10 Istilah Umum di Jaringan Internet yang Penting Anda Ketahui

Pastinya hampir setiap hari kita menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, baik itu sekedar mencari berita maupun bekerja.

Tapi mungkin kita belum mengetahui beberapa istilah yang sering ada dan digunakan dalam jaringan internet. Apalagi bagi kita yang masih terhitung awam dengan dunia internet.

Agar kita paham serta menambah pengetahuan akan seputar jaringan internet, mari simak penjelasan beberapa istilah penting yang akan kita temui dalam bidang jaringan internet.

1. DNS (Domain Name System)

DNS merupakan singkatan dari Domain Name System adalah sebuah sitem yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam informasi tentang suatu host maupun domain melalui jaringan yang digunakan TCP atau IP (Transmission Control Protocol atau Internet Protocol).

DNS ini pertama kali ditemukan oleh Paul Mockapetris pada tahun 1983. Secara analogi, DNS ini dapat kita ibaratkan seperti halnya sebuah buku telepon yang akan menyimpan data tentang semua nama komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

DNS server ini akan melakukan pengecekan menganai IP address yang kita minta sehingga komputer kita dapat terhubung dengan komputer lainnya melalui internet.

2. WWW (World Wide Web)

WWW adalah suatu akses informasi yang dapat digunakan oleh URL dalam mengidentifikasi berbagai konten yang ada di internet. Pertama kali konsep www ini dikembangkan pada tahun 1989 oleh Berners serta Lee pada tahun 1991.

Kedua rekan ini pada awalnya hanya berkeinginan untuk membuat sebuah sistem untuk merapikan arsip-arsip pentingnya.

Akan tetapi ternyata sistem yang dibuat serta dikembangkan oleh Berners serta Lee ini mampu menghubungkan berbagai arsip terkait serta mulai menjelma sebagai cikal bakal dari web modern seperti yang kita jumpai sekerang ini.

3. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

Hyper Text Transfer Protocol atau sering disingkat dengan HTTP adalah suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web serta mencantunkan bermacam-macam informasi dalam sebuah browser internet. HTTP ini akan mengatur segala aksi yang harus dilakukan oleh sebuah web server maupun web browser.

Jadi dengan lain ketika kita sedang mengetikkan URL pada browser, maka saat itu browser akan mengirimkan sebuah perintah HTTP pada web server. Perintah inilah yang kemudian akan diterima oleh web browser serta akan diterjemahkan sebagai tampilan website maupun blog pada browser yang sedang kita gunakan.

4. IP Address (Internet Protocol Address)

IP Address adalah angka-angka yang menunjukkan sebuah alamat website

IP atau Internet Protocol Addres adalah suatu deretan bilangan biner (0,1) dengan kisaran anatar 32-bit sampai dengan 128-bit yang dipakai sebegai alamat identifikasi bagi sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

IP Address ini sering dianggap sebagai alamat protocol publik sehingga apabila suatu rentang alamat IP disediakan untuk kepentingan penggunaan pribadi oleh suatu kelompok pengguna internet. Sedangkan IP Address ini umumnya diatur untuk penggunaan privat agar keamanan jaringan dapat lebih ditingkatkan lagi serta tak dapat digunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Jadi setiap alamat website itu pasti punya IP Addressnya, jadi misalkan alamat web ini rocketmanajemen.com, alamat tersebut dapat diakses dengan menggunakan sederet angka IP Address.

5. Broadband

Broadband merupakan suatu proses pengiriman serta penerimaan data dengan menggunakan perantara sistem jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi. Istiah broadband sendiri umumnya kita gunakan untuk penyebutan kecapatan internet yang berkisar antara 256 kbps hingga 100mbps yang telah terhubung dengan sebuah perangkat yang digunakan oleh pengguna inernet.

Untuk perinsip kerja dari broadband ini sendiri adalah melakukan proses transmisi data serta mengubahnya menjadi berbagai bentuk data ke dalam satuan bit yang akan dikirimkan kepada kita melalui media internet. Pada saat ini kita sudah dapat menggunakan fasilitas broadband ini melalui perantara kabel telepon maupun perangkat nirkabel pada rumah maupun kantor kita.

6. Bandwidth

Bandwidth atau sering juga disebut sebagai data transfer maupun site trafic. Bandwidth ini adalah konsep perhitungan konsumsi data dalam sistem telekomunikasi.

Atau boleh kita katakan bahwa bandwidth merupakan jumlah data yang akan keluar masuk pada sebuah akun internet kita. Bandwidth ini umumnya akan dihitung dalam satuan bit per detik (atau sering disingkat menjadi bps).

Semakin tinggi atau besar nilai bandwidth ini pada sebuah jaringan internet yang sedang kita gunakan, maka semakin meningkat pula kecepatan transfer data yang dapat kita lakukan melalui internet. Nilai bandwidth yang besar untuk saat ini sering menjadi suatu daya tarik tersendiri dalam persaingan provider penyedia jasa layanan internet.

7. URL (Uniform Resource Locator)

URL atau Uniform Resource Locator adalah serangkaian karakter dengan standar format tertentu yang digunakan sebagai alamat untuk menuju ke suatu halaman internet tertentu semisal saja website, blog maupun gambar.

URL umumnya akan berisikan informasi tentang host komputer yang akan diakses dan nama dokumen serta jenis protokol yang akan digunakan ketika mengakses halaman web.

Gampangnya URL itu alamat website, jadi facebook.com, twitter.com, google.com itu namanya URL.

8. Web Browser

Web Browser

Web Browser adalah software yang digunakan untuk menjelajah URL (alamat website) di internet

Web browser adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengakses website tersebut. Jadi sebuah website itu memiliki sebuah alamat (url), untuk mengakses alamat tersebut kita butuh aplikasi yang bernama web browser.

Brower itu dari kata bahasa inggris yang berarti penjelajah / alat jelajah. Makannya, orang yang beraktivitas di internet biasa disebut dengan surfing / pelancar / peluncur / penjelajah. Karena menjelajah dunia maya melalui sebuah aplikasi yang dinamakan web browser.

Web browser yang populer saat ini adalah Google Chrome, Safari, Firefox, dll. Browser juga tersedia di hampir semua sistem operasi baik desktop maupun mobile.

9, Add Ons Web Browser

Di dalam web browser ada sebuah add-ons ataupun tools yang dapat kita tambahkan dan hapus sesuai dengan kebutuhan kita. Fungsi add ons ini adalah untuk memperkaya fitur yang ada di browser.

Add ons yang populer digunakan misalkan Ad block, Nimbuss Screenshots, dll. Jadi, add ons ini sangat berguna agar saat kita berselancar menjadi semakin mudah.

10. Server

Server itu bisa dikatakan “gudang” data di internet. Jadi semua data yang kita akses di internet di simpan dalam sebuah tempat yang berisi harddisk-harddisk yang jumlahnya sangat banyak bisa jutaan.

Jadi logika kita dalam mengakses sebuah file di internet itu seperti kita mengakses data dari harddisk / flashdisk. Bedanya kalau di komputer kita, harddisk tersebut ya ada di komputer kita (offline), tapi kalau di internet harddisknya ada di belahan dunia lain. Dan untuk mengakses data tersebut kita perlu jalan yang dinamakan internet.

Demikian tadi penjelasan mengenai beberapa istilah penting dalam jaringan internet. Semoga dalam penjelasan tadi mampu menambah pengetahuan serta informasi bagi anda semua.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: