500+ Istilah Lengkap Akuntansi dan Artinya (A-N)

Istilah Akuntansi – Dalam setiap bidang tentu memiliki istilah berbeda-beda meskipun pada suatu hal yang sama. Seperti misalnya dalam militer terdapat kode seperti alpha dan lainnya yang memiliki arti berbeda dari alpha dalam matematika.

Akuntansi juga memiliki istilah tersendiri dalam bidangnya. Nah untuk menghindari salah memahami arti istilah, seorang akuntan harus mengetahui apa saja istilah yang ada dan apa maksud atau artinya.

Terdapat banyak sekali istilah akuntansi yang ada, belum lagi terkadang istilah akuntansi bahasa inggris berbeda dengan bahasa indonesia jika diartikan secara harfiah. Agar memudahkan pembaca sekalian dalam artikel ini telah dirangkum 500 lebih istilah akuntansi dari berbagai sumber, selamat membaca.

Artikel Lain : 9 Langkah Mudah Siklus Akuntansi Untuk Perusahaan Dagang

Istilah Akuntansi

Berikut ini berbagai istilah yang ada dalam akuntansi dan diurutkan berdasarkan abjad. Jika anda ingin mencari istilah silahkan tekan Ctrl+F dan ketik istilah yang ingin anda temukan. Langsung saja inilah istilah akuntansi lengkap dan artinya.

A

Accounting (Akuntansi) adalah seni dalam mencatat, menggolongkan, mengikhtisarkan serta menafsirkan transaksi-transaksi finansial yang dilakukan oleh perusahaan.

Accounting Equation (Persamaan Akuntansiadalah kesamaan antara jumlah harta (asset ) dengan hak terhadap harta tersebut ( equity ); kesamaan antara jumlah harta (asset ) dengan jumlah kewajiban ( liability ) serta hak pemilik.

Accounts Payable (Hutang Usaha)  adalah jumlah utang perusahaan yang diakibatkan oleh pembelian barang atau jasa on credit dari supplier atau vendor.

Accounts Receivable (Piutang Dagang) adalah jumlah hak perusahaan yang dapat diterima dikarenakan barang atau jasa perusahaan tersebut, terjual pada customer.

Accrual Accounting  (Akuntansi Akrual) adalah sebuah metode dimana pendapatan dicatat ketika diperoleh dan biaya diakui pada saat terjadinya, semua independen arus kas.

Accruals / Akrual adalah daftar biaya yang telah dikeluarkan dan dibebankan, tetapi tidak dibayar atau daftar penjualan yang telah selesai, tetapi belum ditagih.

Aktiva (Assets) adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan (harta). Aktiva merupakan sumber daya (resources) bagi perusahaan untuk melakukan usaha.

Aktiva Masih Harus Diterima (Accrued Assets) adalah pendapatan yang telah dihasilkan, tetapi belum dicatat diakun pendapatan. Contohnya adalah piutang dari orang lain.

Artikel Lain : Prinsip dan Pengertian dari Akuntansi Perbankan

Aktiva Tetap (Fixed Assets) adalah aktiva bernilai besar yang sifatnya tetap atau permanen, digunakan dalam kegiatan perusahaan dan tidak dijual kembali dalam kegiatan normal.

Aktivitas Investasi adalah perolehan dan pelepasan aset jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas.

Aktivitas Operasi adalah aktivitas penghasil utama pendapatan entitas (principal revenue-producing activities) dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.

Aktivitas Pendanaan (Financing) adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi kontribusi modal dan pinjaman entitas.

Akumulasi Penyusutan (Accumulated Depreciation) adalah perkiraan yang digunakan untuk mencatat secara akumulatif pembebanan biaya yang diakibatkan oleh pemakaian aktiva tetap. Perkiraan semacam ini secara umum disebut perkiraan kontra (contra account), yaitu perkiraan yang berfungsi mengurangi perkiraan lain.

Akuntansi Biaya adalah jenis akuntansi yang berfokus pada rekaman, mendefinisikan, dan pelaporan biaya yang berkaitan dengan fungsi operasi tertentu.

Akuntansi Departemen adalah memisahkan divisi operasi ke sub entitas mereka sendiri pada laporan laba rugi, menunjukkan pendapatan individu, biaya, dan laba bersih oleh entitas.

Akuntansi Keuangan adalah akuntansi berfokus pada pelaporan kegiatan suatu entitas kepada pihak eksternal , yaitu : pemegang saham.

Amortization (Amortisasi) adalah pengurangan bertahap jumlah dalam rekening dari waktu ke waktu, berupa aktiva atau kewajiban.

Anak Account adalah sub-akun yang mencapai atas laporan keuangan di bawah “account master”. Misalnya “Cash – Bank ABC” adalah salah satu dari beberapa akun anak perusahaan yang ada dibawah subtotal “Cash”.

Anggota Keluarga Dekat Dari Individu adalah anggota keluarga yang mungkin mempengaruhi, atau dipengaruhi oleh, orang dalam hubungan mereka dengan entitas. Mereka dapat termasuk:

  • Pasangan hidup dan anak dari individu
  • Anak dari pasangan hidup individu
  • Tanggungan dari individu atau pasangan hidup individu.

Artikel Lain : 10 Referensi Buku Akuntansi Terbaik

Anggota Manajemen Kunci  adalah orang-orang yang mempunyai kewenangan dan tanggung jawab untuk merencanakan, memimpin dan mengendalikan aktivitas entitas, secara langsung atau tidak langsung, termasuk direktur dan komisaris (baik eksekutif maupun tidak) dari entitas.

Arus Kas adalah ringkasan kas yang diterima dan disalurkan menunjukkan awal dan akhir jumlah.

Aset Keuangan adalah setiap aset yang berbentuk

  • Kas
  • Instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas lain
  • Hak kontraktual untuk menerima atau mempertukarkan aset keuangan atau liabilitas keuangan dengan entitas lain.

Aset Kontinjensi adalah aset potensial yang timbul dari peristiwa masa lalu dan tergantung pada kejadian masa datang yang tidak sepenuhnya berada dalam kendali entitas.

Aset Korporat adalah aset selain goodwill yang berkontribusi terhadap arus kas masa depan baik dari unit penghasil kas yang sedang ditelaah maupun unit penghasil kas lain.

Aset Lancar adalah suatu aset yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Diperkirakan dapat direalisasikan, atau dimaksudkan untuk dijual atau dipakai, dalam siklus operasi normal entitas
  • Tujuan utama dimiliki untuk diperdagangkan
  • Diperkirakan dapat direalisasikan dalam dua belas bulan setelah tanggal neraca
  • Kas atau setara kas, kecuali terdapat pembatasan untuk ditukarkan atau digunakan untuk menyelesaikan kewajiban setidaknya dalam dua belas bulan setelah tanggal neraca.

Aset Likuid adalah barang non-tunai atau properti lainnya yang dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai.

Artikel Lain : Contoh Soal Akuntansi Lengkap Dengan Pembahasannya

Aset Moneter adalah kas yang dimiliki dan aset yang akan diterima dalam bentuk kas yang jumlahnya pasti atau dapat ditentukan.

Aset Tetap adalah harta berwujud jangka panjang seperti bangunan, tanah, komputer, dll.

Aset Tidak Berwujud adalah aset nonmoneter yang dapat diidentifikasi tanpa wujud fisik.

Aset Tidak Lancar adalah aset yang tidak memenuhi definisi aset lancar.

 

Asset adalah properti dengan nilai tunai yang dimiliki oleh perusahaan atau individu.

Audit Trail adalah catatan setiap transaksi, ketika hal itu dilakukan, oleh siapa dan di mana , yang digunakan oleh auditor ketika memvalidasi laporan keuangan.

Auditor adalah akuntan pihak ketiga yang meninjau laporan keuangan suatu entitas untuk akurasi.

Ayat Jurnal (Journal Entry) adalah penyajian suatu transaksi ke dalam nama perkiraan dan jumlah yang harus didebit dan dikredit.

Ayat Jurnal Balik (Reversing Entries) adalah ayat jurnal yang dibuat (biasanya pada awal periode akuntansi) untuk membalik ayat jurnal penyesuaian yang dibuat sebelumnya.

Ayat jurnal balik dapat juga dikatakan sebagai ayat jurnal yang didebit dan kreditnya merupakan kredit dan debit ayat jurnal penyesuaian masing-masing dalam jurnal yang sama.

Artikel Lain : Pengertian Teori Akuntansi, Sifat dan Metode-metodenya

Ayat Jurnal Gabungan (Compound Journal Entry) adalah ayat jurnal yang terdiri dari dua atau lebih perkiraan yang harus didebit atau dikredit.

Ayat Jurnal Koreksi (Correcting Entries) adalah ayat jurnal yang dibuat untuk mengoreksi ayat jurnal lain yang dibuat sebelumnya.

Atau ayat jurnal untuk mengoreksi kesalahan yang terdapat dalam perkiraan-perkiraan aktiva, kewajiban, pendapatan, biaya dan modal.

Ayat Jurnal Penutup (Closing Entry) adalah ayat jurnal untuk menolkan saldo perkiraan-perkiraan sementara (nominal) yang dilakukan apabila akan dimulai pencatatan data akuntansi periode berikutnya.

Ayat Jurnal Penyesuaian (Adjusting Journal Entry) adalah ayat jurnal yang biasanya dibuat pada akhir suatu periode akuntansi untuk mengoreksi perkiraan-perkiraan tertentu sehingga mencerminkan keadaan aktiva, kewajiban, pendapatan, biaya, dan modal yang sebenarnya.

Artikel Lain : Pengertian Akuntansi Syariah dan Prinsip-Prinsipnya

B

Bagan Perkiraan (Chart of Accounts) adalah daftar perkiraan yang ada dalam perusahaan lengkap dengan nama dan nomor kode perkiraannya.

Balance Sheet (Neraca) adalah ringkasan status keuangan perusahaan, termasuk aset, kewajiban, dan ekuitas.

Bank adalah lembaga keuangan yang salah satu usahanya adalah memberikan pinjaman kepada perusahaan.

Bentuk Bertahap (Multiple Step) adalah perhitungan rugi laba di mana beberapa kelompok biaya dikurangkan dari pendapatan sehingga diperoleh beberapa pos perantara seperti misalnya laba bruto, laba usaha, laba bersih, dan lain-lain.

Bentuk Langsung (Single Step) adalah perhitungan rugi laba di mana semua pendapatan, baik yang berasal dari kegiatan normal maupun yang bukan disajikan bersama-sama.

Kemudian total dari semua pendapatan ini dikurangi dengan total semua biaya baik yang untuk kegiatan normal perusahaan maupun yang bukan.

Bentuk Skontro (Bentuk Perkiraan = Account Form) adalah penyajian neraca dimana aktiva diletakkan di sebelah kiri sedang kewajiban dan modal diletakkan di sebelah kanan sehingga menyerupai bentuk perkiraan.

Bentuk Stafel (Bentuk Laporan = Report Form) adalah penyajian neraca di mana kewajiban dan modal diletakkan di bawah aktiva.

Biaya (Expenses) adalah beban karena penurunan dalam modal pemilik, biasanya melalui pengeluaran uang atau penggunaan aktiva, yang terjadi sehubungan dengan usaha untuk memperoleh pendapatan.

Biaya Administrasi dan Umum (General and Administrative Expenses) adalah biaya-biaya yang terjadi dalam hubungannya dengan kegiatan perusahaan secara keseluruhan (administratif) dan biaya-biaya yang bersifat umum yang tidak dapat diidentifikasikan ke dalam kegiatan spesifik seperti misalnya produksi atau penjualan.

Artikel Lain : Pengertian Akuntansi Syariah dan Prinsip-Prinsipnya

Biaya Bunga (Interest Expense) adalah biaya yang timbul karena pinjaman uang.

Biaya Dibayar Di Muka (Prepaid Expensesadalah pengeluaran-pengeluaran untuk barang dan jasa yang akan digunakan atau memberi manfaat di masa mendatang.

Biaya Gaji (Salaries) adalah biaya yang berasal dari pemakaian jasa karyawan atau buruh yang dipekerjakan dalam perusahaan.

Biaya Hutang Tak Tertagih (Bad Debt Expense) adalah biaya yang berhubungan dengan tidak tertagihnya piutang.

Biaya Jasa Kini (Current Service Cost) adalah kenaikan nilai kini kewajiban imbalan pasti atas jasa pekerja dalam periode berjalan.

Biaya Jasa Lalu (Past Service Cost) adalah kenaikan nilai kini kewajiban imbalan pasti atas jasa pekerja pada periode-periode lalu, yang berdampak terhadap periode berjalan akibat penerapan awal atau perubahan terhadap imbalan pasca kerja atau imbalan kerja jangka panjang lainnya. Biaya jasa lalu dapat bernilai positif (ketika imbalan diadakan atau diubah sehingga nilai kini kewajiban imbalan pasti meningkat) atau negatif (ketika imbalan yang ada diubah sehingga nilai kini kewajiban imbalan pasti menurun).

 Biaya Lain-Lain (Other Expenses) adalah biaya-biaya yang tidak berhubungan dengan kegiatan utama perusahaan.

Biaya Masih Harus Dibayar (Accrued Expenses) adalah biaya-biaya yang sudah merupakan beban walaupun hutang yang bersangkutan belum saatnya merupakan kewajiban.

Biaya Pelepasan adalah tambahan biaya yang secara langsung terkait dengan pelepasan aset atau unit penghasil kas, tidak termasuk biaya pendanaan dan beban pajak penghasilan.

Artikel Lain : Pengertian Teori Akuntansi, Sifat dan Metode-metodenya

Biaya Penjualan (Sales Expenses) adalah biaya-biaya yang terjadi dalam hubungannya dengan kegiatan menjual dan memasarkan barang.

Biaya Penyusutan (Depreciation Expense) adalah biaya yang timbul karena pemakaian aktiva tetap berwujud.

Biaya Perlengkapan (Supplies Expense)  adalah biaya yang timbul karena pemakaian perlengkapan (bahan pembantu).

Biaya Perolehan adalah  jumlah kas atau setara kas yang dibayarkan atau nilai wajar sumber daya yang dikeluarkan untuk memperoleh aset pada saat aset tersebut diakuisisi atau dibangun, atau saat tersedia, nilai tersebut diatribusikan pada aset ketika pengakuan awal sesuai dengan persyaratan tertentu PSAK.

Biaya Serba-Serbi (Miscellaneous Expenses) adalah biaya yang terdiri dari bermacam-macam transaksi yang jumlahnya kecil, tidak sering terjadi dan tidak tertampung dalam satu perkiraan biaya yang ada.

Biaya Sewa (Rent Expense) adalah biaya yang timbul karena pemakaian sewa.

Biaya Untuk Menjual adalah biaya tambahan yang secara langsung dapat diatribusikan kepada pelepasan aset (atau kelompok lepasan), selain biaya keuangan dan beban pajak penghasilan.

Bisnis adalah suatu rangkaian terpadu dari kegiatan dan aset yang mampu diadakan dan dikelola dengan tujuan memberikan hasil dalam bentuk dividen, biaya yang lebih rendah, atau manfaat ekonomi lainnya secara langsung kepada investor atau pemilik, anggota, atau peserta lainnya.

Bookkeeping (Pembukuan) adalah informasi rekaman keuangan .

Budgeting (Penganggaran) adalah proses untuk menempatkan pendapatan dan pengeluaran diperkirakan account, yang jumlahnya akan dibandingkan dengan pendapatan aktual dan biaya untuk analisis varians.

Bukti Kas Kecil / BKK (Petty Cash Voucher) adalah bukti yang diperlukan pada saat kasir mengeluarkan dana kas (untuk pembentukan dana kas kecil dan pada saat pengisian kembali dana kas kecil).

Bukti Pengeluaran Kas Kecil (BPKK) adalah bukti yang digunakan untuk mempertanggungjawabkan pemakaian dana kas kecil.

Buku Besar (Ledger) adalah kumpulan dari perkiraan-perkiraan yang saling berhubungan dan merupakan suatu kesatuan tersendiri.

Buku Besar Khusus (Special Ledger) adalah buku besar tambahan yang dirancang untuk mengumpulkan informasi lebih rinci guna mendukung informasi yang terdapat pada salah satu perkiraan di buku besar.

Buku Besar Tambahan (Subsidiary Ledger) adalah kadang-kadang disebut juga buku besar pembantu.

Buku Harian Khusus (Special Journal) adalah buku harian (jurnal) yang dirancang untuk mencatat suatu transaksi (atau beberapa transaksi) tertentu.

Buku Hutang (Accounts Payable Ledger) adalah kadang-kadang disebut juga dengan buku tambahan hutang buku besar tambahan untuk perkiraan hutang. Buku hutang merupakan kumpulan dari kartu hutang.

Buku Memorial (General Journal) buku yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang tidak dapat memasukkan ke dalam ke empat buku harian yang lain. Buku Memorial disebut juga Buku Prima Nota atau Buku Catatan Serba-serbi. kadang-kadang disebut juga buku harian umum,

Artikel Lain : Tips Cara Cepat dan Mudah Belajar Akuntansi

Jurnal Umum (Buku Jurnal) adalah buku harian yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang tidak dapat dimasukkan dalam salah satu buku harian khusus.

Buku Pembelian (Purchases Journal) adalah buku harian yang khusus digunakan untuk mencatat pembelian barang dagang secara kredit.

Buku Penerimaan Kas (Cash Receipt Journal) adalah buku harian yang digunakan khusus untuk mencatat semua penerimaan uang termasuk penjualan tunai.

Buku Pengeluaran Kas (Cash Disbursement Journal) adalah buku harian yang khusus digunakan untuk mencatat semua pengeluaran uang termasuk pembelian barang dagang secara tunai.

Buku Penjualan (Sales Journal) adalah buku harian yang digunakan khusus untuk mencatat penjualan barang dagang secara kredit.

Buku Persediaan (Inventory Subsidiary Ledger) adalah kumpulan dari kartu persediaan. Kadang-kadang disebut buku stok.

Buku Piutang (Accounts Receivable Subsidiary Ledger) adalah buku besar tambahan untuk perkiraan piutang. Buku piutang merupakan kumpulan dari kartu piutang. kadang-kadang disebut buku tambahan piutang

Buku Voucher (Voucher Register) adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua voucher yang dikeluarkan.

Bursa Efek (Stock Exchange) adalah tempat dimana surat-surat berharga seperti saham dan obligasi diperdagangkan.

Artikel Lain : 7 Fungsi Dasar dari Akuntansi

C

Capital Stock  (Modal Saham) adalah ekuitas neraca yang menggambarkan jumlah saham yang dijual kepada pemegang saham pada nilai yang telah ditentukan per saham, juga disebut “saham biasa” atau “saham preferen”.

Capital Surplus adalah ekuitas akuntansi neraca untuk jumlah pemegang saham yang dibayarkan yang lebih besar atau lebih kecil dari “modal” jumlah

Capitalized Expense (Beban Dikapitalisasi) adalah biaya yang diakumulasi, tidak dibebankan pada saat terjadinya, harus diamortisasi selama jangka waktu tertentu, yaitu biaya pengembangan produk baru

Cash Register adalah daftar yang berisi permintaan maupun penerimaan kas yang dilakukan oleh kasir.

Cash-Basis Accounting adalah sebuah metode di mana pendapatan dan beban dicatat pada saat mereka dibayar.

Catatan adalah perjanjian tertulis untuk membayar uang yang dipinjam, kadang-kadang digunakan sebagai pengganti “pinjaman”

Catatan Atas Laporan Keuangan adalah catatan atas laporan keuangan berisi informasi tambahan atas apa yang disajikan dalam laporan posisi keuangan, laporan pendaptan komprehensif, laporan laba rugi terpisah (jika disajikan), laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas.

Catatan atas laporan keuangan memberikan penjelasan atau rincian dari pos-pos yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut dan informasi mengenai pospos yang tidak memenuhi kriteria pengakuan dalam laporan keuangan.

Chart of Accounts adalah daftar rekening perusahaan dan nomor yang berhubungan

Cost Freight and insurance (CIF) adalah syarat penjualan di mana penjual menanggung biaya pengiriman dan asuransi terhadap kerugian atas barang yang bersangkutan.

Artikel Lain : 6 Langkah Membuat Proposal Akuntansi

D

Daftar Piutang (Schedule of Receivables) adalah daftar yang memuat saldo piutang kepada tiap-tiap langganan (debitur) pada suatu saat tertentu.

Daftar Umur Piutang (Aged Receivables) adalah daftar saldo piutang pada saat tertentu yang dikelompokkan menurut golongan umur.

Dana kas kecil (petty cash)  adalah sejumlah uang tunai tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan digunakan untuk melayani pengeluaran-pengeluaran tertentu.

Biasanya pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan melalui dana kas kecil adalah pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya tidak besar. Pengeluaran-pengeluaran lain dilakukan melalui bank (dengan check).

Debit (Debet) adalah sisi sebelah kiri perkiraan. Didebit berarti pada sisi sebelah kiri perkiraan yang bersangkutan dicatat suatu jumlah tertentu.

Dividen adalah jumlah yang dibayarkan kepada pemegang saham dari laba saat ini atau ditahan.

E

Ekuitas adalah uang yang terutang kepada pemilik atau pemilik perusahaan, juga dikenal sebagai “modal pemilik”

Entitas Anak adalah suatu entitas, termasuk entitas bukan perseroan terbatas seperti persekutuan, yang dikendalikan oleh entitas lain (dikenal sebagai entitas induk). (Entitas induk atau entitas anaknya mungkin menjadi investor dalam suatu entitas asosiasi atau venturer dalam pengendalian bersama entitas. Dalam hal tersebut, laporan keuangan konsolidasian yang disusun dan disajikan sesuai dengan PSAK

Entitas Asosiasi adalah suatu entitas, termasuk entitas nonkorporasi seperti persekutuan, dimana investor mempunyai pengaruh signifikan dan bukan merupakan entitas anak ataupun bagian partisipasi dalam ventura bersama.

Entitas Bersama adalah suatu entitas, selain entitas yang dimiliki investor, yang memberikan dividen, biaya lebih rendah, atau manfaat ekonomi lain, secara langsung kepada pemilik, anggota, atau peserta. Misalnya, perusahaan asuransi bersama, credit union, dan koperasi.

Entitas Induk adalah suatu entitas yang mempunyai satu atau lebih entitas anak.

Entitas Pemerintah Yang Mempunyai Hubungan Istimewa adalah entitas yang dikendalikan, dikendalikan bersama, atau dipengaruhi secara signifikan oleh pemerintah

Artikel Lain : Info Lengkap Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

F

Faktur adalah penagihan asli dari penjual kepada pembeli, menguraikan apa yang dibeli dan syarat penjualan, pembayaran, dll

FIFO (First In First Out) adalah metode penetapan harga pokok persediaan dimana dianggap bahwa barang-barang yang terdahulu dibeli akan merupakan barang yang dijual pertama kali. Dalam metode ini persediaan akhir dinilai dengan harga pokok pembelian yang paling akhir.

Fitur Penambahan Kembali (Reload Feature) adalah fitur yang memberikan opsi saham tambahan secara otomatis apabila pemegang opsi mengeksekusi opsi yang diterima sebelumnya dengan menggunakan saham entitas, dan bukannya kas, untuk memenuhi harga eksekusi.

FOB Destination (Bebas Sampai Tempat Tujuan) adalah salah satu syarat penyerahan barang dimana biaya angkut barang dan gudang penjual sampai gudang pembeli di tanggung oleh pihak penjual.

FOB Shipping Point (Bebas Sampai Tempat Pengiriman) adalah salah satu syarat penyerahan barang dimana biaya angkut barang dari gudang penjual sampai gudang pembeli ditanggung pihak pembeli.

G

Ganda Entry Pembukuan adalah sistem akuntansi di mana setiap transaksi memiliki positif dan negatif entri yang sesuai (debit dan kredit)

General Ledger adalah catatan dari semua transaksi keuangan dalam suatu entitas

Good Will adalah nilai lebih yang dimiliki suatu perusahan karena berbagai faktor seperti nama baik, letak yang strategis, manager yang baik, dan sebagainya.

H

Harga Pasar (Market Value) adalah harga untuk mengganti barang yang bersangkutan pada tanggal persediaan.

Harga Pokok Penjualan (Cost of Goods Sold) adalah harga beli (perolehan) dari barang yang dijual. Dalam sebuah perusahaan dagang harga pokok penjualan dicari dengan persediaan barang dagang awal periode + pembelian bersih selama periode – persediaan barang dagang akhir periode.

Harga Terendah Antara Harga Pokok dan Harga Pasar (Lower of Cost or Market) adalah penilaian persediaan dimana persediaan dilaporkan pada harga yang terendah antara harga pokok dan harga pasar (nilai gantinya).

Hasil Aset Program (The Return on Plan Assets) adalah bunga, dividen, dan pendapatan lain yang berasal dari aset program, termasuk keuntungan atau kerugian aset program yang telah atau belum direalisasi, dikurangi biaya administrasi program (tidak termasuk biaya administrasi dalam asumsi aktuaria yang digunakan untuk mengukur kewajiban imbalan pasti) dan dikurangi pajak terutang program tersebut.

Hutang (Liabilities) adalah sumber pembiyaan perusahaan yang berasal dari kreditur. kadang-kadang disebut dengan kewajiban

Hutang Bunga (Interest Payable) adalah hutang kepada kreditur sebagai imbalan atas pemakaian uang yang dipinjamkan kepada perusahaan.

Hutang Dagang (Accounts Payable) adalah hutang jangka pendek yang berasal dari pembelian barang-barang atau jasa untuk keperluan usaha. kadang-kadang disebut dengan hutang usaha

Hutang Gaji (Salaries Payable) adalah hutang untuk gaji yang jasanya telah dipakai tetapi belum dibayar.

Artikel Lain : 8 Prinsip Etika Profesi Akuntansi

I

Identifikasi Khusus (Specific Identification) adalah metode penetapan harga pokok untuk barang-barang yang yang dijual dan yang masih terdapat dalam persediaan didasarkan atas harga pokok yang dikeluarkan khusus untuk barang-barang yang bersangkutan.

Ikhtisar Rugi Laba (Income Summary) adalah perkiraan yang digunakan untuk menutup perkiraan pendapatan dan biaya. Kadang-kadang disebut perkiraan rugi laba

Imbalan Kerja adalah seluruh bentuk imbalan yang dibayar, terutang atau diberikan oleh entitas, atau untuk kepentingan entitas, atas imbalan jasa yang diberikan kepada entitas

Imbalan Kerja Jangka Panjang Lainnya (Other Long-Term Employee Benefits) adalah imbalan kerja (selain imbalan pascakerja dan pesangon PKK) yang jatuh tempo lebih dari 12 bulan setelah akhir periode pelaporan saat pekerja memberikan jasanya

Imbalan Kerja Jangka Pendek (Short-Term Employee Benefit) adalah imbalan kerja (selain dari pesangon PKK) yang jatuh tempo dalam waktu 12 bulan setelah akhir periode pelaporan saat pekerja memberikan jasa.

Imbalan Kerja Yang Telah Menjadi Hak (Vested Employee Benefit) adalah hak atas imbalan kerja yang tidak bergantung pada aktif atau tidaknya pekerja pada masa depan.

Imbalan Pascakerja (Post-Employment Benefit) adalah imbalan kerja (selain pesangon PKK) yang terutang setelah pekerja menyelesaikan masa kerjanya.

Instrumen Ekuitas adalah setiap kontrak yang memberikan hak residual atas aset suatu entitas setelah dikurangi dengan seluruh liabilitasnya. Instrumen keuangan adalah setiap kontrak yang menambah nilai aset keuangan entitas dan liabilitas keuangan atau instrumen ekuitas entitas lain

Inventarisasi Penilaian adalah metode untuk menetapkan nilai buku persediaan yang tidak terjual.

Investasi Neto Dalam Suatu Kegiatan Usaha Luar Negeri adalah jumlah dari kepentingan entitas pelapor di dalam aset neto dari kegiatan usaha itu.

Investor dalam ventura bersama adalah pihak dalam ventura bersama dan tidak memiliki pengendalian bersama terhadap ventura bersama tersebut.

J

Job Costing adalah sistem pelacakan biaya yang terkait dengan pekerjaan atau proyek (tenaga kerja, peralatan, dll) dan membandingkan dengan biaya diperkirakan

Jumlah Tercatat adalah jumlah yang diakui untuk suatu aset setelah dikurangi akumulasi penyusutan (amortisasi) dan akumulasi rugi penurunan nilai.

Jumlah Tercatat Aset adalah jumlah yang diakui dalam neraca setelah dikurangi dengan akumulasi amortisasi dan akumulasi rugi penurunan nilai.

Jumlah Terpulihkan Suatu Aset atau Unit Penghasil Kas adalah jumlah yang lebih tinggi antara nilai wajarnya dikurangi biaya penjualan dengan nilai pakainya.

Jumlah Tersusutkan adalah biaya perolehan aset, atau jumlah lain yang merupakan pengganti biaya perolehan dalam laporan keuangan, dikurangi nilai residunya. Sementara penyusutan (Amortisasi) adalah alokasi sistematis jumlah tersusutkan suatu aset selama masa manfaatnya.

Jurnal adalah rekor dimana transaksi dicatat, juga dikenal sebagai “akun” an

Jurnal (Journal) adalah formulir khusus yang digunakan untuk mencatat secara kronologis transaksi-transaksi yang terjadi dalam perusahaan menurut nama perkiraan dan jumlah yang harus didebit dan dikredit.

Jurnal Penutup (Closing Entries) adalah ayat jurnal yang dibuat untuk memindahkan saldo perkiraan-perkiraan sementara ke perkiraan-perkiraan tetap atau perkiraan-perkiraan neraca.

Jurnal Umum (General Journal) adalah bentuk jurnal yang terdiri dari dua kolom. Jurnal umum kadang-kadang disebut juga buku memorial atau jurnal standar.

Artikel Lain : Prinsip dan Pengertian dari Akuntansi Perbankan

K

Kartu Hutang (Creditor’s Account) adalah formulir yang digunakan untuk mencatat penambahan dan pengurangan hutang kepada salah satu pemasok (kreditur) tertentu. Kartu hutang memuat informasi tentang hutang kepada salah satu kreditur.

Kartu Persediaan (Stock Cards) adalah catatan untuk mencatat setiap perubahan yang terjadi dalam satu jenis barang. kadang-kadang disebut dengan kartu stok

Kartu Piutang (Debitor’s Account) adalah formulir yang digunakan untuk mencatat penambahan dan pengurangan piutang kepada salah satu langganan (debitur) tertentu. Kartu piutang memuat informasi tentang piutang kepada salah satu debitur.

Kas (Cash) adalah uang dalam bentuk tunai maupun rekening bank yang dipunyai perusahaan.

Kas Beban Non adalah mengakui penurunan nilai aset, yaitu depresiasi dan amortisasi

Kas Kecil (Petty Cash) adalah sejumlah uang tunai tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan digunakan untuk melayani pengeluaran-pengeluaran tertentu. Biasanya pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan melalui dana kas kecil adalah pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya tidak besar. Pengeluaran-pengeluaran lain dilakukan melalui bank (dengan check).

Kebijakan Akuntansi adalah prinsip, dasar, konvensi, peraturan dan praktik tertentu yang diterapkan entitas dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan.

Kegiatan Usaha Luar Negeri adalah suatu entitas yang merupakan entitas anak, perusahaan asosiasi, ventura bersama atau cabang dari entitas pelapor, yang aktivitasnya dilaksanakan di suatu negara atau menggunakan mata uang selain dari mata uang entitas pelapor.

Kelompok Lepasan adalah suatu kelompok aset yang dilepaskan, dengan dijual atau lainnya, secara bersama-sama sebagai kelompok dalam suatu transaksi tunggal dan kewajiban yang berhubungan secara langsung dengan aset tersebut yang akan dipindahkan dalam transaksi tersebut.

Kelompok Usaha adalah entitas induk dan semua entitas anaknya.

Kemungkin Besar (Probable) adalah lebih mungkin daripada tidak.

Kepentingan Ekuitas adalah kepentingan kepemilikan atas entitas yang dimiliki investor dan pemilik, anggota atau peserta atas entitas bersama

Kepentingan Nonpengendali adalah ekuitas pada entitas anak yang tidak dapat diatribusikan, baik langsung maupun tidak langsung, pada entitas induk.

Ketidakpraktisan adalah penerapan suatu persyaratan dianggap tidak praktis jika entitas tidak dapat menerapkannya setelah melakukan usaha yang memadai.

Keuntungan dan Kerugian Aktuarial (Actuarial Gains and Losses) adalah terdiri atas: (a) penyesuaian akibat perbedaan antara asumsi aktuarial dan kenyataan (experience adjustments); dan (b) dampak perubahan asumsi aktuarial.

Kewajiban adalah uang kepada kreditor, vendor, dll

Kewajiban Diestimasi adalah kewajiban yang waktu dan jumlahnya belum pasti.

Kewajiban Hukum adalah kewajiban yang timbul dari :

  • Suatu kontrak (secara eksplisit atau implisit)
  • Peraturan perundang-undangan
  • Pelaksanaan produk hukum lainnya.

 

Kombinasi Bisnis adalah suatu transaksi atau peristiwa lain dimana pihak pengakuisisi memperoleh pengendalian atas satu atau lebih bisnis. Transaksi yang kadangkala disebut sebagai “penggabungan sesungguhnya (true merger)” atau “penggabungan setara (merger of equals)” juga merupakan kombinasi bisnis.

Komitmen Pasti Pembelian adalah suatu perjanjian antar pihak yang tidak mempunyai hubungan istimewa, mengikat kedua belah pihak dan biasanya dapat dipaksakan secara hukum

Kredit (Credit)  adalah sisi sebelah kanan perkiraan. Dikredit berarti pada sisi sebelah kanan perkiraan yang bersangkutan dicatat suatu jumlah tertentu.

Kreditur (Creditor)  adalah pihak-pihak yang memberikan pinjaman kepada perusahaan.

Artikel Lain : Manajemen Laba, Strategi dalam Akuntansi

L

Laba Bersih adalah uang yang tersisa setelah semua biaya dan pajak telah dibayar

Laba Bersih (Net Income) adalah selisih lebih semua pendapatan dan keuntungan terhadap biaya dan kerugian. Jumlah ini merupakan kenaikan bersih terhadap modal.

Laba Bruto (Gross Profit) adalah penjualan bersih dikurangi harga pokok penjualan. Laba bruto kadang disebut laba kotor.

Laba Ditahan (Retained Earnings) adalah jumlah akumulasi laba bersih dari sebuah perseroan terbatas dikurangi distribusi laba (income distribution) yang dilakukan.

Laba Usaha (Income For Operation) adalah laba yang diperoleh semata-mata dari kegiatan utama perusahaan.

Laporan Keuangan adalah catatan yang berisi neraca dan laporan laba rugi

Laporan Keuangan (Financial Statement) adalah laporan yang dirancang untuk para pembuat laporan keuangan, terutama pihak-pihak diluar perusahaan, mengenai posisi laporan keuangan dan hasil usaha perusahaan. laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahanposisi keuangan.

Laporan Keuangan Interim (Interim Financial Statements) adalah laporan yang dikeluarkan untuk periode lebih pendek dari periode tahunan yang reguler.

Laporan Laba Rugi adalah ringkasan pendapatan dan beban

Laporan Penerimaan Barang adalah laporan yang dibuat oleh bagian penerimaan barang yang menginformasikan bahwa barang yang dipesan telah diterima dari pemasok sesuai dengan spesifikasi barang  yang dipesan berdasarkan surat order pembelian. Laporan ini memuat hasil perhitungan fisik barang yang diterima dalam keadaan baik.

Laporan Perubahan Laba Ditahan (Retained Earnings Statements) adalah laporan yang menunjukkan rincian perubahan saldo laba ditahan dari awal sampai akhir periode akuntansi.

Laporan Perubahan Modal (Statement of Owner’s Equity) adalah ikhtisar tentang perubahan modal suatu perusahaan yang terjadi selama jangka waktu tertentu.

Laporan Rekening Koran (Bank Statement) adalah catatan yang dibuat oleh bank untuk setoran yang diterima dan penarikan yang dilakukan serta saldo awal dan saldo akhir dari rekening koran nasabah. Pada umumnya, bank akan mengirimkan tembusan dari catatan ini kepada nasabahnya pada tiap-tiap akhir bulan.

LIFO (Last In First Out)  adalah metode penetapan harga pokok persediaan di mana dianggap bahwa barang-barang yang paling akhir dibeli akan merupakan barang yang pertama kali dijual. Dalam metode ini, persediaan akhir akan dinilai dengan harga pokok pembelian yang terdahulu.

M

Manajemen (Managementadalah sekelompok orang yang diberi tanggung jawab untuk mengelola kegiatan perusahaan.

Menutup Penutupan Buku (Year End) adalah proses membalikkan pendapatan dan beban selama tahun fiskal atau kalender dan jaring jumlah menjadi “laba ditahan”

Metode Balans Permanen (Perfectual Method) adalah sistem pencatatan persediaan dimana harga pokok penjualan dan persediaan ditetapkan setiap kali terjadi transaksi dalam persediaan.

Metode Cadangan / Penghapusan Tidak Langsung (Indirect Write Off Method) adalah metode penghapusan puitang dimana setiap akhir tahun dilakukan penaksiran jumlah piutang dagang yang kemungkinan tidak dapat ditagih untuk dibentuk akun cadangan kerugian piutang, dengan mendebet beban penghapusan piutang.

Metode Dana Tidak Tetap (Fluctuation Fund Method) adalah metode pencatatan dana kas kecil tidak ditentukan dalam jumlah yang tetap, sehingga pengganti dana kas kecil (pengisian kembali) tidak harus sama dengan dana telah dikeluarkan.

Metode Dana Tidak Tetap (Imprest Fund Method) adalah metode pencatatan dana kas kecil yang ditentukan dalam jumlah yang relatif tetap. Jika jumlah dana dianggap cukup untuk pengeluaran kas kecil dalam suatu periode tertentu, jumlah dana kas kecil tidak dinaikkan atau diturunkan.

Metode Eceran (Retail Method) adalah metode penetapan harga pokok persediaan secara taksiran yang didasarkan atas hubungan, yang terdapat dalam tahun berjalan, antara harga pokok dengan harga jual.

Metode Laba Bruto atau Metode Laba Kotor (Gross Profit Method) adalah metode penetapan harga pokok persediaan secara taksiran yang didasarkan atas hubungan, yang terdapat dalam periode yang lalu, antara laba bruto dengan harga jual.

Metode Langsung (Direct Write Off Method) adalah metode penghapusan piutang dimana setiap piutang dagang yang telah diputuskan untuk dihapuskan langsung dibebankan di sebelah debet pada akun beban penghapusan piutang atau kerugian piutang tak tertagih (bad debt expense) sebagai rekening lawan di sebelah  kredit langsung dikreditkan pada akun piutang dagang.

Metode Penghapusan Langsung (Direct Write-Off Method) adalah suatu cara dimana pencatatan kerugian yang timbul dari tidak tertagihnya piutang dilakukan pada saat piutang yang bersangkutan diputuskan untuk dihapuskan.

Metode Periodik (Periodic Method) adalah sistem pencatatan dalam persediaan di mana harga pokok penjualan dan persediaan ditetapkan secara berkala melalui penghitungan fisik terhadap persediaan yang ada.

Modal (Capital) adalah sumber pembelanjaan perusahaan yang berasal dari pemilik.

Artikel Lain : 9 Bidang Spesialisasi Akuntansi

N

Neraca (Balance Sheet) adalah laporan keuangan yang dapat memberi informasi tentang sumber-sumber daya yang dimiliki perusahaan dan sumber pembelanjaan untuk memperolehnya.

Laporan ini menyajikan posisi keuangan perusahaan seperti daftar aktiva, kewajiban dan modal suatu perusahaan pada suatu saat tertentu.

Daftar ini juga menunjukkan tentang kekayaan yang dipunyai perusahaan serta sumber pembelanjaannya. Neraca menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada suatu saat tertentu.

Neraca Lajur (Work-Sheet) adalah kertas berkolom yang digunakan sebagai kertas kerja untuk menyusun laporan keuangan.

Neraca Saldo (Trial Balance) adalah daftar saldo perkiraan-perkiraan yang ada dalam buku besar perusahaan pada suatu saat tertentu. kadang-kadang disebut juga neraca sisa atau neraca percobaan.

Neraca Saldo Disesuaikan (Adjusted Trial Balance) adalah neraca saldo yang telah disesuaikan dengan jurnal penyesuaian.

Neraca Saldo Penutup (Post Closing Trial Balance) adalah neraca saldo yang dibuat setelah semua perkiraan nominal ditutup.

Nota Debit (Debit Memorandum) adalah dokumen yang memberitahu kreditur bahwa perkiraannya telah didebit dengan jumlah tertentu.

Nota Kredit (Credit Memorandum) adalah dokumen untuk memberitahu debitur bahwa perkiraannya telah dikredit sejumlah tertentu.

Artikel Lain : Pengertian Standar Akuntansi Pemerintahan dan Peraturannya

Agar tidak terlalu panjang artikel mengenai istilah akuntansi ini akan dilanjutkan dalam artikel selanjutnya. Akan ada lebih banyak lagi istilah akuntansi yang akan kami rangkumkan.

Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Cukup sekian dan terima kasih banyak, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Sumber : istilahpenting.blogspot.co.id

Cari Artikel di Sini


500+ Istilah Lengkap Akuntansi dan Artinya (A-N) | Admin | 4.5
%d bloggers like this: