Tips Membuat Teks Iklan Yang Menarik Pelanggan

Jika menjalani bisnis, tidak akan lepas dari dunia marketing ataupun pemasaran. Dalam pemasaran atau marketing tentunya tidak terlepas dari adanya sebuah iklan. Struktur iklan sangat penting diperhatikan dimana iklan merupakan suatu upaya yang dilakukan para pelaku usaha untuk menarik banyak pelanggan. Bisa dikatakan juga bahwa marketing atau pemasaran merupakan ujung tombak dari sebuah keberhasilan bisnis dari produk yang para pelaku usaha tawarkan kepada masyarakat.

Dalam sebuah iklan, tentunya terdapat gambar dan juga teks yang bisa menarik minat masyarakat untuk membeli. Teks iklan yang ampun menarik banyak pelanggan tidak perlu panjang. Yang terpenting adalah bisa mengajak masyarakat untuk menggunakan dan membeli produk yang diiklankan. Sejatinya, tidak semua kata kata dapat dibuat menjadi teks iklan. Struktur dari teks iklan haruslah jelas dan menarik serta rapi agar orang orang semakin tertarik membaca. Penyusunan warna dan kombinasi yang disajikan pun harus apik.

Teks iklan merupakan sebuah media komunikasi yang dibuat oleh para pelaku usaha untuk menyampaikan informasi, mengingatkan ataupun juga mengajak para pembaca iklan untuk dapat memakai maupun membeli produk yang diiklankan. Melalui iklan, apa yang disampaikan hendaknya bisa langsung dimengerti dan dipahami oleh para pembacanya tanpa harus dijelaskan dengan kata kata panjang dan lebar. Iklan mempunyai beberapa fungsi diantaranya :

  1. Persuasi atau mengajak. Biasanya tidak harus langsung mengajak masyarakat untuk membeli produk, namun bisa dengan cara yang lebih sederhana seperti soft selling.
  2. Berisikan kualitas dan informasi dari produk yang dijual, apakah ada kualitas baru ataupun informasi baru yang berbeda dari produk lainnya sehingga menarik minat calon pembeli.
  3. Pengingat sehingga masyarakat sebagai calon pelanggan dapat dengan mudah mengingat produk yang ditawarkan dan saat dibutuhkan maka orang tersebut akan langsung membeli produk anda karena itulah yang pertama kali diingat oleh mereka.

Saat anda sudah mengerti dari tujuan adanya iklan, maka anda akan dengan mudah menuliskan teks iklan yang sesuai dengan produk yang anda tawarkan. Banyak faktor yang mempengaruhi baik buruknya struktur suatu teks iklan. Secara garis besar, struktur teks iklan terdiri dari :

  1. Judul, meskipun tidak semua iklan mempunyai judul karena sekali lagi tergantung dari penyampaian iklan. Semakin kreatif anda, maka iklan anda akan semakin menarik.
  2. Nama produk, meskipun beberapa iklan bahkan tidak langsung menampilkan nama produk yang mereka tawarkan. Namun sekali lagi, iklan adalah perkara mempersuasi warga masyarakat dan sarana mengenalkan produk anda sehingga kreatiflah.
  3. Penjelasan produk, pada bagian ini buatlah sesingkat mungkin sehingga masyarakat tidak akan bosan membaca iklan anda.
  4. Desain, merupakan elemen penting dalam sebuah iklan. Desain yang cantik tentunya akan membuat iklan menjadi semakin menarik dan produk yang ditawarkan akan menjadi mudah diingat karena iklannya sangat mempersuasi.

Ada beberapa ciri khas dari teks kebahasaan iklan, diantaranya adalah menggunakan kalimat persuasif, menggunakan slogan dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti sehingga masyarakat akan lebih mudah mengenali dan mengingat produk yang anda tawarkan. Dengan begitu tujuan diadakannya iklan akan mudah tercapai dan tentunya produk anda akan semakin terkenal dan anda semakin banyak meraup keuntungan. Berikut ini kami berikan beberapa contoh teks iklan yang cukup persuasif, sederhana, namun mudah diingat.

Cari Artikel di Sini


Tips Membuat Teks Iklan Yang Menarik Pelanggan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: