5 Penyebab Melesatnya Industri Kreatif di Indonesia

Diantara banyak industri maupun bisnis yang patut kita perhitungkan untuk sekarang ini adalah industri kreatif. Ya, karena industri kreatif di Indonesia saat ini memang sedang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata Kreatif dan Ekonomi Kreatif, pada tahun 2013 nilai ekspor pada sektor Indsutri Kreatif Indonesia mencapai angka Rp. 119 triliun (atau sekitar 9-10 miliar dollar AS).

Hal ini tentunya sebuah industri yang masih sangat potensial bagi perkembangan negara Indonesia. Kreatifitas adalah suatu hal yang penuh dengan segala keberdayaan, bahkan juga mengandung kekuatan imajinasi yang tak terbatas.

Maka sekarang industri kreatif tak dapat lagi padang sebelah mata seperti dahulu, karena sudah ada banyak bukti seperti masih tetap eksis dan juga menguntungkan. Lalu bagaimana bisa industri kreatif dapat cepat bertumbuh dan berkembang sepesat sekerang ini?

Hal ini tak lepas dari beberapa hal yang melatar belakanginya. Lalu apa saja itu? Berikut ini penjelasannya :

1. Pengaruh Kemajuan Teknologi

Para pemuda yang menghasilkan ekonomi kreatif yang menguntungkan ini banyak hidup pada abad 21. Karena kita ketahui bersama pada abad 21 ini banyak dipenuhi dengan beragam kecanggihan teknologi.

Dengan adanya kecanggihan teknologi ini tentunya akan menjadi pelengkap dan juga mendukung kratifitas dari pemuda. Maka tak ayal, industri kreatif yang berbasis komputer dan internet sudah banyak bermuculan di negeri ini.

Banyak contoh industri kreatif yang berbasis dunia maya tyang tak bisa lagi di anggap remah, pasalnya industri ini juga mendatangkan keuntungan besar. Misalkan saja kita ambil contoh seperti kaskus.co.od, asianbarin.com, detik.com, masih banyak lagi contoh yang lain.

2. Kreativitas Anak Muda yang Semakin Tinggi

Dibalik suatu industri kreatif pastinya akan ada pelaku yang memainkannya. Dan kebanyakan pelaku dari industri kreatif ini adalah para anak muda.

Karena pastinya pemuda adalah orang yang masih sangat mempunyai potensi daya kreatif. Bahkan sudah banyak sekali para pemuda yang dapat memaksimalkan potensi kreatifitasnya untuk dapat menghasilkan karya ekonomi yang sangat menguntungkan.

Sebagai contoh adalah Reza Nurhilman pemilik (owner) dari Keripik Maicih, maupun Andrew Darwis pendiri situs forum terbesar yang ada di Indonesia yakni Kaskus, dan tentunya masih banyak lagi pemuda yang berhasil sukses dari kreatifitas yang dimiliki.

Reza dan Andrew adalah segelintir pemuda Indonesia yang dapat membuat sebuah terobosan dengan kreatifitas yang dimiliki untuk menjadikan sebuah ladang bisnis yang potensial bahkan menguntungkan.

Dan sekarang ini mereka sudah dapat menikmati hasil dari kreatifitas yang dimilikinya tersebut. Bahkan puluhan milyar sudah mereka dapatkan dari bisnis kreatif yang mereka miliki. Hal inilah potensi anak muda yang membuat melesatnya pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.

3. Semakin Mudahnya Akses Komunikasi

Dengan adanya akses komunikasi juga menjadi salah satu faktor tak bisa kita lepaskan dari melesatnya industri kreatif di Indonesia. Bila tak ada akses komunikasi, maka tak menutup kemungkinan  industri kreatif tak maju sepesat ini.

Dengan adanya akses komunikasi yang baik, para pemuda yang kreatif akan dapat menampilkan segala karya dihadapan publik dengan cepat dan tentunya tepat sasaran.

4. Sisi Kehidupan Seseorang

Satu lagi yang menjadi cikal bakal munculnya industri kreatif ini adalah latar belakang dari sebuah sisi kehidupan. Karena tak dapat kita pungkiri, kreatifitas memang banyak lahir atau muncuk dari sebuah sisi kehidupan yang kurang baik.

Karena umumnya kehidupan yang kurang baik, seseorang umumnya akan dipaksa untuk berfikir dan mengeluarkan segala daya upaya untuk keluar dari sisi kehidupannya ini. Tapi hal ini belum tentu juga, karena ada pula pemikiran kreatif yang muncul justru bukan disaat kehidupan yang kurang baik.

karena saat seseorang dipaksa untuk berfikir keras, maka umumnya akan muncuk berbagai kreatifitas. Negara Indonesia yang kita tahu masih berada di sisi kehidupan yang kurang baik bagi beberapa penduduknya, sudah menjadi salah satu faktor yang membuat industri kreatif ini tumbuh dan berkembang dengan pesat.

5. Meningkatnya Pengguna Media Sosial

Diantara banyaknya media komunikasi yang ada, sosial media adalah yang sering digunakan bahkan menjadi andalan para pemuda untuk memamerkan (menampilkan) setiap karya yang dibuatnya.

Dengan semakin tinggi pertumbuh dari sosial media, maka hal ini tentunya akan sangat membantu industri kreatif. Dan sekarang lihatlah tren dari pengguna sosial media yang terus meningkat, bahkan diantaranya mereka sudah addictif (kecanduan). Maka kita sebagai pelaku dari industri kreatif tak akan melewatkan kesempatan yang begitu besar ini.

Industri kreatif tanpa adanya media sosial bagaikan sayur tanpa garam, seperti ada yang kurang. Bahkan ada beberapa industri kreatif tertentu tanpa adanya media sosial, bisa terancam mati (gulung tikar).

Maka untuk sekarang ini sedikit bahkan hampir tak ada industri kreatif yang tak memanfaatkan sosial media sebagai penggerak untuk bisnisnya.

Itu tadi beberapa faktor yang mempengaruhi industri kreatif berkembang dengan pesat. Tapi bila kita pelajari lebih dalam, maka akan banyak lagi faktor yang mempengaruhi berkembangnya industri kreatif yang ada di Indonesia. Namun setidaknya kita sudah tahu garis besar yang berpengaruh terdadap perkembangan industri kreatif ini.

referensi : maxmanroe


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: