Info Lengkap Internet Banking Bank Mandiri (Syarat dan Cara Daftar)

Internet Banking Bank Mandiri Sejak dimulainya abad millenium, globalisasi berkembang sangat cepat. Ditambah lagi adanya sarana-sarana pendukung seperti internet, telepon selular, televisi, komputer dan lainnya, menjadikan semua aspek kehidupan ikut terpengaruh.

Tidak terkecuali dalam dunia perbankan, hampir semua bank sudah menggunakan pelayanan yang berbasis pada teknologi ini. Selain dapat diakses dengan mudah oleh nasabah, nasabah juga dapat bertransaksi lebih cepat dan dapat diakses dimanapun.

Bank – bank besar seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA dan Bank BNI misalnya, internet banking atau elektronik banking ini sudah menjadi salah satu layanan wajib bagi nasabah. Nah yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah internet banking yang disediakan oleh Bank Mandiri.

Artikel Lain : 7 Macam Tabungan BII Maybank Indonesia

Apa saja yang akan kita ketahui dalam artikel ini? Kita akan mulai dari keuntungan dan keamanan layanan ini. Kemudian kita lanjutkan dengan persyaratan dan cara pendaftaran internet banking yang disediakan oleh Bank Mandiri ini. Jadi untuk anda, selamat membaca.

Mandiri Internet Bank Mandiri

Bank Mandiri memberikan layanan internet banking yang kita kenal juga dengan nama Mandiri Internet. Layanan ini sangatlah membantu transaksi para nasabah seperti transfer, pembayaran tagihan, isi ulang dan lain sebagainya. Dan, berikut ini keuntungan lain yang bisa para nasabah dapatkan melalui layanan ini.

Keuntungan Mandiri Internet Bank Mandiri

Dengan mandiri internet kita bisa melakukan berbagai transaksi darimanapun, dari kamar, di jalan, di kantor, dimananpun kita berada. Selain itu tidak ada batasan waktu untuk bertransaksi, semua transaksi dapat dilakukan 24 jam non stop. Jadi meskipun kita ada di belahan dunia lain kita tetap bisa menggunakan mandiri internet.

Artikel Lain : Ingin Sukses Bertani? Gunakan Tips Manajemen Berikut!

Menu transaksi yang jelas dan lengkap sangat mudah sekali digunakan oleh siapapun bahkan kakek nenek sekalipun. Mandiri internet ini juga dapat mengakses berbagai produk seperti tabungan, giro, dan deposito baik yang menggunakan mata uang rupiah maupun asing.

Soal keamanan tidak perlu diragukan. Meskipun terkadang internet disalahgunakan untuk kejahatan, Bank Mandiri menjamin keamanan transaksi nasabah dalam layanan ini. Mandiri internet ini dilengkapi dengan sistem kemanan standar internasional yaitu sistem enkripsi SSL 128 bit yang mengamankan data transaksi nasabah.

Agar lebih aman untuk aksesnya, mandiri internet menggunakan firewall sebelum menuju host website internet banking. Kemudian ada juga Mouse over Warning Access yang mengingatkan nasabah pada saat akan login pada website paslu. Ditambah dengan fitur auto logout yang menggunakan Session Time Out, nasabah tidak perlu takut akunnya digunakan orang lain saat lupa untuk logout.

Artikel Lain : Ingin Pekerjaan Lancar ? Dapatkan Kepercayaan Anggota Tim

Proses pendaftaran dan transaksinya juga dikawal oleh Bank Mandiri secara ketat. Dengan penggunaan pin dan token serta pembatasan besar dana tiap hari, transaksi nasabah menjadi lebih aman. Setiap transaksi juga tercatat oleh sistem dan nasabah dapat melihat laporan transaksi secara langsung maupun melaui notifikasi SMS.

Syarat dan Cara Daftar Mandiri Internet

Syarat utama untuk menggunakan layanan internet banking ini sangatlah mudah dan mendasar, memiliki koneksi internet. Untuk pendaftaran persyaratan yang diperlukan cukup mempunyai rekening tabungan atau giro, kartu atm, dan menunjukan tanda pengenal seperti KTP/SIM/Paspor/KIMS serta buku tabungan.

Pendaftaran Mandiri internet dapat dilakukan melalui dua cara, pertama melalui mesin ATM dan kedua mendaftar langsung ke kantor cabang terdekat. Untuk pendaftaran menggunakan mesin ATM kita hanya memerlukan kartu ATM saja. Berikut ini langkah-langkah mendaftar internet banking dengan mesin ATM

Artikel Lain : Pengertian Manajemen Risiko dan Kerangkanya

Cara Registrasi di Mesin ATM

Sebelum mendaftar pergilah ke mesin ATM mandiri terdekat setelah itu masukan kartu dan pin anda pada mesin ATM. Kemudian pilih registrasi e-banking pada menu utama, anda akan melihat pilihan layanan internet banking, SMS banking, dan Call Center, pilih layanan internet banking.

Selanjutnya anda diminta memasukan pin anda kembali dan akan muncul pernyataan untuk menyetujui syarat dan ketentuan e-banking mandiri. Tekan setuju jika anda ingin melanjutkan. Nah yang berikut ini perlu diingat karena anda akan diminta menentukan enam digit Access Code yang akan digunakan untuk aktivasi selanjutnya.

Access Code yang telah dipilih tadi harus diinputkan lagi sebagai verifikasi kemudian tekan benar. Pendaftaran pun berhasil, anda bisa menekan selesai untuk mencetak bukti transaksi. Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah aktivasi internet banking dan ke kantor cabang terdekat untuk mendapatkan Token Pin Mandiri.

Artikel Lain : Info Lengkap Giro Bank BTN (Keuntungan dan Fasilitasnya)

Cara Registrasi di Kantor Cabang

Registrasi melalui kantor cabang sangatlah sederhana. Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran mandiri internet. Selanjutnya bank akan mengirim Access ID ke alamat e-mail anda dan Access Code bisa diambil beberapa hari setelah pendaftaran dikantor cabang tersebut. Biasanya Access Code diserahkan dalam amplop tertutup untuk menjaga keamanan.

Sebelum menggunakan mandiri internet, anda perlu melakukan aktivasi layanan dan Token Pin melalui website mandiri.co.id. Aktivasi ini akan memerlukan Access ID dan Access Code yang telah anda dapatkan saat melakukan registrasi.

Cara Aktivasi Internet Banking Mandiri

Aktivasi internet banking ini hanya bisa dilakukan di website mandiri.co.id saja. Setelah anda membuka website akan terlihat berbagai menu, cari dan pilih menu aktivasi. Dalam menu aktivasi tersebut akan muncul syarat dan ketentuan mandiri internet, tekan setuju jika anda ingin melanjutkan dan tidak setuju jika ingin membatalakan aktivasi.

Artikel Lain : 3 Cara Cepat Mendapatkan Followers Instagram

Berikutnya anda perlu memasukan enam belas digit Access ID yang sudah dimiliki. Untuk pendaftaran melalui ATM Access ID yang digunakan adalah nomor pada kartu ATM. Sedangkan Access ID yang melalui kantor cabang adalah enam belas angka yang dikirim melalui e-mail.

Anda juga harus memasukan enam digit Access Code yang anda masukan pada saat registrasi melalui ATM atau yang anda dapatkan melalui amplop. Setelah itu tekan aktifkan untuk melanjutkan aktivasi atau tekan batal untuk membatalkan aktivasi.

Baru setelah menekan tombol aktivasi anda dapat menentukan User ID dan PIN internet banking sesuai dengan yang anda inginkan. User ID dan PIN ini akan selalu digunakan untuk masuk dalam layanan internet banking. Isi kolom konfirmasi PIN dengan PIN yang tadi anda pilih kemudian klik aktifkan. Maka layanan internet banking ini sudah siap anda gunakan.

Artikel Lain : 8 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan & Tips Sukses

Nah itu tadi sedikit mengenai mandir internet, konten tulisan ini saya kutip melalui buku panduan internet banking Bank Mandiri. Untuk anda yang ingin menggunakan layanan internet banking semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan membantu anda. Saya cukupkan sekian dan terima kasih sudah membaca.

Cari Artikel di Sini


Info Lengkap Internet Banking Bank Mandiri (Syarat dan Cara Daftar) | Admin | 4.5
%d bloggers like this: