan. Selain itu juga masih ada jaringan bisnis keluarga Mulajadi yakni Indika Group yang dikelola Dian dengan sang suami.

Puncaknya saat Tempo Scan Group melapas sahamnya dan mendatangkan income tak kurang dari USD 218 juta. Tentunya ini juga ikut melambungkan posisi keluarga Muljadi menjadi salah satu yang terkaya di Indonesia.

Semua pencapian yang didapatkan oleh Katini Mujadi membuktikan genre bukan menjadi masalah untuk mendapatkan kesuksesan besar. Asalkan kita mau bekerja keras untuk mencapai kesukesan maka tak heran kesuksesan akan datang kepada kita.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: