Apakah Mengembangkan Inovasi Bisnis itu Penting?

Fungsi Inovasi  – Kita bekerja pastilah dituntut untuk dapat menciptakan suatu ide-ide yang unik dan brilian. Itu sebabnya muncul istilah inovasi adalah kunci suksesmu. Setiap hari kita dituntut agar dapat berinovasi untuk dapat mengimbangi para pesaing yang ada. Untuk lebih jelasnya mengapa istilah itu ada simaklah penjelasan berikut.

Sudah dikatakan dari awal tadi di setiap kompetitif dari bisnis, inovasi merupakan kunci utama untuk dapat bertahan hidup. Akan tetapi ini bukan menyangkut hidup yang sebenarnya, ini menyangkut hidup sebuah perusahaan ataupun bisnis yang anda semua jalani. Pada umumnya sebuah inovasi akan memberikan tingkatan tertinggi dari sebuah penciptaan nilai di dalam sebuah perusahaan.

Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang ilmu pengetahuan hendaknya mempunyai fokus terhadap inovasi, ini merupakan ungkapan Ikujiro Nonaka. Seorang tokoh lain yang bernama Robert D. Austin juga mengungkapkan hal sama, dia mengungkapkan bukan hanya perusahaan yang bergerak dalam ilmu pengetahuan saja yang harus berkreativitas dan inovasi.

Seharusnya kita dapat menyadari betapa pentingnya sebuah inovasi itu untuk dapat mengembangkan suayu bisnis, dan juga untuk dapat menghadapi sebuah kompetisi. Kita juga harus menanamkan bahwa inovasi merupakan konsep di hati sains komplek ini.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sistem adaptif yang kompleks secara aktif mencari posisi antara keteraturan dan kekacauan karena biasanya inovasi dan juga adaptasi ini akan muncul atau maksimal pada saat sistem kita berada di “tepi jurang kekacauan.”

Maka dari itu seorang karyawan yang bekerja dalam perusahaan dituntut untuk dapat berinovasi secara terus-menerus, terutama karyawan dibidang pengembangan produk. Bukan hanya seorang karyawan yang harus mempunyai inovasi yang bagus, kita saja yang akan memulai bisnis juga harus mempunyai inovasi untuk dapat sukses menjalani bisnis kita.

Inovasi sendiri merupakan fenomena bawah atas yang sangat khas, ini menurut publikasi seperti Complexity, an Innovation in Organization (Fonseca 2002) dan juga menuntut Complexity Perpectives in Innovation and Social Change (Lane 2009). Dalam hal ini mereka memberikan penjelasan bahwa inovasi akan gagal apabila diluncurkan oleh manajemen puncak sebagai program atas-bawah dari seorang tertentu yang diberikan tugas yang sulit dan eksklusif oleh perusahaan untuk dapat menciptakan sesuatu yang amat baru.

Maka dari itu pendekatan yang seperti diatas dapat merefleksikan pandangan deterministik sebab akibat yang mencoba untuk dapat memegang kendali dari apa yang terjadi pada masa yang akan mendatang. Akan tetapi kita perlu ingat bahwa hal tersebut tidak akan berfungsi.

Dalam sebuah pendekatan sistem yang kompleks mengatakan bahwasannya inovasi bukan asil dari sebuah rancangan akan tetapi hasil yang muncul dengan sendirinya. Akan tetapi, agar inovasi ini muncul kita harus mempunyai sesuatu agar sebuah inovasi itu muncul.

Itu tadi adalah penjelasan tentang bagaimana tentang pentingnya sebuah inovasi agar kita dapat bertahan hidup dalam dunia ini yang penuh dengan kompetisi. Sekian dulu penjelasan dari kami, terima kasih telah membaca artikel kami. Sampai jumpa pada artikel yang lainnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: