Cara Install WordPress lewat CPanel Hosting

Cara Install Wordpress

WordPress adalah salah satu CMS paling populer di dunia, sudah ada jutaan website di dunia yang menggunakan mesin ini. Kelebihan wordpress yang utama adalah dukungan komunitas yang sangat kuat, serta update bulanan yang rutin sehingga dari segi security lebih terjamin.

Selain itu, hebatnya lagi sistem ini bersifat open source artinya semua orang bebas menggunakannya, baik untuk kepentingan personal ataupun komersial. Karena itulah, saya kira tidak lengkap membahas internet marketing tanpa membahas hal teknis seperti ini.

Mengapa? Ya karena kita bicara internet marketing, maka punya website itu sangat penting. Ibarat kita mau jualan, maka kita harus punya ruko / tempat untuk berjualan. Sebelum melanjutkan tutorial ini ada syarat materi yang sudah Anda ketahui atau kuasai :

  1. Pengertian WordPress
  2. WordPress vs Blogger, bagus yang mana?
  3. Cara Membeli domain dan hosting

Mengapa saya katakan wajib? Ya karena materi ini bersifat teknis, jadi tidak mungkin saya membahas semua dari awal. Karenanya saya membuatnya menjadi artikel berseri.

Tutorial kali ini saya ingin membahas cara instalasi wordpress di Cpanel. Sebenarnya untuk menginstall wordpress ini cukup mudah, tidak lebih sulit dibandingkan menginstall software di komputer. Karena, kita tidak perlu mengerti koding untuk menginstallnya.

Sebetulnya ada banyak cara menginstall wordpress di Cpanel, antara lain :

  1. Menginstall dengan Softaculous
  2. Menginstall manual dengan upload file wordpress dan import database
  3. Menginstall dengan filezilla

Saya tidak akan membahas ketiga cara tersebut karena memang terlalu banyak menyita waktu. Saya hanya menjelaskan cara yang paling mudah saja yaitu dengan Softaculous.

Dukungan Script Softaculous

Softaculous, software web yang banyak membantu para webmaster (gambar : qwords)

Jadi sebenarnya apasih Softaculous itu? Softaculous adalah aplikasi web yang memungkinkan kita untuk mengistall mesin (CMS) web hanya dengan klik-klik saja (auto installer).

Kalau tidak menggunakan Softaculous kita harus membuat konfigurasi database, dan php sendiri. Dan itu untuk pemula sangat memusingkan, sayapun juga demikian. Nah, dengan Softaculous kita tak harus mengerti koding, tinggal klik dan klik sudah jadi. Lebih jelasnya berikut tutorial mengistall wordpress dengan Softaculous:

1. Pastikan Anda sudah punya domain dan hosting terlebih dahulu, jika belum silahkan baca panduan membeli hosting disini

2. Setelah beli domain dan hosting serta sudah diintegrasikan, maka silahkan buka cpanel web Anda. Dengan cara kunjungi alamat namadomain.com/cpanel

Login di Cpanel

Silahkan login di cpanel web Anda, username dan password bisa Anda cek di profile hosting

3. Setelah Anda login, maka akan masuk kedalam halaman cpanel. Scroll turun kebawah, nanti Anda akan menemukan instalasi softaculous.

Icon WordPress di Cpanel

Perhatikan icon wordpress yang saya kotaki merah

4. Perhatikan yang saya kotaki diatas, silahkan klik icon wordpress tersebut untuk melanjutkan proses instalasi. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya, klik install pada tab menu.

Cara Install WordPress

Halaman Proses Instalasi WordPress

Setelah Anda klik Install maka akan muncul menu formulir seperti gambar diatas. Berikut penjelasannya :

  1. Choose Protocol, biarkan saja tidak usah di ota-atik
  2. Choose Domain, jika Anda menggunakan 1 hosting untuk banyak domain silahkan pilih domain mana yang akan Anda install.
  3. In Directory, didalam folder mana wordpress akan di install. Defaultnya wp, jadi nanti alamat web yang diinstall wordpress menjadi namadomain.com/wp
  4. Site Name, judul / title / nama website. Kalau di rocketmanajemen ya namanya Rocket Manajemen.
  5. Site Description, deskripsi / tagline website juga bisa. Kalau di rocket manajemen  deskripsinya just share your mind!
  6. Enable Multisite (WPMU), tidak usah dicentang (hanya yang sudah paham wordpress, untuk pemula tidak penting)
  7. Admin Username, username yang digunakan untuk masuk ke admin panel
  8. Admin Password, password untuk masuk ke admin panel
  9. Admin Email, email yang digunakan untuk registrasi user. Email ini bisa digunakan untuk recovery password jika Anda lupa
  10. Select Language, bahasa yang digunakan dalam wordpress
  11. Limit Login Attempts (Loginizer), centang saja untuk meningkatkan keamanan website
  12. Select Theme, pilih theme / tema yang akan Anda gunakan. Asal milih tidak masalah, karena bisa diganti sewaktu-waktu.

Setelah itu semua klik install, maka proses instalasi akan dimulai. Untuk Email installation details to : boleh diisi alamat email Anda. Nantinya detail instalasi akan dikirim ke email Anda.

Secara umum prosesnya sudah selesai. Kalau untuk login adminnya tinggal kunjungi alamat namadomain.com/wp-admin. Kemudian tinggal login dengan username dan password yang Anda pakai tadi.

Itu saja tutorial untuk kali ini, semoga cukup jelas ya. Kalau belum jelas silahkan isi komentar dibawah. Terimakasih

Cari Artikel di Sini


Cara Install WordPress lewat CPanel Hosting | Admin | 4.5
%d bloggers like this: