Meningkatkan Profit Dengan Marketing Lucu

Marketing lucu -Seorang sales marketing/ seorang marketer memang dituntut sangat kreatif guna meningkatakan sales/penjualan. Karena apa? Simple! Karena sales adalah nyawa agar perusahaan itu bisa bertahan. Karena itulah berbagai macam model marketing terus menerus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Saat ini jaman menjadi sangat kompetitif. Sebuah produk akan susah diingat atau bahkan berkembang tanpa ada cara efektif menanganinya. Sebagai contoh coba perhatikan cerita berikut.

Pak Budi seorang pemilik toko pakaian, ia kaget ketika seorang saingan baru membuka toko tepat disebelah kiri tokonya.

Sebuah spanduk besar telah dipasang bertuliskan ” Pakaian Import Asli Luar Negeri”.

Pak Budi semakin resah karena untuk kedua kalinya muncul lagi pesaing lain yang menyewa gedung tepat disebelah kanan tokonya dan mendirikan spanduk yang jauh lebih besar,dengan tulisan “Harga Paling Murah”.

Pada akhirnya Pak budi dibuat benar-benar depresi, namun keesokan harinnya, ia datang dengan sebuah ide cemerlang.

Tak mau kalah dengan kedua pesaingnya, dia memasang spanduk yang jauh lebih besar yang bertuliskan “Masuk Lewat Sini”

Bagaimana menurut anda? apa yang mungkin terjadi selanjutnya? tentu saja pelanggan yang ingin berbelanja ke toko pesaing pak budi akan masuk kedalam tokonya dan otomatis penghasilan pak budi meningkat. ya, meskipun hanya sekedar ilustrasi tapi apa yang dilakukan pak budi cukup menggelitik dan unik untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapinya.

Seperti yang dikutip dari  virusinspirasi.blogspot.co.id bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa promosi adalah salah satu faktor (bisa disebut terpenting) yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran. Promosi merupakan salah satu senjata ampuh dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha. Tapi bagimana cara promosi yang efektif? manusia cenderung lebih mudah mengingat hal-hal lucu dan unik yang ganjil dari biasanya. karena itu, diperlukan cara pemasaran yang berbeda daribiasanya agar dapat menghasilkan efek yang maksimal.

Berikut ini beberapa strategi pemasaran unik dan kreatif yang mungkin dapat menginspirasi anda :

1. Berkreasi Dengan Merek

kreasi merk yang mudah diingat

kreasi merk yang mudah diingat

Semisal sebuah produk keripik singkong tradisional mungkin tidak asing lagi unntuk masyarakat, tetapi untuk dapat berkembang mengikuti zaman yang modern dibuatlah variasi dengan memberikan merk dan gradasi rasa yang berbeda. misalnya, menggunakan istilah yang lagi ngetrend “zona galau” untuk menunjukkan tingkat kepedasan. sedangkan untuk tingkat kemanisan rasa ditunjukkan dengan “zona CLBK”. sehingga produk yang dihasilkan dapat bervariatif seperti “Keripik Katela Galau Satu” atau “Katela Kribo CLBK Dua”.

2. Membuat Kemasan Produk Beragam dan Menarik

kemasan unik dan menarik

kemasan produk yang unik dan menarik

Tersedianya produk dengan beberapa ukuran dan harga tentunya, akan memudahkan konsumen untuk memilih sesuai dengan kebutuhannnya, tidak harus beli 1kg kalu cuma butuh 1/4kg pastinya. Terlebih dengan kemasan produk yang unikk, mungkin simple dan eye catching tentu akan lebih menarik. Selain itu kemasan yang lebih “go green” yang sedang hits mungkin bisa anda tiru, seperti kemasan botol minerral air yang mudah diremuk atau pembungkus yang bisa dijadikan pajangan ketimbang dibuang.

3. Ciptakan Image Produk Lebih Spesialisasi

bentuk spesialisasi produk

bentuk spesialisasi produk

Mungkin bisa meniru produk kacang yang memberikan image sebagai teman nonton bola, supermarket snack sebagai teman kongko-kongko anak gaul atau kerudung untuk wanita muslimah yang pengen tetap gaul. Bahkan minuman berenergi sekarang menjadi kebutuhan wajib seusai beraktifitas atau beolah raga, mengalahkan minum air putih atau minum the manis.

4. Memberikan Hadiah

Siapa yang tak mau diberi hadiah ? Ini adalah cara paling ampuh yang diterapkan oleh produk baru agar cepat diminati. Hadiah dapat “disembunyikan” langsung dalam kemasan agar penasaran, atau memberikan “puzzle” pada kemasan agar konsumen mengumpulkan puzzle menjadi utuh untuk dapat ditukar hadiah. Ada juga memberikan hadiah langsung “beli dua gratis satu” misalnya.

5. Promosi di Media Online

Sekarang dengan kemajuan informasi orang akan lebih suka pada hal yang lagi ngetrend, dan hal itu jadi mudah dengan adanya facebook, twitter, blog dan lainnya. Apalagi dengan beriklan di media online ternyata lebih murah bahkan gratis, tapi dapat terekspos luas ke konsumen.

Itu tadi beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengawali langkah anda memulai marketing yang tidak biasa. masih banyak cara lain yang dapat anda kembangkan sendiri karena kreatifitas tidak terbatas. Bagaimana menurut anda? marketing lucu dan unik pantas dicoba untuk meningkatkan profit yang anda dapatkan. Terimakasih


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: