Tips Mudah Investasi Emas Modal Minim

Di jaman yang makin maju ini, bentuk bentuk investasi semakin menunjukkan perkembangan. Bentuk investasi di masa sekarang mulai beragam dan dapat berupa barang apa saja. sebagai insan manusia, tentunya kita diberi kebebasan untuk menentukan jenis investasi mana yang akan dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan kita sendiri. Pada dasarnya, jika berbicara tentang investasi bukan melulu tentang minat, namun perlu suatu skill berupa kemampuan melihat peluang terhadap nilai investasi untuk masa depan.

Salah satu bentuk investasi yang tidak akan lekang dimakan waktu adalah investasi emas. Kita semua tahu bahwa nilai emas semakin hari akan semakin bertambah, bahkan dalam kurun waktu bertahun tahun ke depan akan makin meningkat. Itulah mengapa banyak masyarakat kita sekarang ini lebih memilih emas sebagai salah satu bentuk investasi yang paling menguntungkan dan juga praktis.

INVESTASI EMAS ZAMAN DAHULU

Sejak jaman dulu, banyak orang yang sering membeli emas kemudian disimpan atau dipakai kemana mana untuk mempercantik diri. Tujuan membeli emas bukan hanya itu, ternyata ada manfaat investasi dibalik kemewahan dan harganya yang cukup mahal. Kita semua tahu bahwa harga emas nyaris tidak pernah turun dan akan selalu bertambah dan meningkat.

Dahulu kala, banyak orang yang membeli potongan emas dalam kurun beberapa waktu sekali namun tidak dibawa pulang. Itulah yang dinamakan mengangsur emas sesuai dengan berat yang diperjanjikan untuk kemudian diberi bukti berupa nota pembayaran dari penjual emas.

Emas tersebut baru dapat diambil setelah angsuran lunas sesuai dengan harga yang disepakati. Itulah sistem investasi emas di zaman dulu. sampai sini tentunya anda paham bahwa emas merupakan salah satu bentuk aset yang lancar setelah kedudukan pertama dipegang oleh uang baik itu kartal ataupun giral. Emas ini dapat dijual untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang nilainya tidak main main lagi.

INVESTASI TERHADAP LOGAM MULIA

Jika anda tidak terlalu suka dengan perhiasan emas, maka anda dapat berinvestasi menggunakan logam mulia serupa emas batangan. Investasi ini juga terbilang cukup mudah sama halnya dengan investasi perhiasan emas. Emas batangan yang dipilih pun bervariasi mulai dari 1 gram sampai dengan 500 gram dengan harga yang berbeda beda tentunya.

Semakin kecil bobot dari emas batangan, malah akan tambah mahal harganya. Rasio ini muncul karena ada ongkos cetak emas yang harus kita bayarkan, dimana semakin kecil cetakannya akan semakin sulit sehingga makin mahal.

ALASAN MEMILIH PEGADAIAN UNTUK INVESTASI EMAS

Investasi emas memang sangat penting dalam berperan memajukan perekonomian rakyat, untuk itu PT Pegadaian melalui programnya yang dinamakan tabungan emas (EMAS) menyajikan konsep tabungan emas yang merujuk pada harga emas batangan seberat 1 kg. Terdapat beberapa bentuk keuntungan yang dapat kita peroleh ketika mengikuti program tabungan emas ini di Pegadaian, diantaranya adalah :

  1. Kita dapat merasakan menabung dengan prosedur dan tatacara yang lebih fleksibel sesuai dengan jumlah uang yang dimiliki.
  2. Pegadaian akan selalu menyiapkan emas dengan harga yang paling dasar sehingga kita tinggal mencicil harga emas per gram demi gram mengikuti harga paling dasar yang telah ditetapkan dengan ditambah beberapa ongkos cetak yang disepakati. Tentunya hal ini menjadi hal yang praktis dan juga terbilang lebih hemat.
  3. Pegadaian juga mendapat pengawasan langsung dari OJK dan BPK sehingga apa yang kita investasikan akan selalu terjamin dan terhindar dari masalah pembiayaan yang kadang membuat stress.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: