11 Jurusan Mata Kuliah Populer, Makul yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya

Pertanyaan mendasar bagi kita yang akan mengambil kuliah (memilih jurusan) adalah pekerjaan apa yang nantinya akan kita kerjakan bahkan perusahaan seperti apa yang cocok untuk kita nanti. Hal ini adalah pertanyaan yang umumnya dan sering membingungkan kita serta banyak membuat para pelajar ragu untuk memilih program tertentu.

Kurangnya informasi mengenai lapangan kerja yang ada (sesuai) dengan jurusan kita, terkadang banyak membuat mahasiswa untuk berhenti maupun berpindah ke jurusan lain di pertengahan masa kuliah. Agar dapat mengantisipasi hal tersebut, maka berikut ini daftar jurusan berbeda lengkap dengan pembelajaran dan lapangan kerja kerja yang dapat kita jadikan referensi :

1. Kuliah Jurusan Matematika dan Prospek Kedepannya

Pada jurusan ini kita akan mempelajari tentang rumus-rumus matematika, pengaplikasian rumus matematika di kehidupan, dan juga pengolahan data saham maupun biasa.

Untuk bidang kerjanya dapat berupa di perusahaan pemerintah maupun swasta (untuk pengolahan data), jasa pengolah data, dan juga dapat di bank.

Baca juga : Apakah Kuliah Menjamin Kita Sukses?

Pada dasarnya orang yang serius masuk di jurusan matematika bisa kerja dimanapun ia mau, karena inti dari belajar matematika itu bukan pada rumus eksaknya melainkan pada konsepsi dasar dan pola pikir serta mampu mempolakan sesuatu yang tidak berpola. Dan ini sangat berguna di segala bidang untuk memecahkan segala macam problematika dengan cepat, akurat dan tersistematis.

2. Kuliah Jurusan Bahasa dan Prospek Masa Depan

Untuk mata kuliah yang akan dipelajari adalah sejarah linguistik serta etimologi suatu bahasa, struktrur serta tata cara penggunaan, ilmu komunikasi yang baik.

Sedangkan untuk lapangan pekerjaannya sebagai penerjemah (bisa di perusahaan asing maupun pemerintah, wisatawan), jurnalis, pegawai bidang perhotelan (resepsionis, sales,marketing bahkan bisa sebagai guest relation).

Jadi, dengan belajar bahasa kita bisa lebih memanusiakan manusia dengan cara berkomunikasi yang baik dan lebih mengerti apa yang menjadi maksud lawan bicara.

3. Kuliah Jurusan Kependidikan dan Prospek Kerjanya

Untuk hal yang kita pelajari mengatur dan merencanakan segala proses pendidikan termasuk juga proses pendidikan termasuk kurikulum serta teknologi pendukung dan mempelajari setiap proses keguruan.

Sedangkan lapangan kerjanya pada sektor pendidik (guru), pembibing untuk suatu lembaga pendidikan khusus, aktivitas pengembangan karakter, pegawai untuk lembaga sosial.

Baca juga : Ini Dia Mata Kuliah di Jurusan Manajemen

Untuk jurusan ini ada banyak sekali program studi (prodi)nya misalkan Pendidikan Matematika, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dll.

4. Kuliah Jurusan Akutansi dan Masa Depan Kerjanya

Dalam jurusan akutansi yang akan dipelajari adalah tata buku, rincian keuangan bahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pencatatan keuangan.

Untuk lapangan kerjanya seperti akuntan, internal auditor, akuntan publik atau pemerintah, akuntan pajak, serta akuntan pendidik.

Jurusan akuntansi ini dibutuhkan di segala bidang, entah instansi swasta atau pemerintahan. Karena keuangan adalah inti / nyawa suatu perusahaan agar tetap bisa hidup. Jika keuangannya kacau maka jalannya roda administrasi pasti akan terganggu.

Jadi jika Anda serius kuliah maka saya yakin, Anda tidak akan kesulitan dalam mencari pekerjaan atau bahkan bisa membuka usaha bisnis sendiri.

5. Kuliah Jurusan Teknik dan Prospek Kerjanya

Di jurusan teknik ini juga masih terbagi lagi menjadi beberapa jurusan :

Teknik Informasi

Hal yang akan dipelajari seperti segala masalah mengenai transfomasi dan pengolahan fakta yang berupa data melalui komputer.

Sedangkan untuk bidang kerjanya dapat berupa di pegawai untuk industri hardware maupun juga software, birojasa komputer, maupun sebagai pegawai di beberapa lemabaga pemerintag, dan juga dapat wiraswasta.

Teknik Lingkungan

Disini kita akan mempelajari ilmu pengetahuan tentang lingkungan hidup agara manusia lebih terjamin kualitas hidupnya.

Lapangan kerjanya di bidang staf penelitian, pegawai pada lembaga pemerintah maupun juga di non-pemerintah, contohnya di perusahaan developer maupun kontraktor.

Teknik Sipil

Untuk hal yang akan dipelajari seperti perencanaan, pengolahan, kontriksi sampai dengan perencanaan suatu bangunan dari segi teknik dan mekanika lainnya.

Bidang atau lapangan kerjanya di konsultan untuk lembaga pemerintah maupun non-pemerintah (perusahaan developer maupun kontraktor).

6. Jurusan Arsitektur

Hal yang kita pelajari seperti tata ruang beserta dengan perencanaan, konstruksi serta pemanfaatan suatu ruang untuk meningkatan fungsinya.

Sedangkan lapangan pekerjaan yang ada seperti arsitek, konsultan perencenaan serta merancang sebuah bangunan, konsultan arsitek mandiri, arsitek dalam perusahaan developer maupun sebagai kontraktor.

Baca juga : 13 Kunci Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses

Sebenarnya Teknik Sipil dan Arsitektur ini hampir sama, tapi fokusnya berbeda. Kalau arsitektur lebih fokus ke desain dan perencanaan, sedangkan teknik sipil ke aplikasiannya di lapangan. Ya hampir sama perbedaanya seperti Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

7. Kuliah Jurusan Farmasi dan Prospeknya

Yang akan kita pelajari adalah ilmu mengenai pembuatan obat-obatan yang meliputi sains mendasar seperti kimia, biologi serta kimia.

Lapangan kerja yang sejalur seperti pegawai pada perusahaan obat-obatan, komestik maupun produk kimia, apoteker, peneliti, dan juga tenaga pendidik.

pendidik maupun dokter pada instansi khusus (di sekolah, perusahaan maupun pemerintah).

8. Kuliah Jurusan Sains dan Prospek Kerjanya

Untuk jurusan sains ini masih dibagi lagi menjadi beberapa jurusan seperti :

Jurusan Biologi

Untuk yang dipelajari adalah mempelajari tentang makhluk hidup dan tingkah lakunya, fungsi serta perkembangan dan pengaruhnya terhadap lingkungannya (anatomi, fisiologi, genetika, dan hal-hal lainnya).

Lapangan kerjanya adalah di pegawai pemerintah (Departemen Kesehatan), pegawai farmasi, pegawai pada industri makanan.

Jurusan Fisika

Disini kita akan mempelajari ilmu pengetahuan alam seperti mekanika, termodinamika, fisika modern bahkan sampai dengan kuantum.

Untuk lapangan kerjanya di staf peneliti, pegawai pemerintah (LIPI, BATAN, BPPT), spesialis untuk masalah teknik elektro, teknik fisika (sangat cocok untuk industri otomotif, konsultan teknik dan lain sebagainya).

Jurusan Kimia

jurusan ini kita akan mempelajari sifat-sifat zat serta manfaatnya (seperti fisik, kimia organik, teknik kimia serta biokimia).

Untuk lapangan kerjanya sebagai pegawai dalam bidang industri tekstil, makanan, pertambangan, perminyakan, kimia serta di perkebunan.

9. Kuliah Jurusan Geofisika dan Prospek Kerjanya

Yang akan dipelajari adalah merancang kegiatan eksplorasi dengan seefektif mungkin, pemetan titik dan zona bencana bumi contohnya gempa bahkan mengumpulkan data-data yang berguna demi kepentingan produksi.

Baca juga : 10 Istilah Umum di Jaringan Internet

Untuk lapangan kerja yang tersedia seperti konsultan pengembangan serta perencaan wilayah, pegawai lembaga pemetaan serta eksplorasi Sumber Daya Alam (SDA).

10. Kuliah Jurusan Hukum dan Prospek Kerjanya

Kita akan mempelajari tentang peraturan perundang-undangan, sejarah serta suatu politik tertentu, hukum serta semua ilmu yang mendukungnya.

Lapangan kerja yang ada seperti pegawai militer, pengacara, jaksa, notaris (pemerintah serta publik), polisi maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

11. Kuliah Jurusan Kedokteran dan Prospek Kerjanya

Ilmu yang kita pelajari seperti ilmu kedokteran yang dasar, contohnya pengobatan serta spesialis untuk beberapa penyakit pada bagian tubuh tertentu.

Untuk lapangan kerjanya seperti dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, perawat, dokter

Pekerjaan Sesuai dengan Kemampuan dan Keinginan

Tentunya masih banyak lagi jurusan yang tak kita bahas disini dan Anda inginkan. Namun yang harus kita ingat bahwa pemilihan jurusa ini haruslah menjanjikan lapangan kerja luas tak juga menjamin kita untuk mendapatkan pekerjaan.

Mendapatkan pekerjaan juga lebih bergantung pada pengetahuan kita, untuk memaksimalkan masa kuliah dan fasilitas yang diberikan semasa kuliah adalah hal yang penting dan harus kita perhatikan.

Referensi : cermati.com

Cari Artikel di Sini


11 Jurusan Mata Kuliah Populer, Makul yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: