6 Jenis Batu Akik Paling Diburu Oleh Pecinta Batu Akik

Demam batu akik sempat melanda sebagian warga masyarakat Indonesia. Tua, muda, kalangan biasa sampai kalangan atas pun senantiasa mengkoleksi berbagai macam batu unik untuk dijadikan hiasan dalam akik yang mereka pakai di jari. Wilayah Indonesia mungkin menjadi surga bagi para pecinta batu akik. Batu akik yang ada di Indonesia tidak hanya diburu oleh para kolektor lokal saja, melainkan juga diburu oleh para kolektor dari mancanegara.

Dari sekian banyak jenis batu akik yang ada di Indonesia, ada beberapa jenis batu akik yang digemari oleh para pecinta batu akik. Bagi anda yang mengaku pecinta batu akik maupun anda yang sedang mulai mendalami bisnis batu akik, ada baiknya anda mempunyai satu dari sekian banyak jenis batu akik yang menjadi favorit demi kepuasan tersendiri. Apa saja batu akik yang menjadi favorit dan populer di kalangan para pecinta batu akik? Perhatikan ulasannya berikut ini.

1. BATU AKIK BACAN HIJAU

Gambar Batu Akik Bacan Hijau (Gambar : bukalapak.com/aldifernando)

Batu akik ini berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara tepatnya di Pulau Kasiruta. Batu ini menjadi primadona para pecinta batu akik, khususnya para pecinta batu akik yang berasal dari luar Indonesia. Salah satu kelebihan batu akik ini adalah batu ini bisa bermetamorfosa secara alami dan semakin lama akan semakin indah.

2. BATU AKIK SUNGAI DAREH

Batu akik yang satu ini bisa anda temukan di daerah Sumatera Barat. Selain para kolektor yang memfavoritkan batu akik ini, banyak juga pemimpin negara yang memakai batu akik sungai dareh.

3. BATU AKIK SAFIR

Batu akik yang satu ini harganya cukup mahal dan mempunyai segmen pasar berbeda dari batu akik lainnya. Warnanya begitu dikagumi dan konon katanya memiliki khasiat menenangkan jiwa dan pikiran kalut dari pemiliknya. Khasiat tersebut semakin memberi nilai plus bagi batu akik safir ini.

4. BATU AKIK KALIMAYA

Gambar batu akik kalimaya (gambar : bintang.com)

Meskipun tekstur batu akik ini lembek, namun tetap menjadi primadona para pecinta batu akik. Ciri khas dari batu akik Kalimaya adalah warnanya mirip dengan berlian dan merupakan batu akik nomor satu paling dicari oleh para kolektor. Batu akik ini dikenal dengan sebutan opal di luar negeri dan dapat anda temukan di daerah tambang yang ada di Banten.

5. BATU AKIK KALSEDON

Ciri khas batu akik ini adalah teksturnya yang seperti terselimuti kabut transparan. Batu ini bisa anda temukan di daerah Jawa Barat dan juga Sulawesi Tenggara. Baru baru ini batu akik kalsedon juga ditemukan di daerah Pacitan, Jawa Timur.

6. BATU AKIK TOPAZ

Batu akik topaz biasanya berwarna jingga, kuning, atau kemerahan. Batu ini banyak ditemukan di luar negeri dan mempunyai khasiat berupa mengurangi depresi bagi para penggunanya.

Itulah beberapa jenis batu akik yang menjadi primadona para pecinta batu akik di seluruh dunia. Kebanyakan dari batu akik tersebut ternyata ditemukan di Indonesia. Maka dari itu, Indonesia bisa dikatakan sebagai surga bagi para pecinta batu akik. Sebuah prestasi yang membanggakan.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: